ASI ( Air Susu Ibu )

- more fresh… HEALTHIER and free -

Asi tahan berapa lama

From: “Purwaningsih Setiandari”
To: <sehat@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, August 12, 2008 11:38 AM
Subject: [sehat] Asi tahan berapa lama

Dear Dokter dan SP,

Mau tanya nih… asi beku bisa tahan berapa lama ya kalau dikeluarkan dari
freezer dan dtaruh dalam cool box.
Aku ada rencana untuk memerah asi-ku selama anak ikut eyangnya nanti pas
mudik lebaran…. (masih lama sih… tapi siap2 boleh kan…). Anakku akan
dibawa eyangnya lebih dulu, sementara aku menyusul beberapa hari setelahnya.
Dari mulai dikeluarkan dari freezer dan dimasukkan dalam cool box, bisa
tahan berapa lama? apakah setelah sampai rumah eyangnya, asi yang sudah
mencair bisa dimasukkan kembali ke dalam freezer?

Thanks atas infonya ya..

Regards, Ndari

Jawab :

From: “yuli sukri”
To: <sehat@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, August 12, 2008 1:03 PM
Subject: [sehat] Re: Asi tahan berapa lama

haluuu mba ndari,.. aku bantu jawab yaa..
mudah2an nanti ada SPS lain yang nambahin/revisi.

yang aku inget dari mba luluk adalah:
“jangan membuat kesan bahwa asi malah “menyusahkan” “

termasuk dalam urusan simpan menyimpan asi ini.

untuk urusan “ketahanan” asi freezer di dalam coolbox. sangat
bergantung pada banyak hal:
1. banyaknya es/blue ice dalam box tersebut.
2. kondisi asi freezer (misalnya baru diletakkan di cool box 5 menit
sebelum berangkat, atau sudah diletakkan 1 jam sebelumnya).
3. kondisi perjalanan/mobil, termasuk kondisi ac.
4. lokasi/tempat coolbox itu diletakkan (misalnya di bagasi atau di
tempat duduk) –> seberapa “panas” lingkungan sekitar coolbox.
5. seberapa lama perjalanan yang ditempuh.

mungkin bisa disiasati sebagai berikut:
setiap berapa jam sekali, cek kondisi es dalam coolbox, kalo perlu
beli/ganti es batu tambahan.

untuk boleh/tidaknya asi freezer dalam coolbox dimasukkan kembali ke
freezer, juga relatif.

sah-sah saja siih kalo dimasukkan ke freezer lagi, tapi resiko-nya
adalah kandungan vitamin/nutrisi dalam asi tersebut akan berkurang.

atau mungkin bisa diperhitungkan.. misalnya:
1. kalo jumlah stok asi yang dibawa = cukup untuk 3 hari/ < 1
minggu.. ya.. mungkin sebaiknya tidak dimasukkan ke freezer.
2. kondisi kulkas.. apakah memungkinkan asi tidak disimpan di
freezer? (kulkas/freezer penuh/kosong?.. campur dengan makanan lain?)

tapi saya tetep percaya kok,.. asi freezer yang sudah mencair terus
di-freezer lagi.. nutrisi-nya jauh lebih ok dibandingkan dengan susu
formula.

jadi?..
pilih aja yang fleksibel dan bisa dijalankan oleh mba ndari.. jangan
dibikin stress.. hanya di-cek saja (termasuk dirasa-i sebelum asi
tersebut dikasih ke si kecil.

moga2 ga bikin bingung yaa…
dan mudah2an ada moms lain yang bisa menambahkan.

salam,
-yuli-
mamabumi&kira

About these ads

August 12, 2008 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

1 Comment »

  1. info yang sangat2 membantu..
    bagi terus ilmunya.. supaya dapat banyak pahala. Amien..

    Comment by rully taraka | June 22, 2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: