ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

DB dan ASI ekslusif

From: “Imelda Santos”
To:
Sent: Monday, November 28, 2005 11:27 AM
Subject: [sehat] DB dan ASI ekslusif

Dear SPs dan dokter,

Mau tanya nih, saya ingin memberikan ASI ekslusif, kemarin saya
terkena demam dengue (belum demam berdarah). Dokter menyarankan saya
untuk tidak memberikan ASI karena takut si kecil tertular virus
melalui ASI dan karena saya harus mempertahankanya sebanyak mungkin
cairan. Akhirnya saya memberikan ASI perah saya (untuk ada stok), dan
1hari terakhir baru saya berikan susu formula (karena stok saya
habis).

Pertanyaan saya lebih untuk pengetahuan saya untuk anak selanjutnya
atau sebagai petunjuk kepada teman yang lain:

1. Betulkan virus dengue bisa menular lewat ASI?
2. Apakah ada virus lain yang menular lewat ASI?
3. Betulkah saran dokter, untuk tidak memberikan ASI saat saya terkena
demam dengue? Dan membuang ASI perah saya saat saya sedang terkena
dengue?
4. Jika sampai saya terkena DB atau malaria atau Tipus (yang sekarang
ini sedang marak), apakah saya tidak boleh memberikan ASI?

Thanks a lot…

Imelda….

Jawab :

From: Purnamawati
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, November 29, 2005 1:05 AM
Subject: Re: [sehat] DB dan ASI ekslusif

Dear Imelda
Demam dengue maupun demam berdarah (DHF) bukan halangan untuk memberikan ASI
….

Virus Dengue tidak menular melalui ASI .. ia hanya menular melalui gigitan
nyamuk … wong penderita hep B saja boleh dan harus bterus menyusui kok

Tifus juga tak apa2 … dengan catatan tambahan saja nih .. tadi sore
ngobrol dengan beberapa sejawat dokter umum yang hebat (RUD banget) ..
mereka mengeluh sekarang ini kalau pasien rawat inap .. diagnosisnya selalu
dobel .. DB dan Tifus ….. hehehehehehehehehehe

Ok deh cepat sembuh ya dan terus ASI dehhh

wati

November 28, 2005 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

