ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

ASI ekslusif dan Kontrasepsi

On 11/30/05, Lenny Henyawati wrote:

Dear SP,
Saat ini saya masih menyusui ekslusif (ya.. kadang dicampur formula
juga sih kalau pas tidak cukup ASI-nya..) anak saya yang kedua (usia
3,5 bulan).
Saya berniat untuk kontrasepsi IUD.
Mohon SP yang sudah berpengalaman membantu menjawab pertanyaan saya ?

1. Bagaimana prosedur pemasangan IUD ?
2. Bila sampai saat ini saya belum menstruasi apakah bisa langsung
pasang IUD ?
3. Apakah penggunaan IUD mengganggu produksi ASI ?

Terimakasih.

Salam, Lenny

Jawab :

From: Alfin Agung
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Thursday, December 01, 2005 7:44 AM
Subject: Re: [sehat] ASI ekslusif dan Kontrasepsi

Dear mbak,

Sambil menunggu sharing dari SPs lainnya, aku coba sharing pengalamanku, ya.

1. Prosedur pemasangan IUD waktu saya itu 40 hari setelah melahirkan.
Kebetulan waktu itu sudah mulai haid, somehow haid. Jadi bisa langsung
dipasang sama dsog-nya. Banyak SPs yang share menganjurkan agar IUD dipasang
pada saat kita haid karena kondisi rahim kita sedang dalam keadaan
“rileks”..gitu ya istilahnya? Anyway, ya gitu deh. Trus kita berbaring di
kursi kebidanan itu (apa ya, sebutannya? pokoknya kursi di mana di bagian
ujungnya ada tumpuan u/ kaki kita. Nah, ntar ama dsognya dipasang deh. Yang
agak menyeramkan (buat saya siy), pada saat “pintu”nya dibuka (hihihi…tahu
kan maksudnya). Cuma rasa sakitnya gak bisa ngalahin saat melahirkan deh :p.

2. Sebaiknya memang pada saat haid sih, mbak. Coba tanyakan ke dsog-nya u/
lebih jelas.

3. Saya tidak mengalami gangguan produksi ASI setelah dipasang IUD. Lancar2
aja tuh. Yang penting banyak konsumsi makanan bergizi.

BTW, kalu ada campuran susu formulanya mah bukan ASI eksklusif atuh ya.
Kalau eksklusif ya murni ASI thok. Ayo mbak, semangat mengkonsumsi makanan
bergizi dan sering2 menyusui agar produksi ASI melimpah.

Mohon maaf jika kurang membantu,
=listi=

November 30, 2005 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

