ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

ASI berkurang

From: Imelda Santos
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Friday, February 10, 2006 11:08 AM
Subject: [sehat] ASI berkurang

Dear dokter dan SPs,

Mo sharing neh... Dulu setiap hari, pulang kantor saya bisa bawa
pulang 3 botol @150-200cc. Kalau pompa pagi hari, malah bisa dapat
hampir 250cc. Sekarang, setiap kali pompa, saya cuma dapat 100cc.
Sedih deh rasanya. Apa karena Fabian sudah 5 bulan, jadi mulai
berkurang? Tapi kok, SPs yang lain bisa menyusui sampai 1 tahun
lebih...

Jadi ga keruan deh... Pertolongan pertama yang saya lakukan (as
usual), pompa lebih banyak, minum lebih banyak, istirahat lebih dan
mulai menenangkan diri (tapi yang ini susah ya......................)

Help me pleaseee

--
Imelda....

Jawab :

From: Luluk Lely Soraya I
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Friday, February 10, 2006 12:29 PM
Subject: Re: [sehat] ASI berkurang

Dear Mbak Imelda,

Pakabar ?
Fabian masih mendapatkan ASI eksklusif kan ?!
Jika sudah mendapatkan MPASI, maka jelas kebutuhan akan ASI relatif
berkurang seiring dg substitusi ASI ke MPASI tadi.
Tapi ASI eksklusif aja kan hehehehe.

Jika memang masih ASI eksklusif, memang ada masanya kejar2an antara anak
dg stok ASI. Terutama utk ibu bekerja.
Hmmm lagi byk ya load kantor ? hectic?
Menurut saya yg mbak imel lakukan dah amat sangat tepat.
Key point dari upaya memperbanyak ASI sudah benar.
Persering memerah/mompa ASI, persering menyusui (jika bersama anak), juga
try to relax. Supaya si hormon oksitosin ygh super duper sensitif itu bisa
bekerja optima.

Saya tau ini gak mudah mbak.
Saya tau ini gak semudah mengucapkan kata2.
Tapi saya yakin mbak imel bisa.
Apalagi saya tahu betul Mamanya Bee ini luar biasa hebat !
Tips dari saya. Jika memungkinan, coba ambil cuti sehari atu 2 hari. Just
to build produksi ASI.
Itu yg saya lakukan saat alyssa umur 4 bl dan berasa stok asi menurun.

Tetap semangat ya ! dan tetap ASI eksklusif 6 bl !

Loves,

Luluk

February 10, 2006 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: