ASI ( Air Susu Ibu )

- more fresh… HEALTHIER and free -

Kebutuhan ASI bayi

From: Tantrie
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, February 14, 2006 11:41 AM
Subject: [sehat] [Tanya] Kebutuhan ASI bayi

Dear All,
Anak ku Celine umur 3 bulan, waktu lahir bb 3300, 48 cm. sekarang bb 5800
gr, 60 cm.

Sejak minggu lalu aku dah mulai masuk kantor, smapai saat ini Celine Cuma
minum ASI.

Yang aku pengen tau untuk anak seumur Celine kira-kira berapa banyak ASI
yang dia butuh, selama ini dikantor aku bisa nabung ASI 3 botol asi
rata-rata 80ml, 120 ml, 120 ml. Di rumah bisa dapet lagi 120 ml. Semua itu
habis dia minum besoknya.. jadi bener-bener kejar setoran nih. Kalo dirumah
Celine langsung di tetekin biasanya 3 kali jam 9, 3 pagi sama jam 6 sebelum
aku berangkat.
Waktu aku masih cuti Celine selalu netek lansung jadi nggak tau berapa
banyak yang dia minum yang pasti setiap minta aku kasih nggak dijam-jamin

Aku sering takut kalo Celine masih kelaparan padahal ASI yang dipoompa sudah
aku usahain semaksimal mungkin pompanya (aku pompa jam 9, 1 sama 5 sore)
Gimana ya caranya supaya asi makin banyak?

Tolong sharingnya ya...

Tantrie
Mamanya Celine

Jawab :

From: Dessy Karmila Sari
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, February 14, 2006 3:23 PM
Subject: RE: [sehat] [Tanya] Kebutuhan ASI bayi

Mbak tantrie....

Sering banget dibahas masalah ASI di milis ini. Dan banyak sekali sps yg
sudah berhasil memberikan ASI eksklusif buat babynya.
Aku sharing aja, waktu anakku Qiqi (19bulan) kutinggal kerja usia 3
bulan, tiap mimi biasanya sebanyak 60cc setiap 11/2 ato 2 jam sekali.
Tapi makin besar ya makin banyak kebutuhannya. Kadang kalo kurang, bisa
90/120cc setiap mimi.

Dikantor aku mompa ASI 2x yaitu jam 12 pas istirahat dan jam 5 sore.
Setiap mompa dapat min.200cc. Ohya, malam hari juga kalo bisa pompa ASI
lagi. Biasanya aku istirahat dulu. Pas anakku bobo, sekitar jam 10 ato
11 pompa lagi. N pagi hari, biasanya jam 5 pagi aku juga mompa lagi.
Malah hasil mompa pagi hari bisa dapat banyak loh. Trus sebelum brangkat
kerja, mimi ASI langsung. Jadi pas kita tinggal kerja dalam kondisi
kenyang.
Kalo sabtu minggu libur kerja, ga' ada salahnya kok dirumah mompa juga.
Untuk memperbanyak stock. Dengan begitu, pas lagi kerja kita bisa tenang
karena stocknya mencukupi.

Supaya ASI banyak, ya sering2 dipompa n relaks. Karena supply ASI
tergantung demand.

Semoga membantu.

Cheers,
dessy

From: KASIH Marcella
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, February 15, 2006 12:18 PM
Subject: RE: [sehat] Kebutuhan ASI bayi

Dear Mbak Tantrie,

Kayaknya saya dulu melakukan yang sama dengan Mbak deh.
"Pendapatan" ASI di kantor sekitar 300-400 ml. Dirumah kadang malah gak bisa
buat "tabungan" karena si Lin2 minumnya dari saya pulang kantor dan
sepanjang malam sampai saya berangkat lagi,  bisa lebih dari 3 kali, tiap
dia minta aja. Kalau week end, full asi langsung dari mamanya.
Pas masih cuti juga gak pernah dihitung. Jadi yang didapat di kantor itu, ya
dibagi2 secukupnya sampai saya pulang. Saya berangkat ke kantor 07.00 sampai
dirumah sekitar 19.00
Selama asi eksklusif 6 bulan, sih gak pernah ada masalah. Cuma pernah 3 kali
minum susu formula gara2 saya pulang malam sekali akibat banjir dan macet
dari kantor (sampai rumah pukul 22.00.
Jadi selama Celine gak protes (rewel), rasanya sih gak ada masalah ya Mbak.
Biar ASI tambah banyak, he..he..kalau saya sih biar produksi asinya tetap
aja sudah senang kok. Usahakan gak stress dikantor, pas pompa/perah asi
perasaan tenang, lihat fotonya Celine, banyak minum (saya minum banyak
banget, sekali minum 400 ml, kalau bisa sebelum dan sesudah menyusui/pompa/
perah asi, sampai aqua galon di kamar tidur habis 2-3 hari cuma buat saya
aja selama dirumah, kalau di kantor sih cuek aja), banyak makan sayur hijau
(saya makan daun singkong hampir tiap hari sampai yang lihat eneg), gak
memikirkan dapat ASI berapa hari ini, kalau banyak ya syukur, kalo enggak,
ya sudah, besok bisa lebih banyak. Kalau sudah kepepet ya...cari penghiburan
ke klinik laktasi di Carolus, buat pompa semangat (efek placebo kali ya),
ujung2nya sih dari diri sendiri.
Kalau lagi ada masalah, sharing atau dibicarain ya Mbak, soalnya itu
membantu banget. Supaya pikiran jadi positif lagi.
Begitu pengalaman saya. Maaf kalau gak bisa banyak membantu.

Best regards,
Marcella

February 14, 2006 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

