ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Sharing lulus ASI exclusive

From: sehat@yahoogroups.com [mailto:sehat@yahoogroups.com] On Behalf Of
Idris, Risdianti (WMI, Indonesia)
Sent: Monday, January 02, 2006 2:04 PM
To: ‘sehat@yahoogroups.com’
Subject: [sehat] Sharing lulus ASI exclusive

Dear Smart parents and dokter

Disini aku mau sharing tentang pengalaman pribadi saya memberi ASI excl ke
anak saya jasmine. Setelah 6 bulan ( tepatnya tanggal 30 Desember kemarin )
akhirnya bisulku pecah juga ( istilah aku menunggu selama 6 bulan
hehehehehe………..).

Sempet deg2an juga sih awal kasih MPASI, karena sering baca2 email dari sp
kalo ada ibu yang mengalami kesulitan untuk kasih makan ke anaknya. Semua
resep2 dari para sp’s udah aku kliping dari bikin beras putih, beras merah
ampe kacang hijau. Dari jauh2 hari aku udah persiapkan semua jadi tinggal
mendekati hari H nya aku nggak kerepotan.

Suapan bubur susu pertama wihhhhhh gagal total hahahahaha ( langsung di
lepeh dan di sembur ). Suapan kedua masih belum berhasil, nah pas suapan
ketiga baru deh berhasil. Tapi nggak terlalu banyak juga sih masuknya paling
separuhnya, oke nggak sih ukuran segitu sp? Sampai hari ini semuanya udah
sukses berat baik bubur susu,buah, biskuit.

TApi itu semua penuh dengan rintangan dari dalam keluarga ataupun lingkungan
karena kebetulan dari keluarga dan lingkungan nggak pro ke ASI jadi ya
mati2an deh megang prinsip, sempet putus asa tapi cepet2 buka email cari
dukungan dari para sp. Kadang2 suami ikut menunjang tapi kalo udah ada
pendapat dari tetangga yang bilang kalo jasmine itu kok imut nggak gede2
langsung deh suami yang goyah hatinya dan minta untuk langsung di kasih
makan. Sempet adu mulut juga tuh untuk keukeuh nggak kasih anak makan tapi
akhirnya dia nyerah juga karena saya bilang gini ” kan nggak apa2 kecil yang
penting dia sehat dan lincah daripada gemuk sakit2an tul nggak para sp?”

Pernah ada tetangga datang pas liat aku meres trus dia komentar gini ” ih
kayak sapi perah aja susunya diperes nanti lubangnya tambah gede loh dan
nanti bentuk payudaranya jadi turun ” Dalam hati aku ngomong gini kalo
payudara nggak mau turun mendingan juga nggak usah punya anak tul nggak?
Uhhhhhhhhh sebel banget deh ngedengernya bikin BT abizzzzz.Belum lagi orang
tua yang masih hidup di jaman kegelapan, jasmine ku nangis dikit pasti dia
bilang kurang kali tuh asi nya, wahhhhhhhhh makin bete lagi deh.

Tapi kerena dukungan dari para sp dan dokter anak saya ( kebetulan pro asi
dan pro imunisasi simultan ) makanya aku bahagia banget udah lulus asi excl
untuk jasmine-ku, ini aja ngetik sambil senyum2 ( hi…..hi…. ).

Sekali lagi thank’s atas nasehat dari dokter di sehat dan para sp yang
ilmunya jua nggak kalah sama dokter ( jangan tersinggung ya dok….hehehehe
).

Btw boleh japri nggak cara bikin biskuit maaf aku udah cari di file tapi kok
nggak ketemu apa nggak sengaja ke delete.Sekali lagi big thank’s to all of
you.

luv’
ibunyajasmineyglgheppykasihmakanjasmine

Jawab :

From: Pheni Kusumaningrum
To: Sehat@yahoogroups.com
Sent: Monday, January 02, 2006 2:27 PM
Subject: FW: [sehat] Sharing lulus ASI exclusive

Membaca email dari ibunya jasmine, aku juga pernah punya pengalaman yang
sama. Khansa putriku juga baru aja lepas asi exlusive, tiap kali diajak
jalan2 pasti ditanya berapa bulan terus ujung2 nya kok beratanya baru segitu
ya  (sekarang 7.1 umur baru 6.5 bulan) , anak saya umur 4 bulan tuh dengan
berat segitu pokoknya sebellll banget deh!. Padahal dia itu lebih lincah
dibandingkan dengan baby seusianya yang mengkonsumsi susu formula, badannya
juga lebih sekel dan kencang.Tidak terbayangkan gimana perjuanganku untuk
bisa tetep ngasih asi exclusive walaupun aku tinggal kerja dikantor.
Dan yang pasti Alhamdulillah dengan asi exclusive putriku jarang sekali
sakit.
Semoga akan banyak mama2 yang cinta sama putra dan putrinya, untuk lebih
suka memberikan asi daripada formula karena asi is the best milk in the
world.

luv
Phenimamakhansayanglucu

January 2, 2006 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

