ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Botol untuk ASI peras

From: caeciliapudjiastuti
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Thursday, February 23, 2006 5:10 PM
Subject: [sehat] [tanya] botol untuk ASI peras … dan sedikit share

Dear sps dan para dokter,
Sebagai calon ibu(30 minggu nih, makin degdegan rasanya), milis ini
memberikan semangat untuk melakukan banyak hal dengan  paradigma baru.
Untuk itu, saya butuh sharing teman-teman untuk persiapan saya yang
bertekad bulat memberi asi ekslusif dan jadi ortu yang RUD.

Saya berusaha cuti mepet dengan hari perkiraan lahir agar bisa lebih
banyak waktu setelah melahirkan nanti(walau kantor katanya tidak berai
ambil resiko... tapi didukung beberapa ibu di kantor🙂.. ).

Saya sudah membicarakan ini dengan keluarga yaitu suami, dan orang tua
yang kebetulan berdekatan rumah. Sedikit demi sedikit saya tularkan
pengetahuan saya, termasuk apa yang ada di kompas minggu yang lalu
serta print out artikel2 yang mudah dicerna(orang tua saya tidak
berpendidikan tinggi ). Mereka pun nampaknya memahami, walau mungkin
agak bingung ya, karena dulu mereka bangga kalau saya sakit sedikit
pasti ke dokter, tanda sayang pastinya, tapi mereka akui sekarang, itu
karena dulu tidak banyak tahu. Puji Tuhan, mudah-mudahan, ke belakang,
juga tidak banyak tantangan.

Sebagai persiapan, saya yang berniat tidak memberi ASI pakai dot
ketika sudah bekerja nanti(katanya pakai sendok lebih baik kan?),
tentu harus menyiapkan wadah khusus untuk simpan ASI peras (kemarin2
yang terbayang ya botol dot). Mungkin teman teman ada yang bisa bantu
merekomend botol atau wadah yang baik, yang agak spesifik mungkin
(maaf, di banyak tulisan kok saya nggak bisa nyimpulkan, baiknya dari
plastik atau kaca, ukurannya dll... ).

Pertanyaan lain, saya pernah baca, bayi sebenarnya tidak membutuhkan
sabun atau bedak maupun krim, tapi maaf, saya bacanya sebelum menikah,
dan saya tidak menemukan lagi sekarang, jadi tidak bisa sebutkan
sumbernya (dulu belum care kali ya...). Apa bayi baru lahir langsung
dimandikan pakai sabun dan sesudahnya dibalur minyak atau krim ? Maaf
ya teman-teman kalau pertanyaan ini tampak bodoh.

Maaf terlalu panjang, sharing teman2 dan saran saya tunggu, Terima
kasih...

SISIL

Jawab :

From: Purnamawati
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Thursday, February 23, 2006 8:22 PM
Subject: Re: [sehat] [tanya] botol untuk ASI peras … dan sedikit share

Dear Mom to be ... Sisil
Aduh bahagianya ...
deg2an? Pasti lah yaa .... apa lagi anak pertama hehehehe
Tapi memang banyak teman di sini untuk berbagi rasa dan berbagi asa

Syukurlah keluargamu penuh pengertian
wadah ASI peras bisa plastik khusus (bisa dibeli ... SP bantu dong dimana
belinya) tetapi mau disimpan di botol susu  plastik juga boleh dan buat saya
sih merek gak penting

Ya memang sebetulnya yang penting mandi dengan air bersih. Sesekali mau
pakai sabun silakan saja ... kalau krim .. sebetulnya tak usah karena kulit
kita sudah ada perangkat lemak dan asam ... kecualikulitnya kering sekali
pada anak dengan kecenderungan dermatitius, boleh berikan pelembab bayi

Minyak balur? Hehehe juga tak perlu
ada yang berpendapat kalau tak pakai minyak X nanti kembung .. itu
sebenarnya mitos

Ok selamat menikmati the ultimate happiness ...
kebahagiaan tiada tara ...

salam sayang
wati

February 23, 2006 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: