ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Mempertahankan quantitas ASI setalah bekerja

From: Lilies Yuniati
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, May 03, 2006 8:24 AM
Subject: [sehat] (Tanya)mempertahankan quantitas ASI setalah bekerja

Dear all,
udah dua hari saya masuk kerja lagi, Aisha ku udah hampir tiga bulan
kemarin dirumah mimiknya banyak hampir tiga bulan ini timbangannya udah 6 kilo, sampe dokter di Klinik laktasi St Carolus curiga saya ngasih formula he..he..
soalnya gak sampe sebulan naik dari 4,75kg jadi 5,9 kg.
Lagi enak2nya nyusuin eh udah musti kerja lagi…
Masalahnya sekarang saya rada2 terkena sindrom kurang ASI niy…
di frezer saya udah stok dari satu bulan lalu dalam tempat 60-70mlan yg akan digunakan untuk keperluan emergency kalo stok hariannya abis.
dikantor saya udah coba dapet 3 kali peres (pengennya lebih..cuma takut dipelototin bos..he..he), dari peresan hari senin saya dapat 425ml  dan kemaren turun jadi 375ml…mulai deh panik…
sampe rumah Aisha itu baru dikasih (tadinya mau tunggu saya pulang cuma anaknya udah nangis minta minum) mimik jadi gak begitu selera pas saya sodorin mimik, dikenyot tapi cuma basa-basi untuk melepas kangen aja banyakan diempeng..udah gitu tidur deh..kalo malam Aisha jarang bangun paling jam 12 malam dan jam 3 pagi aja…siang hari memang dia minum banyak jadi malam gak selera..
ya udah saya peres lagi cuma gak bisa sebanyak dikantor paling sekali peres dapet 80ml, jam 12 malem setelah Aisha mimik saya peres lagi gak banyak..
yang jam 3 pagi itu harusnya saya peres lagi kali ya pas sudah dimimikin cuma ngantuuuuk banget…
Soalnya karena sudah rada besar ngasih mimiknya bisa sambil tidur miring..
dan dia bisa minum sepuasnya sendiri, kalo dibopong suka seperti udah tidur pas ditaro ternyata masih mau lagi..jd ribet taro angkat, taro angkat lagi…jadi suka ketiduran….
Pagi diminumin seperti biasa tapi juga gak lama, waktunya dia untuk pup jadi mimiknya gak konsen..sedangkan waktu terus berjalan saya musti sudah keluar rumah jam 6.
Jadi kao saya liat 2 hari ini Aisha jadi jarang mimik langsung…
gimana ya…takut makin lama makin sedikit sedangkan kebutuhan makin banyak…ye I know…jangan panik..jangan dipikirin..PD aja nanti beneran sedikit…OK saya sedang berusaha menghilangkan perasaan itu..tapi technically kalo jarang diminumin langsung, cuma dipompa aja apa akan berkurang?Berapa banyak waktu memompa supaya kuantitas ASI kalo bisa bertambah gitu loh…pernah coba 2 jam sekali pas lagi cuti gak bayak dapetnya, ya karena diminum sama Aisha juga kali ya… cuma dapet paling banter 25ml.
Dikator jelas susah nambah waktu lebih dari 3 kali..paling pas pulang kantor sih…ada yang bisa kasih saran atau taktik jitu untuk nambah quantitas ASI atau ada yang punya pengalaman yang sama?…..
terima kasih sebelumnya…

Jawab :

From: titien irvianty
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, May 03, 2006 1:56 PM
Subject: [sehat] Re: (Tanya)mempertahankan quantitas ASI setalah bekerja

Mbak Lilies,

Wah, perjuangannya oke sekali. Saya juga mempunyai pengalaman yang
sama kok, beberapa bulan yang lalu pada saat harus kembali bekerja.
Sebetulnya frekwensi mbak Lilies memerah susu sudah benar lho dan
sudah cukup sering. Saya waktu dulu malah cuma bisa sekali memerah
dkantor karena waktu yang tidak memungkinkan. Kompensasinya dalam
perjalanan pulang, tengah malam, subuh harus bangun untuk memerah ASI.

Yang perlu diperhatikan disamping rajin memerah adalah asupan makan
dan minum untuk mbak Lilies juga. Karena makin sering kita memerah
berarti makin besar juga asupan cairan yang diperlukan tubuh untuk
memproduksi ASI. Seringkali karena kesibukan dikantor kita lupa minum
atau minum sedikit, nah ini bisa menjadi sebab ASI berkurang.

Coba deh mbak Lilies bikin target sendiri. Setelah memerah minum air
putih satu gelas besar, atau misalnya selama dikantor minum 6 gelas
air. Saya juga menjalani rutinitas yang sama waktu itu dan
alhamdulillah berhasil memberikan ASI eksklusif. Makan juga harus
diperhatikan mbak. Kadang-kadang kalau kita kerja kantoran kan
seringnya makan siang apa aja, jajan sembarangan. Nah mungkin hal-hal
kecil seperti ini yang harus lebih diperhatikan. Perbanyak makan
sayur ya, membantu banget lho.

Semoga sukses, sorry kalau saya bisa bantu segini aja.

Regards,
Titien
http://theibrahims.blogspot.com

From: eva lase
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, May 03, 2006 2:27 PM
Subject: Re: [sehat] Re: (Tanya)mempertahankan quantitas ASI setalah bekerja

Dear Mbak Lilies,

Saya juga bekerja, malahan sejak anakku Matthew usianya 2 bln sudah harus masuk kerja.
Kalo saya jadwal memerahnya di kantor 3x (jam 09.00; 13.00; 16.00) dan di rumah juga saya perah 2x (jam 22.00 dan jam 03.00). Matthew saya susuin langsung pas mau tidur, tengah malem, dan sebelum berangkat kerja.
Dan perjalanan memerahnya selama bekerja ada up and down-nya, kalo pas lagi byk kerjaan dan dikejar deadline biasanya asinya agak berkurang, apalagi saya pernah sakit 3x (pilek, batuk, diare), wah asi-nya turun drastis.

Yang penting adalah pikiran, kalo kita tenang asi pun lancar dan jaga kesehatan supaya gak sakit. Jadi, jgn terlalu kuatir yah Mbak, malah memicu makin kurangnya asi.

Semoga membantu,

Eva

From: Fabiola Imhar
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, May 03, 2006 2:36 PM
Subject: Re: [sehat] Re: (Tanya)mempertahankan quantitas ASI setalah bekerja

Mbak,

mau membahas saja.
Anakku sudah 8 bulan, tapi masih lebih banyak minum asi daripada makan.
Kalau makan pun kadang2 harus dicampur asi, baru dia mau. Mislanya, oatmeal pake asi, dll.
Alhamdullillah, saya bisa memberi asi ekslusif sampai 6 bulan, dan juga sampe sekarang keluar masih banyak.
Saya dikantor itu, dari jam 7.15 s/d jam 6.30 sore. Biasanya, selama itu, saya dapet sekitar 500ml. Dengan catatan, saya mompa setiap 2 jam sekali.
Saya sampe sekarang itu masih makan sayur katuk setiap hari (2 or 3 kali sehari), minum susu lactamil dan makan buah. Juga masih makan bubur kacang ijo (walaupun udah bosn banget!). Kalo ngga makan kacang ijo, saya ganti dengan bubur havermut.

Biasanya, setelah mompa, saya minum air 1 gelas gede.
Total dalam 1 hari jam kerja (1 working hours), saya minum itu kira-kira 3 jug besar.
Mungkin minumnya diperbanyak, juga banyak2 makan pepaya.

Feb

March 3, 2006 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: