ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

ASIku menurun drastis…

— In sehat@yahoogroups.com, yuyun d kusuma <yuyundkusuma@g…>
wrote:

Duh pusing banget neh dan butuh bantuan SP’s and dokter2 smua,…

Saya baru aja slesai cuti hamil dan sedang berusaha tetap ber-ASI
ekslusif ria, slama sminggu siy oke2 aja selama dikantor rata2 saya
bisa kumpulin 300-360 ml dan dirumah 240-300 ml , total +/- 600 ml
yang biasanya cukup buat Raina (2,5 bln), saya libur pada Sabtu-
Minggu
dan saya pikir akan biasa2 saja dan saya menghindari ASI masuk
freezer
jadi gag simpen ASI, ternyata setelah peras ASI gag sbanyak yg
kemaren2
malah merosot drastis, dalam sehari-semalam saya cuma bisa kumpulin
300 ml, pls help ini knapa ya?padahal saya sudah makan sayur daun
katuk…hiks…Mohon bantuannya…

Terima kasih banyak…

Yang lagi binun takut Rai kena formula lagi,
Yuyun

Jawab :

From: titien irvianty
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, January 24, 2006 1:32 PM
Subject: [sehat] Re: Help!! ASIku menurun drastis…

Halo mbak Yuyun,

Saya juga mengalami hal yang sama sewaktu baru masuk kantor setelah
cuti melahirkan. Mudah-mudahan keadaan membaik ya, hal seperti itu
bisa juga disebabkan karena stress, meninggalkan bayi yang biasanya
selalu sama kita selama 3 bulan pertama. Makanya, diusahakan kurangi
stressnya dan perbanyak istirahat. Makan makanan yang gizinya
seimbang saja. Saya sih nggak selalu makan katuk kok waktu itu tapi
saya memperbanyak minum. Minum susu, air putih dan jus.

Dalam pemberian ASI Eksklusif terutama untuk ibu-ibu bekerja seperti
kita memang perlu banyak pengorbanan. Harus kerjasama sama dengan
papa nya juga, alias kalau malam minta bantuan dia. Kalau bayinya
minta minum, biar papanya yang gendong dan menyendawakan. Selesai
menyusui mbak langsung tidur saja supaya asinya bisa berproduksi lagi.

Saya dulu juga sempat beberapa kali travelling keluar kota dan tetap
memberikan asi buat Tara. Yang penting komitmen dan kerja sama.
Memberikan asi nggak cuma keberhasilan ibu kok, tapi juga
keberhasilan ayahnya.

Alhamdulillah saya berhasil memberikan ASI Eksklusif. Semoga berhasil
ya mbak. Jangan lupa kerjasama dengan suami nya juga.

Cheers,
Mamanya Tara

January 24, 2006 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

