ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

48 jam pertama tidak minum

From: Ferry
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Monday, February 27, 2006 10:50 AM
Subject: [sehat] asi…48 jam pertama tidak minum

toong tanya soal asi, mau make sure takutnya salah, soalnya ada yg mau
nglahirin n katanya saya ngasi taunya salah
begini...
klo bayi baru lahir selama 48 jam tahan gak minum apapun
na ini saya jelasain ke dia jadi klo asi belum kluar gakpapa
kmr dia tanya ini maksudnya selama 48 jam tahan tu maksudnya walopun asinya
blm kluar tp uda kluar colustrum ?
jd selama 48 jam pertama memang gak minum asi ( klo blm kluar )
tp udah minum colustrum ?
or begini :  walopun colustrum belum kluar tetep gakpapa , gakusa minum
apapun selama 48 jam ?

Jawab :

From: KASIH Marcella
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Monday, February 27, 2006 1:08 PM
Subject: RE: [sehat] asi…48 jam pertama tidak minum

Pengalaman pribadi sih, waktu si Lin2 baru lahir dulu ya "puasa" karena asi
mamanya cuma keluarnya tetes demi tetes aja, ini sih sudah disebut
colostrum. Yang penting suhu tubuhnya di pantau terus secara teratur (lupa
tiap selang berapa lama). Kalau suhu tubuh menaik seperti si Lin2 pas hari
ke dua, baru dicari alternatif, kalau ada asi donor, prioritas asi donor
dulu, kebetulan pas saat pertama kali harus dikasih cairan (hari kedua
siang), gak ada asi donor, jadi dikasih enfamil (mamanya harus tanda tangan
surat persetujuan) itu pun cuma sedikit sekali (kalau gak salah cuma 30 ml).
Pas kedua kalinya (hari kedua sore), syukurnya sudah ada donor asi (30 ml
juga), jadi dapat asi donor. Besoknya (hari ketiga) pagi hari pas lagi kelas
massage payudara, si Lin2 disusui salah satu ibu yang asinya kebanyakan,
siangnya asi mamanya mulai keluar (dikitttt banget) jadi mulai deh si Lin2
disusui langsung sama mamanya. Saya di rs selama 6 hari, lahirannya lewat
operasi cs, makin lama asi makin banyak. Tapi sempat disuntik juga sih, biar
tambah banyak (saat itu sayanya stress dan gak pd gara2 asi gak langsung
keluar he..he..).
Pas saya tanya sih ke perawat, kalau si Lin2 waktu itu gak naik suhu
tubuhnya, pasti dia disuruh puasa tuh sampai 48 jam.

Best regards,
Marcella

February 27, 2006 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: