ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Bilas air putih setelah mimik asi dan MPASI

From: “Ruby Julianti S” <biru08@yahoo.com>
To: <sehat@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, December 15, 2005 8:31 PM
Subject: [sehat] bilas air putih setelah mimik asi dan MPASI

dear all,
mohon info nya apakah setiap kali bayi selesai minum asi perlu diberi
air putih untuk bilas? selama ini saya tidak pernah melakukannya karena
seingat saya sewaktu saya di rumah sakit (melahirkan) saya
diberitahukan bahwa pembilasan dengan air putih hanya diperlukan untuk
bayi yg minum susu formula.  Bagaimana sebenarnya yah/

selanjutnya.. satu setengah bulan lagi anak saya akan mulai mencicipi
MPASI nya.. sebaiknya dimulai dengan apa yah? menurut dsa nya dimulai
dengan biskuit dan buah-buahan.  berapa lama yah periode biskuit dan
buah2an ini sebelum sampai ke bubur?

lalu, mengingat bahwa anak saya mempunyai bakat alergi (termasuk
terhadap susu) bukankah biskuit mengandung susu yah? bagaimana yah
terhadap hal ini..

lalu mengenai bubur saring.. kalau tidak salah dari bunga rampai dr.
wati disebutkan kalau bubur saring tidak dicampur aduk (mohon maaf
kalau saya salah tangkap).. maksudnya bagaimana yah ? karena
sepengetahuan saya apabila membuat katakanlah bubur bayam dan ati ayam,
maka bubur diblender bersama-sama dengan bayam dan ati ayamnya sehingga
menjadi satu porsi makanan.

terimakasih yah sebelumnya..

Jawab :

From: Luluk Lely Soraya I
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Friday, December 16, 2005 9:28 AM
Subject: Re: [sehat] bilas air putih setelah mimik asi dan MPASI

Dear Mbak Rubi,

Saya coba bantu jawab ya.
Betul sekali bahwa bayi ASI tidak membutuhkan pembilasan air putih spt itu.

Anak mbak satu setengah bl lagi akan masuk usia 6 bl ya ?!
Kalo menurut WHO begitu anak masuk usia 6 bl, ia mendapatkan MPASI pertama
berupa golongan sereal (beras2an).
Dan bukan buah justru spt yg sering kita temukan di masyarakat kita.
Komplitnya coba liat2 di web sehat ya mbak.
Disana byk sekali artikel ttg pemebrian MPASI.
Termasuk bagaimana cara memberikan MAPSI pertama kali.

Utk alergi susu, hmm seyogyanya sih dg anak mendapatkan ASI eksklusif akan
terminimalisasi bakat alergi tsb mbak.
Utk makanannya spt bubur susu, bisa dicampur menggunakan ASI peras.

Dan memang betul makanan sebaiknay dipisahkan2 antara lauk pauk,
sayurmayur dan sumebr karbohidratnya.
Kan makan bukan hanya asal kenyang & tercukupi gizinya.
Dah baca artikel Makan Pada Balita belum ?!
Nah coba deh mbak buka2 web sehat ya.
saya yakin semua pertanyaan mbak akan terjawab dg baik.

moga membantu
Luluk

December 15, 2005 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

