ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Lulus ASI exclusive + Berhasil diskusi&Simultan

From: Alida Susanti
To: Sehat (E-mail)
Sent: Monday, February 13, 2006 11:24 AM
Subject: [Sehat] Sharing : Lulus ASI exclusive + Berhasil diskusi&Simultan


Dear Doctors & Sps & SP seperjuangan,

Alhamdulillah, Akhirnya waktu itu tiba.
ga nyangka ga percaya saya bisa melewatinya, terima kasih terima kasih utk SPs yang sudah support saya dan saya yakin semua SP dan para dokters sdh turut mendoakan saya, terima kasih milis sehat.

masih inget saya stlh saya sharing di milis 2bln lalu tp untungnya milis ini yg membuat saya bangkit lg walopun stlh itu buanyak skali mslh2 yg dtg...
pertama2...saya sempat dipanggil atasan dan blio menanyakan keberadaan saya ditempat kerja, sempat menjadi pukulan juga buat saya..krn nyaris mengancam status saya, sampe saya bbrapa hari jd linglung krn ga tau hrs apa.
trus tlp m'luluk..singkat cerita rada tenang juga krn saya punya pegangan kuat yaitu dukungan dr UU Depnaker, intinya boleh perah ASI.itu juga yg membuat saya jd semangat bekerja krn saya mendapatkan hak saya utk memerah ASI dikantor..
kedua...kabel adaptor pompa listrik saya hampir putus...sempet uring2an tuh minta dibenerin ama suami saya, tanya di ITC kabel aja muahaal bgt.mslhnya putusnya pas di ujung adaptornya, klo di tengah sih masih bisa disambung,akhirnya hati2 juga tuh disambungnya hiikss...
sekarang mau putus lagi di ujung yg satunya lagi..aduuuh puyeng deeh...

sharing ttg MPASI:
Dari hr slasa kita sudah mulai menghitung hari, jumat malam kmrn sebelum bobo ngobrol ama sasha ,nak..tinggal satu malam lagi deh bsk udah mulai makaan...horee...(ibunya sambil kegirangan heboh en tepuk2 tangan...tinggal sashanya aja yg kebingungan..??) akhirnya keluarlah senyum2 centilnya hehehee...(entah tanda ngerti apa enggak ya?) saya rasanya gaa bisa tidurr..(pdhl malam sebelumnya udah tidur mlm asyiik membuat tepung beras putih&merah sampe bela2in tengah malam selesai bobo-in sasha) hmm..sambil mikir hmm gimana ya besok...apakah akan berjalan dgn lancar?
bismillah...

sabtu pagi kemarin, kita semua bangun rada siangan jam setengah 6 lewat, klo biasanya hr kerja jam 5 kurang dan sasha ikutan bangun.sabtu pagi kemarin itupun sasha udah nyanyi2 sendiri (bhsa bayi)
yang ngebangunin kami berdua. abis becanda2...keluar kamar sasha udah siap niy di strollernya....
klo udah di dudukkin di situ waah nengok pun ga mau..wlpn dibecandain,pura2 ga liat.pokoke gaya boss deh...klo udah bisa ngomong mgkn dia akan blg.."cepetan dong ajak sasha jalan2...sambil gaya boss di singgasana-nya (heheh berlebihan yaak). selesai jalan2 ama bapaknya eh diajak jalan2 lagi ama mbaknya...sasha makin demen deeh. pulang dr jln2...si ibu udah mulai neh mau ngasih MPASI pertamanya hehee...pertama2 dikenalin dulu mangkuknya...makin penasaran deh...dicicipin ke mulutnya..makin penasaran deh...suapan pertama lancar cuma tampangnya agak2 nunjukkin
''..waah apa ini.." ...lama2 mulai suka...sambil bilang ke sasha klo ini bubur beras merah+ASI buatan ibu looh...nah sekarang sasha makan juga seperti orang dewasa...tp masih bubur yaah..(hari2 sebelumnya suka ngeliatain kita2 makan dgn mata ga berkedip)...cuma beberapa sendok...eeh udah mulai resah krn mulai mengantuk biasanya pagi2 udah bangun 2jam kemudian udah mulai ngantuk lagi.udah ya di stop dulu nanti lanjut lagi ya..skr bobo dulu.
PR buat ibunya niy utk menyusun kembali jadwal ASI + MPASI nya, SPs ada yg bs membantu?)

bangun tidur kembali ceria lagi niy...ibunya lagi sarapan...mulai ngeliatin lagi...
ya udah saya coba suapin lagi...iseng2 niy...buburnya kan sempat ditaro di kulkas, coba2 ksh ke sasha tanpa di angetin dulu...jd masih rada agak dingin (lumayan 20 menit di taro di kulkas, SPs boleh ga sih?) waah lahap tuh...pertama2 kan cuma ditempelin ke bibirnya krn sebelum2nya minum ASI pake sendok jd udah biasa....sampe tangan ibunya ditarik..maksudnya biar cepetan kali ya masukkin sendoknya...trus sendokknya hampir mau dipegang ama sasha, ya udah mgkn dia maunya agak masuk kedalam sendoknya...lahap deh sampe abis..bisss...apa krn dingin apa krn emang doyan..ga tau juga...waah ngamuk tuh pas udah ga disendokkin lagi...ajak jalan2 lagi deh kali ini ama ibunya.
hari ini baca majalah A***B*** lumayan banyak membahas ttg MPASI, trus jam 9 pagi dengerin mba luluk on air di RAS FM membahas ttg MPASI...itupun ga sengaja dengerinnya dirumah mba dewi leyla...lengkap deh hari ini.

Sharing ttg Simultan dan dsa yg cocok :
siangnya, kami semua ke RSIA utk imunisasi simultan,sengaja dtg sorean..krn ibunya jg mau ke dsog. pas ditimbang 5,9 Kg...hmm..berarti kenaikan slama 2bln cuma 400gr. sambil nungguin dipanggil. saya kebetulan bawa jadwal imunisasi dan grow chart-nya sasha...hmm ada di percentil 5.
ukuran TB dan lingkar kepala msh blm tau krn di ukur di ruang dsa nya.
Pas masuk, saya diskusi dengan dsa mslh kenaikan BB sasha, setelah diukur2..TB 64.5cm, Kepala 41.8...dsa nya saya kasih grow chart yg saya bawa. TB dan kepala ga ada masalah masih bagus tp BB jadi PR nih buat ibunya...krg lebih diskusinya spt ini :

saya : dok, mungkin krn masih ASI eks. 6bln kemarin jd kenaikan juga tidak drastis, tp maish dalam batas normal ya kan dok? wlpn di percentil 5. adakah kemungkinan gejala laennya?
dsa : hmm..(sambil berpikir, saya ceritakan aja bgmana sasha dirumah)
saya : anaknya aktif dok cendrung ga bisa diam...pipisnya ga tll banyak dan ga tll sedikit...
rewel kadang2...dan tengah malam msh sering bangun ingin nenen krn dia ngejar ketinggalan ASI di siangnya. adakah kemungkinan silent ISK dok? ato gejala laennya?
(stlh tanya-jwb mslh perkembangannya, dsa meresepkan Nutricomp utk ditambahkan ke ASI/formula)
saya : dok, br hari ini pertama MPASInya. apa perlu Nutricomp itu?
dsa : kalian kerja dan tinggal dimana? (sambil nyusun menu/jadwal ASI+MPASI sasha) ini semacam penambah kalori (CMIIW) belinya di apotik2 besar...(smbil jelasin Nutricomp)

waah dalam hati saya pikir ini mgkn saja belum perlu, krn bisa saja sebulan ini mengejar ketinggalan BB dgn MPASI nya, sempat bingung juga ya...menolak takut dibilang pasien yg sok tau tp ga menolak en ga blg2 ke dsa nya ntr saya ga sportif lagi krn saya ga bakalan mau nebus resep itu sblm usaha dgn MPASI nya...pikir2 br aja dibahas di milis klo kita sebisa mgkn jujur&sportif thdp dsa...sebelum2nya memang saya manggut2 aja krn bingung mau tanya apa krn saya sempat shock&sedih 2bln lalu BB sasha yg biasanya naek 1kg tiap bulan sblm saya cuti, nah 2bln lalu cuma 500-600gr.yg akhirnya membuat saya sharing di milis krn 'kecewa hanya memberikan ASI 4bln.."(smoga SPs masih inget yah).dan kunjungan ke dsa kali ini saya lbh tenang dan semangat utk berdiskusi dengan dsa sasha.

saya : dok, boleh ga saya tidak kasih dulu Nutricomp nya (dengan alasan jauh ke apoteknya)...
saya mau coba sebulan ini krn br hari ini MPASI dimulai, mungkin saja ada perubahan. dan krn rumah saya jauh saya minta rujukan utk tes Urin rutin dan kultur ya dok, supaya tidak bolak balik.

dsa : oh ya boleh..boleh saja...kita liat sebulan ini yah..klo memang mau kontrol sebulan lagi silahkan.

oia, suntikan pertama sasha ga nangis..ibunya yg mau nangis hehehee...suntikan kedua cuma kluar suara eheehh..doang.berhasil DPT+Hib paha kiri HepB paha kanan...polio.
setelah itu dsa liat2 jadwal imunisasi dr web sehat...
dok, sudah lengkap kan jadwal yg saya bawa ini? trus umur 9bln campak dan 15bln MMR kan dok?
bisa kan dok? krn ga semua dsa mau imunisasi MMR.

dsa : iya ketemu lagi pas 9bln ya, trus ga mslh dgn imunisasi MMR koq, ini kan dr 'sehat'nya dokter wati kan...(sambil ngelipet kertasnya) hehee...

SPs...sampai kmrn saya puas diskusi dgn dsa yg lumayan panjang, dan saya udah berusaha utk belajar sportif wlpn msh bnyk kekurangan saya. saya berani diskusi krn dsa ramah dan mau menjelaskan, bagi saya tidak menakutkan (yg trauma thdp dokter wlpn kdg msh kerabat sendiri) dan tidak serasa di usir/diburu2.
dan saya juga sudah berbekal ilmu dr sehat hehehee...selama anaknya aktif dan dipantau di grafik, kecuali kemungkinan silent ISK tunggu hasil smoga tidak apa2.
dan saya sudah banyak cari second opinion salah satunya ke dokter eka mnurut blio klo nutricomp msh blm perlu, dan dicoba MPASI dulu. karena msh ada percentil 3 (CMIIW).

maaf ya maaf sekali...sangat panjang sharing saya...
saya terus berdoa utk moms seperjuangan, dulu saya ga nyangka bisa sharing disini ttg suksesnya ASI exs. dulu saya ga nyangka saya bisa lewatin ini semua..SPs pasti bisa juga ya...ayo semangat terus.
mungkin kendala2 saya&perjuangan saya  jauuuh lbh mudah drpd SPs yg laen yg jauuuh lbh berat perjuangannya.
saya masih bersyukur di kantor ada kulkas...saya masih bersyukur ada tempat utk perah wlpn di Pantry.
SPs yg masih berjuang..kalian tidak sendiri...masih banyak yg berjuang. jangan ragu2 utk sharing krn dampaknya lbh banyak..mau japri ke saya pun silahkan aja,,,sebisa mungkin akan saya bantu.

maaf sekali lagi jika menuhin inbox dan ga berkenan.
saya masih banyaak belajar, tlg koreksi jika saya salah.

ALIDA
sasha's Mom

February 13, 2006 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

