ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

ASI berkurang sesudah radang & demam tinggi

From: ayuoktri
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Monday, February 13, 2006 9:41 PM
Subject: [sehat] ASI berkurang sesudah radang & demam tinggi

selamat malam,

Namaku O'i. Aku lagi bingung ngadepin kondisiku sekarang. Aku baru punya 1 anak,
namanya Dhana. Bulan ini dia baru 3 bulan. Tapi kok ya ASI ku sudah mulai berkurang ya?
Kurang lebih 2 mg yang lalu, payudaraku yang sebelah kiri radang. Malamnya memang
Dhana tidur lebih pules karena sebleumnya minumnya banyak. Jadi yang biasanya dia bgn
jam 2 a.m. buat mimik, minumnya jadi jam 4 a.m. Itu pun gak terlalu banyak, mungkin
kalah sama ngantuknya.

Sesudah subuh, badanku menggigil kedinginan. Sampai gak bisa berhenti gemeletuk.
Seharian itu suhu badanku 37.5, tapi masih ttp nyusuin dan lancar seperti biasanya. Sore,
setelah diperiksa dokter dan tnyt suhu badanku udah sampe 39.5, lsg dikasi obat. Katanya
payudaraku radang dg kemungkinan ada saluran ASI nya yang tersumbat. Rasanya emang
sakit sekali, cenut2. Badan rasanya gak keruan. Keringetan tapi trus demam lagi.
Malamnya aku langsung minum obat radang yg dikasi dokter plus obat demam.

Besoknya aku masih minum obat radangnya, tapi hanya yg pagi (bdasarkan resep, untuk
obat radang 3 x 1). Karena siangnya aku ngerasa kok ASI yang sebelah kiri gak ngisi.
Kebetulan sakitnya udah gak terlalu, jadi obat yang siang gak aku minum. Aku lsg SMS
dokternya, dia bilang sore mungkin sudah lancar lagi. Tapi ternyata gak lancar juga. Udah
aku kompres dg air hangat, aku massage karena tnyt emang terasa bny gumpalan2 di
dalamnya.

Setelah seminggu produksi ASI nya gak lancar juga, aku ke dokter kandunganku (yang
sebelumnya aku hanya ke dokter umum). Sebelum ke dokter kandungan, aku udah minum
Molocco yang sebelumnya pernah dikasi oleh beliau. Waktu aku tanya kenapa produksi ASI
ku berkurang, katanya mungkin emang waktunya berkurang. Tapi oleh beliau aku dikasi
lagi Herba Lacta dengan dosis 2 x 1.

Sampai hari ini produksi ASI ku belum normal lg yg sebelah kiri. Biasanya kalo lagi
mompa, 175cc itu yg sebelah kiri aja dan belum bener2 abis. Hari ini aku coba mompa,
cuman dapet 85cc. Padahal rasanya masih banyak tapi kok kayak gak mau keluar dg
lancar.. :((

Seminggu lagi aku udah mulai ngantor, sementara dg kondisi seperti sekarang, susah
banget mau mompa buat stock kalo nanti udah ngantor. Dhana kalo lagi bangun,
minumnya tiap 2 jam sekali. Kalah cepet sama lapernya dia.

Pertanyaanku:
1. Apa emang bener produksi ASI bisa berkurang? Padahal tetep disusuin setiap saat.
2. Aku gak mau ASI ku diganti dengan susu formula. Boleh gak Dhana dikasi makanan lain
sedikit? Seperti pisang ambon, misalnya?

Tolong ya dok, smart parents..

regards,
O'i

Jawab :

From: eka nurfitri
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, February 14, 2006 4:38 AM
Subject: Re: [sehat] ASI berkurang sesudah radang & demam tinggi

Dear mba o'i,
urun rembug sedikit ya... produksi ASI emang bisa berkurang kalo ada mastitis (radang payudara) atau abses walaupun masih rajin di susui, kalo dengar cerita mba, kemungkinan penyebabnya mastitis dan kemungkinan besar jadi abses, nah antibiotika harus diminum terus, dan bila ada abses (bengkak kemerahan, nyeri) harus diinsisi untuk kebaikan ibu dan bayi, setelah itu bisa menyusui seperti biasa lagi. mba bisa tanya dan cari second opinion ke dokter bedah deh. wass, eka

February 13, 2006 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: