ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Bayiku gak mau minum ASI Perah

From: Dewi
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, February 07, 2006 3:59 PM
Subject: [sehat] HElppppppppppp …… Bayiku gak mau minum ASI Perah

Dear Sp and doctors

Mau curhat niy……
Dari kemarin anakku 4 bulan gak mau minum ASI di botol. Kecuali pas ada
aku baru mau netek. Tp masalahnya akukan kerja…. Jadi kalo dirumah mimik
asi perah. Tapi sejak kemarin Cuma mau minum 1 ½ botol @ 120ml. Dan hari
ini setelah aku berangkat kerja juga gak mau mik asinya. Aku udah coba
suruh pake sendok tp gak berhasil….. malah asinya kebuang2. Terus
menurut orang rumah kemarin Pipisnya dikiiiiiiit banget. Dari pagi sampe
siang mungkin Cuma 1 ataw 2x (soale diapersnya gak penuh). Kenapa ya…..
Please help ada yang bisa Bantu gak ya……

MaminyaNindiYangsuper bingungbanget

Jawab :

From: Tasya, Amanda
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, February 07, 2006 4:14 PM
Subject: RE: [sehat] HElppppppppppp …… Bayiku gak mau minum ASI Perah


Dear Mbak,

Aku jg pernah ngalamin gt waktu Adisya 3,5 bulan (skarang udh 7 bln 3 minggu). Sempet nangis berat waktu dikasih dot, apalagi pake sendok ditepis sampe asinya tumpah dan dia ngamuk berat...
Akhirnya aku coba ganti dot dgn dot HUKI and NUK (maaf maaf sebut merek) yg bentuknya lebih mirip puting itu lho, dan bukan yg silikon tp yg karet (yg warna kuning) krn lebih lembut. Eh akhirnya dia mau minum lagi tuh.

Mungkin dia masih penyesuaian ya, dari yg biasanya nenen langsung, bgitu kita masuk kerja lagi harus pake dot...

Maaf ya kalo ngga membantu

Tasya

From: Efi_Andra
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, February 07, 2006 4:26 PM
Subject: Re: [sehat] HElppppppppppp …… Bayiku gak mau minum ASI Perah

Dear Mba Dewi ....

Please jangan panik yach mba, coba diobserve aza dulu kenapa Nindi mendadak ga mau mimik ASI dari botol. Setuju banget pemberian asi perahnya menggunakan sendok atau botol yang ujungnya pake sendok juga boleh di coba. Memang mba tahap awal pemberian Asi menggunakan sendok, asi akan berantakan akibatnya malah terbuang. Saran saya teruskan saja pemberian ASI menggunakan sendok dan jangan tunggu hingga si kecil lapar jadi si kecil akan lebih tenang menerima ASI dari sendok dan bisa memperkecil jumlah asi yang terbuang krn tumpah.

Saya yakin jika setiap hari si kecil dibiasakan mimik ASI perahnya menggunakan sendok selama mba kerja, lambat laun si kecil akan mahir mimik menggunakan sendok.

Dulu awal mengenalkan sendok untuk mimik asi pada anak saya, kebetulan sejak awal dikenalkan botol dia ga suka, mimik asinya sedikit sekali dibandingkan mimik langsung. Awal pemberiannya juga tumpah2 tapi semakin hari anak saya pintar dan makin mahir sehingga mimik asinya jadi bertambah banyak dibandingkan kalo diberi pakai botol, akibatnya saya yang kewalahan untuk memerahnya agar stok asi cukup untuk satu hari.

Sabar yach mba, percayakan kemampuan si kecil untuk menerima asi menggunakan sendok dan orang yang memberikannya juga harus sabar dan telaten sehingga si kecil bisa menerima asi menggunakan sendok.

Semoga membantu

Efi_Andra's mom

From: saya_mela
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, February 07, 2006 5:12 PM
Subject: [sehat] Re: HElppppppppppp …… Bayiku gak mau minum ASI Perah

Mbak Dewi,

Sharing aja ya...
dulu 3 minggu sebelum aku kerja, aku mulai mengenalkan bayiku, Nadia
minum melalui sendok. Karena pikirku, perubahan cara minum dari
menyusu langsung dari ibunya, dimana selain utk makan juga
mendapatkan kenyamanan, ke cara minum yg lain, merupakan perubahan yg
besar bagi seorang bayi. Jadi bayi perlu adaptasi. Meskipun adaptasi
tiap bayi berbeda, ada yg cepat atau perlu waktu lebih lama.
Dulu saya mengenalkan cara minum dgn sendok secara perlahan. Pertama
sekali sehari, berapa cc yg diminum belum ditargetkan. Pertama-tama
tentu saja Nadia nangis, sampai gak tega melihatnya... tapi saya
pikir, ini demi Nadia, agar tetap bisa minum asi kelak jika saya
masuk kerja. setelah bayi saya mengenal cara minum melalui sendok,
baru saya coba menargetkan banyaknya sesuai kelak saya masuk kerja.
Ternyata saya lihat, bayi itu kemampuan belajar yg sangat mengagumkan
lho mbak...
Ketika pertama kali saya masuk kerja, Nadia sdh bisa minum asi
melalui sendok, tentu saja hari pertama itu masih gelisah, krn
seharian tdk menyusu pada ibunya. Tapi di hari ketiga saya masuk
kerja, ia sdh mulai terbiasa. Sampai skr usia 5 bln, Nadia masih full
asi.

Jadi mungkin masalah adaptasi saja kali mbak... Nanti mungkin kalau
dia haus dan lapar, dia akan mau minum dari botol juga.

Maaf ya kalau tdk membantu...

salam,
melani

February 7, 2006 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

