ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Menghadapi stok ASI yang mepet

Date: Wed, 08 Feb 2006 09:13:29 -0000
From: “ginuk_hartanto” <ari_hartanto@hotmail.com>
Subject: (Tanya) Menghadapi stok ASI yang mepet

Dear SPs,

(Empat bulan yang lalu aku pernah pamit cuti melahirkan, trus bulan
lalu dah masuk kerja lagi & rajin mengikuti perkembangan milis, tapi
belum sempet kulonuwun lagi. Baru sekarang sempat nulis e-mail. Maaf.)

Setelah cuti melahirkan 3 bulan, aku mulai masuk kerja lagi pas Laras
(anak kedua, now 2 bulan 20 hari) umur 1,5 bulan. Sampai saat ini
Laras masih ASI eksklusif. Selain Laras, aku juga masih menyusui
Putri (anak pertama, 19 bulan), tapi malam thok, karena dia nggak mau
ASI perahan (Putri sudah dibiasakan minum susu UHT).

Seminggu sebelum kembali kerja, aku sempat mulai nabung asi untuk
kebutuhan Laras selama aku tinggal kerja. Tapi lama-lama
persediaannya kok makin menipis ya. Sudah berusaha makin sering
mompa, tapi kok stok nya tetep kejar-kejaran. Di kantor aku mompa 2
kali, masing-masing dapat sekitar 150-240 cc. Kadang sampai rumah
langsung mompa juga, tapi dapatnya dikit (lebih kurang 50 cc), itu
kalo anak-anak gak langsung minta nenen. Trus jam 2 pagi juga mompa,
tapi dapatnya cuma dikit (paling banter 75 cc) .  Rata-rata Laras
minum 500 cc selama aku tinggal. Jadi yang aku pompa hari ini
diminumnya besok.

Sekarang jadi deg-degan terus deh. takut ASI eksklusif nya gak
berhasil. Takutnya makin besar nanti Laras mimknya makin banyak tapi
produksi ASI ku tetep aja. Bagaimana nih SPs biar aku punya stok
lebih lagi. sharing dong pengalamannya.

thanks before
ari

Jawab :

From: Lucky Andriani
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Thursday, February 09, 2006 10:18 AM
Subject: Re: [sehat] (Tanya) Menghadapi stok ASI yang mepet

Dear Mbak Ari,

Saat ini saya juga sudah bekerja dan memiliki anak 3,5 bulan dan
alhamdulillah masih ASI Eksklusif. Kalau dulu sebelum bekerja saya stock ASI
16 botol/plastic bag Medela di freezer karena takut kurang melihat anak saya
yang menyusunya banyak, prediksi saya waktu itu dia minum 5 botol susu (=<
80 cc) selama saya bekerja di kantor.

Yang saya baca dan pelajari kalau memeras ASI di kantor pikiran harus relax
karena mempengaruhi jumlah ASI yang keluar, jadi Mbak Ari jangan terlalu
worry.. kalau takut kurang coba di pompa hari Sabtu & Minggu saat Mbak Ari
tidak bekerja.

Dijaga juga jumlah makanan yang dikonsumsi, kalo saya pribadi setelah
memompa ASI dikantor saya langsung minum susu. Kalau di rumah Ibu saya rajin
membuatkan saya susu kedelai, terkadang saya minum 1 botol langsung..
hehehe.. yah..drpd ASI saya kurang gak apa2 Ibunya gendut dulu deh..

Semoga membantu,
Lucky

From: Alida Susanti
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Thursday, February 09, 2006 1:05 PM
Subject: RE: [sehat] (Tanya) Menghadapi stok ASI yang mepet


Dear mba ginuk dan SPs,
(saya blm pengalaman menyusui sekaligus 2 anak, tp smoga membantu ya).

sharing aja, dulu pertama2 masuk kerja waktu sasha masih 3bln, saya pun ga punya sama skali stock ASI dan ASI saya sedikit sekali (karena bbrapa hal yg udah saya ceritakan di milis).

sebulan pertama, saya masih usaha keras utk meningkatkan ASI saya, pulang kantor pun ga bisa kemana2(emang ga niat kemana2), hrs langsung pulang krn botol terakhir ASI yg saya tinggalkan utk sasha adlh jam 6 sore, sedangkan saya pulang kantor paling cepat jam 6.30-7 malam.yang ada selama itu saya kejar2an. ASI perah di kantor hasilnya pun nge-pas, perah pagi sekitar 60-80cc, siang kdg2 100cc, sore kadang2 80-100cc.sampai dirumah mlmnya stlh menyusui sasha jam 9an, perah lagi (tp ini jarang) dan shubuh sblm berangkat kantor jam 5an perah lagi dan biasanya hasilnya lumayan.saya ninggalin sasha sehari itu kurang lbh 400cc kdg2 ga nyampe 400cc (waktu itu umur sasha 3-4bln).
sempet hopeless jg mba, pas sasha 4bln saya hampir nyerah dan sharing di milis. hasilnya sejak saya sharing banyak sekali para SP disini yg kasih semangat yg luaarrr biasa...yang tadinya saya bertekad akan memberikan susu tambahan buat sasha, kandas sudah.yang tadinya resah kwatir ga bisa ngasih ASI Eksl.6bln...perasaan itu hilang sudah.sekarang cuek aja sgala rintangan hayooo pantang mundur...pokoknya dlm pikiran saya makan terbaik sasha adl ASI. justru masalah/rintangan tambah banyak dikantor stlh saya sharing itu loh (nanti saya akan sharing lagi).

sejak itu, saya persering perah seperti yg udah disarankan SPs disini. libur sabtu-minggu saya gunakan utk menabung ASI, shubuh tetap bangun dan malam tetap perah, siang sekali aja perahnya.

relax udah....hindari stress 100% jg ga mungkin ya, tp minimal tenang, rileks dan PD aja.
persering perah,perbanyak minum air putih apalagi...sampe ke klinik laktasi dan suntik Hormon oksitosin juga udah.oh ya mgk ini sedikit mempengaruhi ya...wadah menyimpan ASI sebisa mungkin cari yg botol kaca lebih besar. pertama2 saya masih pake botol kaca ukuran kecil yg saya beli di klinik laktasi ukuran 60cc, jadi sehari itu saya tinggalin sasha ASI 6botol dan hanya terisi 55cc per botolnya. trus saya coba ganti dengan ukuran yg lebih besar lagi botol kacanya yg ukuran 120cc..
saya sempat ragu juga apakah saya bisa nabung ASI dengan ukuran botol yg lebih besar?
alhamdulillah....saya bisa nabung ASI 4 botol kaca terisi 100cc per botolnya, ternyata berhasil juga.

sekarang saya pun masih blm punya Stock ASI banyak mba, tp memang ada peningkatan tadinya ninggalin 6botol kecil semua skr pelan2 bisa ninggalin 4btl besar per botol 90-100cc sisanya 2 masih botol kecil per botol isi 60cc,dan tabungan ASI sabtu-minggu cukup utk tambahan hari senin, selasa, rabu, dan hari kamis jumatnya teteeep kita kejar setoran...seruu juga looh. alhamdulillah sasha makin aktif aja dan sdh bisa ikutin kita bernyanyi.

kadang2 saya pun ga deras koq perahnya.kadang seminggu lagi banyak2nya pernah sekali perah dikantor pg2 dpt 140cc(hampiiir ga pernah looh bs dpt segitu), seminggu kemudian normal2 aja sekitar 80-100cc sekali perah, seminggu kemudian makin turun sekali perah 80cc.

memang benar anak bayi itu pintar dan cepat beradaptasi, mungkin saja saat saya tinggalkan sasha hampir 13jam ke kantor, ASI yg saya tinggalkan cukup, ternyata sasha mengejarnya saat malam, jadi ibunya ga berhenti begadang deh, mulai jam 12 malam sampai jam5 pagi sasha minta nenen sekitar 3-4kali bangun jadi bisa tiap jam ato 2jam skali ibunya dgn senang hati wlpn ngantuuuk berat, nyusuin...heheeee...seru kan mba?..sampe sekarang loh.saya bisa tidur sdkt nyenyak dr jam 10 sampe jam 12 aja.
sblm jam 12 menyusuinya masih kiri kanan bergantian, setelah jam 12 itu hanya menyusui sebelah kiri aja yg kanan buat perah shubuhnya, besoknya gantian bgtu terus dan air putih ga lupa disiapkan ukuran 2liter, jd bangun utk menyusui dan BAK waktunya ga sama jadinya yaah ngantuuuk ga nahan...demi sasha.yg tadinya dulu shubuh cuma dpt 50-60cc paling banyak skr dpt 100-120cc sekali perah yg sblh kanan itu.

mba, klo mba sudah merasa rileks dan PD, coba deh mba, diganti botol buat nyimpen ASI nya yg lebih besar supaya jadi acuan utk ningkatin stock ASI nya, perbanyak minum air putih...sebanyak2nya, wlpn faktor utama ttp rileks en PD klo ASI buat anak mba cukup.
sebisa mungkin waktu perah 3x dikantor, pagi2 sebelum jam 8 dan pada saat jam makan siang dan sore sblm pulang. kalo perlu minta cuti satu hari saja. perahnya sambil ketawa2 sendiri aja ngebayangin becanda ama anak2 mba, tp jgn ada yg liat ya heheee....
hayooo ASI terus ya mba....

aduuh maap ya para dokter & SPs , jadi kepanjangan curhatnya.
klo ada yg salah tolong dikoreksi ya,smoga membantu.

Alida-sasha's Mom

February 8, 2006 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

1 Comment »

  1. ehmm..aku jg mau share ni. aku jg sama perah hari ini untuk dikasih besok. aku ninggalin ASIP 6 botol @60-70 ml untuk anak ku alifa. di kantor aku mompa asi 3 kali. pagi jam 8 dpt 120 ml. siang jam 11 dpt 90 ml dan sore jam setengah 3 dpt 90 ml. trus mlm sebelum tidur dan subuh sebelum berangkat aku mompa lgi. tapi temen2 hari ini hasil pompaku sedikit. dri pagi sampai siang cm dpt 150 ml. aku deg2an tkut kurang. di rumah ga ada stok asip sama sekali. help me..

    Comment by iis irmawati | August 7, 2012 | Reply


Leave a Reply

