ASI ( Air Susu Ibu )

- more fresh… HEALTHIER and free -

Pemberian ASI Eksklusif masih Rendah

Kamis, 07 Agustus 2008 00:03 WIB

JAKARTA (MI): Pemberian air susu ibu (ASI) secara eksklusif dapat menyelamatkan lebih dari 30 ribu balita di Indonesia. Dalam pekan ASI yang dimulai 1 Agustus lalu hingga 7 Agustus, Badan PBB Bidang Anak, UNICEF, bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Klaten mendukung kampanye pemberian ASI eksklusif selama enam bulan.
Dalam siaran pers yang dikirim UNICEF, jumlah bayi di Indonesia yang mendapatkan ASI eksklusif terus menurun. Menurut Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) dari 1997 hingga 2002, jumlah bayi usia enam bulan yang mendapatkan ASI eksklusif menurun dari 7,9% menjadi 7,8%.
Sementara itu, hasil SDKI 2007 menunjukkan penurunan jumlah bayi yang mendapatkan ASI eksklusif hingga 7,2%. Pada saat yang sama, jumlah bayi di bawah enam bulan yang diberi susu formula meningkat dari 16,7% pada 2002 menjadi 27,9% pada 2007. UNICEF menyimpulkan, cakupan ASI eksklusif enam bulan di Indonesia masih jauh dari rata-rata dunia, yaitu 38%.
Dengan situasi seperti itu, I Made Sutama, Kepala Kantor UNICEF perwakilan Jawa Tengah, mengimbau pemerintah daerah segera melaksanakan peraturan daerah tentang ASI eksklusif. “Pemerintah daerah juga harus punya kewajiban menyediakan tempat atau bilik menyusui di tempat kerja dan fasilitas kesehatan. Di samping itu, aparat daerah harus bisa memastikan bahwa peraturan itu tidak memberi peluang bagi munculnya pelanggaran, terutama pemasaran susu formula,” tegas Sutama, dalam pekan ASI eksklusif di Klaten, beberapa waktu lalu.
Pemberian ASI eksklusif sudah seharusnya menjadi prioritas di Indonesia. Apalagi banyaknya kasus gizi buruk yang terjadi di berbagai daerah, terutama yang menimpa anak-anak di bawah umur dua tahun. Sutama mengharapkan para ibu berhak mendapatkan dukungan dari keluarga, lingkungan, masyarakat, dan legislasi untuk meningkatkan lamanya menyusui secara efektif. (Nda)

Sumber : Media Indonesia

About these ads

August 7, 2008 - Posted by | Article

2 Comments »

  1. makasih baget ni berkat artikel yang membantu ini saya dapat menyelesaikan tugas serta menambah pengetahuan tentang ASI.salam kenal.., semoga iatannya (mbak/mas) dapat terus berlanjut…..
    maaf ni lo mau cari data di SDKInya alamatnya apa ya….lo bsa yang terbaru…..
    mohon bantuannya.

    Comment by sejatinengjagat | May 28, 2010 | Reply

  2. thanks infonya. sangat berarti…

    Comment by sholichin | June 4, 2012 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: