ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Jumlah supply ASI perah & Kok belum pup?

Date: Thu, 15 Dec 2005 22:43:06 +0700
From: “Idit Ramadhian” <idit@cbn.net.id>
Subject: (Q) Jumlah supply ASI perah & Kok belum pup?

Dear All,

Mohon sharing tentang ASI ya.. Saat ini alhamdulillah saya masih memberikan
ASI eksklusif buat putra saya Mikhail (usia hampir 2 bulan). Rencananya
Januari nanti sewaktu kembali ngantor saya akan meneruskan ASI eksklusif.
Pertanyaan saya, berapa banyak ASI yang harus distok? Sebetulnya kira-kira
berapa sih kebutuhan susu / ASI seorang bayi? Biasanya atau sebaiknya
setiap container ASI dipakai untuk menyimpan berapa banyak (mis. 50 ml atau
100 ml?)
Sampai saat ini saya belum pernah meninggalkan dia dengan ASI perah, karena
saya lebih banyak di rumah. Kemarin dulu saya mencoba memerah dg pompa
elektrik, hasilnya sekitar 60 cc untuk 15 menit. Dikit ya? Hehehe, saya tahu
harus PEDE, tapi saya terus terang baru butuh support, I just need to hear
it from other moms who have successfully done it🙂
Saya agak concern karena kayaknya baby saya ini selalu haus… melulu. Saya
jadi bertanya-tanya apakah nanti waktu saya ngantor saya bisa memberikan ASI
yang cukup ya? Sebagai catatan, pertumbuhan Mikhail selama ini cukup bagus
(berat sekarang sekitar 4,3 kg dari berat lahir 2,7 kg), dia cukup aktif
untuk usianya dan karena minum ASi melulu ya Mikhail pipis cukup banyak dan
sering dalam sehari.

Satu lagi pertanyaan saya, normal gak sih kalau bayi ASI seperti anak saya
nggak pup selama 4 hari?  Sekarang udah buang gas melulu, tapi belum bisa
pup. Ada treatment tertentu yang bisa dilakukan atau saya harus tunggu dulu
ya? Kayaknya dia agak rewel hari ini, entah karena belum bisa pup atau
kenapa.

Terimakasih buat perhatiannya ya.. ditunggu ya sharingnya.

Best regards,

Prita Dewi

Jawab :

From: Riastuti, Trinovi
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Friday, December 16, 2005 9:58 AM
Subject: RE: [sehat] (Q) Jumlah supply ASI perah & Kok belum pup?

Mbak Prita,

Saya bantu dg sharing pengalaman saya ya.

>> Pertanyaan saya, berapa banyak ASI yang harus distok?
Sebanyak2nya..:-) maksud saya, nggak ada batasan brp byk yg hrs distok,
tp sbrp byk bisa di-stok. Kalau saya, setiap kali ada jeda waktu Nat
minum ASI, saya coba perah, ingat prinsip supply & demand kan? Makanya
dg sering2 memerah, saya yakin produksi akan semakin lancar. Pokoknya
selama freezer bisa menampung, nggak masalah menyimpan 3-6 bulan selama
penyimpanannya baik. Tp pengalaman saya, nggak pernah lebih dr 1.5
bulan.

>> Sebetulnya kira-kira berapa sih kebutuhan susu / ASI seorang bayi?
Tiap bayi beda mbak, saya nggak pernah kasih patokan, setiap kali liat
Nat gelisah, saya coba kasih, kalau dia blm mau biasanya dia nolak kok.

>> Biasanya atau sebaiknya setiap container ASI dipakai untuk menyimpan
berapa banyak (mis. 50 ml atau 100 ml?)
Tergantung banyaknya Mikhail minum. Kalau saya, buat praktisnya, setiap
kali memerah, saya simpan dalam 1 wadah, kalau tidak muat, ya dibagi, pd
saat defroze, saya masukan dlm 1 botol lagi, nanti saat mau minum baru
diambil sesuai kebutuhan.

>> saya mencoba memerah dg pompa elektrik, hasilnya sekitar 60 cc untuk
15 menit. Dikit ya?
Mungkin krn baru pertama kali, makanya sedikit, atau blm terlalu lama
Mikhail mimik-nya? Konon, hasil perahan manual (pakai tangan) bisa
menghasilkan lebih banyak. Memang lebih praktis pakai elektrik🙂.
Kalau saya di kantor, coba kombinasikan antara elektrik dan manual,
biasanya walaupun sudah nggak ada yg keluar pakai elektrik, kalau
dilanjutkan dg tangan, masih bisa dapat 50cc lagi🙂 (beruntung saya
punya barengan di kantor, jd saling me-ngompor-i .... Iya kan Tas??)

>> Satu lagi pertanyaan saya, normal gak sih kalau bayi ASI seperti anak
saya nggak pup selama 4 hari?
Bayi dg ASI eks, wajar bila tidak pup sampai 5-6 hari, krn hampir
semuanya terserap dg baik oleh si bayi. Minggu2 terakhir ini, pup Nat
juga mulai 3-4 hari sekali, pdhl sebelumnya bisa 3-4 x sehari. Itulah
hebatnya asi, mau sering atau jarang pup, masih tetap wajar, hehehe...

>> Saya jadi bertanya-tanya apakah nanti waktu saya ngantor saya bisa
memberikan ASI yang cukup ya?
Pasti bisa mbak... Buat saya stok ASI banyak, lumayan membantu, plg ga,
saya nggak merasa kawatir ASInya nggak cukup, makanya saya tetap bisa
santai dan PeDe.

Semoga membantu ya....
Ria

From: mariska_meilani
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Friday, December 16, 2005 10:36 AM
Subject: [sehat] Re: (Q) Jumlah supply ASI perah & Kok belum pup?

Dear Mbak Prita,

wah, pasti sedih yah bentar lagi harus meninggal Mikhail ke kantor🙂

sharing yah mbak...sebaiknya mulai dari skrg mbak udah rajin memompa
ASI untuk stok setelah bekerja nanti, selain itu juga agar produksi
ASI nya biar bisa lebih banyak lagi.
ASI kan tahan sampe 3bln kalo di simpen di freezer. jadi kalo buat
januari mah aman🙂

Jgn khawatir bahwa ASI perahan nya cuman dikit, awal-awal emang gitu
kok...lama2 bisa banyak kok.
Sebaiknya ASI yg disimpan di freezer itu takaran nya untuk sekali
minum aja, karena kalo ASI beku udah dicairin (turun ke ke bag
refrigerator) sebaiknya tdk dibekukan lagi.
saran saya simpan aja ASI nya di plastik klip (plastik obat) ukuran
kecil2. sebelumnya plastik nya dicuci dgn air panas dulu.
tp dipastikan bahwa kulkas di rumah gak pernah mati, biar ASI nya
gak rusak.

Kalo pas mulai kerja mbak udah punya stok ASI banyak di rumah, pasti
jadi gak khawatir di kantor, dan bisa memerah tanpa perasaan
khawatir jg🙂
ibu menyusui kan dilarang khawatir karena akan ngaruh ke produksi
ASI nya.

kebutuhan minum bayi sehari kurang lebih 150ml per KG BB nya.
jadi kalo Mikhail skrg BB nya 4,3 maka kebutuhan minum nya kurang
lebih : 645ml sehari.
kalo saya dulu sih anak saya gak pernah saya batasi minum nya,
selama dia masih mau, pasti saya kasih.

soal pup, biasanya bayi yg ASI Eks emang jarang pup, itu karena
semua kandungan ASI bisa diserap dgn baik.
sampai dgn 10hr gak pup aja masi normal kok...tp dgn kondisi anak
nya gak rewel.
kalo rewel mungkin mbak harus cari penyebabnya apa karena gak pup
ato apa.
harus nya kalo masi bisa kentut, itu tanda bagus.
jadi inget dulu anak saya kalo udah gak pup berhari2 biasanya kentut
nya bau bgt...hehehe....
biar nyaman bisa jg di olesi dgn minyak telon di bag perut dan
punggung, sambil lakukan pijat bayi.

itu aja yg bisa aku share yah mbak..kalo ada yg ingin ditanyain jgn
sungkan🙂
moga ASI eks nya sukses yah.

rgds
mariska

From: Atti Primaranti
To: Milis Sehat (E-mail)
Sent: Friday, December 16, 2005 1:57 PM
Subject: [sehat] (Q) Jumlah supply ASI perah & Kok belum pup?

Dear Mbak Prita,

Mengenai ASI, mungkin udah banyak para SP's yang jawab (lagian aku nggak ASI
exclusive...hiks..hiks..) tapi kalo salah satu treatment biar pup-nya
lancar, aku praktekin dari buku pijat bayi Utami Roesli...
- Pegang kedua pegelangan kaki bayi (kaki bayi lurus)
- Angkat sedikit lalu dorong ke arah perut
- Kembali ke posisi semula
- Lakukan kurang lebih 6 kali

Biasanya pup-nya jadi lancar.

Tapi kalo ASI exclusive kan bisa sehari 5 kali (ASI kan melancarkan
pencernaan), tapi bisa juga 5 hari sekali (ASI juga mudah diserap tubuh)

Atti Primaranti

December 15, 2005 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

