ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

ASI (> 2 thn)

From: Ayi Purbasari
To: milis sehat
Sent: Wednesday, March 08, 2006 6:20 PM
Subject: [sehat] ASI (> 2 thn)

dh,
sampai usia 26 bulan ini, putri saya rifqa, masih minta asi. mohon
informasinya:
- kualitas asi di atas 2 thn ini apakah masih baik? atau menurun?
- ada usaha-usaha lain selain pola makan ibu yang baik, untuk meningkatkan
kualitas asi tsb?
- sejauh yg saya baca, tidak apa2 memberi asi sampai lebih dari 2 thn tsb.
mohon konfirmasinya/encourage lagi. kalau menurut keluarga, harus dikurangi
atau disapih.

mohon juga sharing untuk para ibu yang menyusui di atas 2 thn, japri aja ya
🙂

terima kasih dan mohon maaf jika sudah pernah dibahas.

-a-

Jawab :

From: Rina Nuryanti
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Thursday, March 09, 2006 8:59 AM
Subject: Re: [sehat] ASI (> 2 thn)

Mbak Ayi,

**Tunjuk Tangan**  :o)). Saya jalum aja ya mbak.

Saya juga masih menyusui putri saya yg sekarang berusia 27 bulan...menurut
saya tidak benar tuh kl ASI ibu balita menjadi jelek kualitasnya. Tuhan
memang Maha Adil, kualitas ASI ibu di sesuaikan kebutuhan anak yg sudah
balita. (CMIIW).

Kadang orang-orang disekitar bingung melihat saya masih menyusui putri saya
dan menanyakan kenapa tidak disapih pun begitu jg keluarga. Bahkan dokter
pun nanya kenapa aku tdk menyapih putriku..hehehe sambil tersenyum manis aku
dengan tegas bilang bahwa saya sdg dalam proses slow
weaning..hehehehe..dokternya pun jd speachless deh.

Buat saya, ASI adalah hak putri saya jadi biar dia yang memutuskan sendiri
kapan dia mau berhenti menyusui. Tentu saja sambil terus memberikan dia
pengertian, bahwa dia sudah mulai beranjak besar dan lebih baik lagi kl
minum susunya dari gelas ;oP . Alhamdulillah suami saya pun mendukung saya
untuk slow weaning ke Jasmine.

Berikut saya drop artikel2 dari mbak Luluk ttg Breastfeeding toddler
mbak..Semoga mengencourage mbak untuk menyusui Rifqa.

Semoga berkenan.
-Rina N-

http://www.kellymom.com/bf/bfextended/ebf-benefits.html

Extended Breastfeeding Fact Sheet

Nursing toddlers benefit NUTRITIONALLY

Although there has been little research done on children who breastfeed
beyond the age of two, the available information indicates that
breastfeeding continues to be a valuable source of nutrition and disease
protection for as long as breastfeeding continues.
"Breast milk continues to provide substantial amounts of key nutrients well
beyond the first year of life, especially protein, fat, and most vitamins."
-- Dewey 2001

In the second year (12-23 months), 448 mL of breastmilk provides:
29% of energy requirements
43% of protein requirements
36% of calcium requirements
75% of vitamin A requirements
76% of folate requirements
94% of vitamin B12 requirements
60% of vitamin C requirements
-- Dewey 2001

"The estimated mean 24-hour milk intake was 548 g for the 97% who were
breastfed at 12 to 23 months and 312 g for the 73% who were breastfed at 24
to 36 months. This represents an average daily intake of 41% and 23% of the
safe recommended daily intake (400 RE) for vitamin A, respectively."
-- Persson 1998

----------------------------------------------------------------------------
------------

Saya repost hasil tanya jawab dg Dr Utami Roesli, salah seorg pakar ASI di
Indonesia, ketika seminar KLASI terakhir :
------------------
18. Ada dokter psikologi yang pernah mengatakan bahwa anak harus disapih
pada usia 1 tahun karena kalau tidak nanti kurang mandiri. Bagaimana
tanggapan dr. Utami?  Apakah Sentra Laktasi bisa menulis sesuatu
menanggapi pernyataan ini, karena ada kekuatiran ini akan mempengaruhi ibu
menyusui?
Jawaban:

Jangan dirancukan antara kedekatan dengan orang tua, dengan manja atau
kurang mandiri. Apakah kedekatan dengan orang tua sama dengan manja?
Contohnya, saya dan kakak saya menyusui sampai usia 3 tahun, tapi saya
pribadi tidak merasa tidak mandiri.  Jadi tergantung definisi mandiri itu
bagaimana.
Ada konsultan dari Sentra Laktasi yang dapat menulis tanggapan tentang hal
ini.

------------------------------------
http://www.kellymom.com/newman/bf_toddler_01-03.html

Breastfeed a Toddler-Why on Earth?

Handout #21. Toddler nursing. January 2003
Written by Jack Newman, MD, FRCPC. © 2003
Because more and more women are now breastfeeding their babies, more and
more are also finding that they enjoy breastfeeding enough to want to
continue longer than the usual few months they initially thought they
would.
UNICEF has long encouraged breastfeeding for two years and longer, and the
American Academy of Pediatrics is now on record as encouraging mothers to
nurse at least one year and as long after as both mother and baby desire.
Even the Canadian Paediatric Society, in its latest feeding statement
acknowledges that women may want to breastfeed for two years or longer.
Breastfeeding to 3 and 4 years of age has been common in much of the world
until recently, and it is still common in many societies for toddlers to
breastfeed.

Why should breastfeeding continue past six months?
Because mothers and babies often enjoy breastfeeding a lot. Why stop an
enjoyable relationship? And continued breastfeeding is even good for the
health and welfare of both the mother and child.

But it is said that breastmilk has no value after six months.
Perhaps this is said, but it is wrong. That anyone (including
paediatricians) can say such a thing only shows how ignorant so many people
in our society are about breastfeeding. Breastmilk is, after all, milk. Even
after six months, it still contains protein, fat, and other nutritionally
important and appropriate elements which babies and children need.
Breastmilk still contains immunologic factors that help protect the baby. In
fact, some immune factors in breastmilk that protect the baby against
infection are present in greater amounts in the second year of life than in
the first. This is, of course as it should be, since children older than a
year are generally exposed to more infection. Breastmilk still contains
factors that help the immune system to mature, and which help the brain,
gut, and other organs to develop and mature.

It has been well shown that children in daycare who are still breastfeeding
have far fewer and less severe infections than the children who are not
breastfeeding. The mother thus loses less work time if she continues nursing
her baby once she is back at her paid work.

It is interesting that formula company marketing pushes the use of formula
(a very poor copy of the real thing) for a year, yet implies that breastmilk
(from which the copy is made) is only worthwhile for 6 months or even less
("the best nutrition for newborns"). Too many health professionals have
taken up this absurd refrain.

I have heard that the immunologic factors in breastmilk prevent the baby
from developing his own immunity if I breastfeed past six months.
This is untrue; in fact, this is absurd. It is unbelievable how so many
people in our society twist around the advantages of breastfeeding and turn
them into disadvantages. We give babies immunizations so that they are able
to defend themselves against the real infection. Breastmilk also helps the
baby to fight off infections. When the baby fights off these infections, he
becomes immune. Naturally.

But I want my baby to become independent.
And breastfeeding makes the toddler dependent? Don't believe it. The child
who breastfeeds until he weans himself (usually from 2 to 4 years), is
generally more independent, and, perhaps, more importantly, more secure in
his independence. He has received comfort and security from the breast,
until he is ready to make the step himself to stop. And when he makes that
step himself, he knows he has achieved something, he knows he has moved
ahead. It is a milestone in his life.

Often we push children to become "independent" too quickly. To sleep alone
too soon, to wean from the breast too soon, to do without their parents too
soon, to do everything too soon. Don't push and the child will become
independent soon enough. What's the rush? Soon they will be leaving home.
You want them to leave home at 14? If a need is met, it goes away. If a need
is unmet (such as the need to breastfeed and be close to mom), it remains a
need well into the childhood/teenaged time.

Of course, breastfeeding can, in some situations, be used to foster an
overdependent relationship. But so can food and toilet training. The problem
is not the breastfeeding. This is another issue.

What else?
Possibly the most important aspect of nursing a toddler is not the
nutritional or immunologic benefits, important as they are. I believe the
most important aspect of nursing a toddler is the special relationship
between child and mother. Breastfeeding is a life-affirming act of love.
This continues when the baby becomes a toddler. Anyone without prejudices,
who has ever observed an older baby or toddler nursing can testify that
there is something almost magical, something special, something far beyond
food going on. A toddler will sometimes spontaneously, for no obvious
reason, break into laughter while he is nursing. His delight in the breast
goes far beyond a source of food. And if the mother allows herself,
breastfeeding becomes a source of delight for her as well, far beyond the
pleasure of providing food. Of course, it's not always great, but what is?
But when it is, it makes it all so worthwhile.

And if the child does become ill or does get hurt (and they do as they meet
other children and become more daring), what easier way to comfort the child
than breastfeeding? I remember nights in the emergency department when
mothers would walk their ill, non-nursing babies or toddlers up and down the
halls trying, often unsuccessfully, to console them, while the nursing
mothers were sitting quietly with their comforted, if not necessarily happy,
babies at the breast. The mother comforts the sick child with breastfeeding,
and the child comforts the mother by breastfeeding.

Questions? see my book Dr. Jack Newman's Guide to Breastfeeding (called The
Ultimate Breastfeeding Book of Answers in the USA)

Handout #21. Toddler nursing. January 2003
Written by Jack Newman, MD, FRCPC. © 2003
---------------------------------
http://www.kellymom.com/bf/bfextended/ebf-benefits.html

Extended Breastfeeding Fact Sheet

Nursing toddlers benefit NUTRITIONALLY

Although there has been little research done on children who breastfeed
beyond the age of two, the available information indicates that
breastfeeding continues to be a valuable source of nutrition and disease
protection for as long as breastfeeding continues.
"Breast milk continues to provide substantial amounts of key nutrients well
beyond the first year of life, especially protein, fat, and most vitamins."
-- Dewey 2001

From: Luluk Lely Soraya I
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Thursday, March 09, 2006 9:31 AM
Subject: Re: [sehat] ASI (> 2 thn)

Dear Mbak Ayi,

Saya nambahin Mbak Rina ya.
Semoga membantu.

Luluk
===========================

From: "Luluk Lely Soraya I" <lsoraya@cbn.net.id>
To: <sehat@yahoogroups.com>
Sent: Sunday, August 21, 2005 9:51 PM
Subject: [sehat] [Sharing] Pengalaman Alyssa & her weaning story

Dear Smart Parents (SPs),

Boleh ya sharing ?! Maaf jika email ini akan panjang sekali dibaca.

Tepat hari ini, 2 minggu sudah Alyssa memutuskan utk tidak menyusu lagi.
Ya betul....2 mg sudah putri cantikku ini masuk usia 3 th.
Hingga hari ini say amasih gak percaya bahwa masa itu datang juga.
Saat alyssa memutuskan sendiri kapan ia berhenti menyusu.
Now she's a big girl, not a baby anymore.
Paling gak itu yg selalu dia katakan kalau ada yg tanya kenapa gak minum
mama (istilah alyssa utk menyusu) lagi.
Tidak ada perseteruan antara aku & alyssa.
Tidak ada rasa sakit hati karena diberikan pahit2.
Tidak ada kata2 larangan "gak boleh lagi nyusu" dsbnya.
Semua berakhir dg indah, perlahan dan nyaman.
Satu hal yg pasti, bonding kuat yg terbentuk selama masa menyusui 3 th
terakhir tetap terjaga dg indah & manis.

Setahun yg lalu, menjelang ultah alyssa yg ke-2, aku & suami sama2 bingung
gimana cara terbaik utk menyapih alyssa.
Apalagi saat itu banyak sekali anggapan & pendapat keluarga juga teman yg
berpikir " kalo dah 2th harus disapih".
Apalagi byk anggapan kalo gak disapih, nanti jadi manja & gak mandiri.
Takut juga sih pas denger spt itu. Meski secara common sense sempat mikir,
"masa iya sih".

Ada yg menyarankan utk diberikan jamu pahit di sekitar payudara, agar gak
mau nyusu lagi.
Atau diberikan lipstik.
Ada juga saran utk berpisah sementara dg anak.
Yg lucu lagi ada yg nyaranin ke "orang pinter".
Atau ya dipaksa gak supaya gak nyusu. Kalo rewel ya biar aja.
Saat itu saya hanya mikir "Kok ya kenapa semua pilihan terasa menyeramkan
dan menyedihkan?! gak ada yg enak di hati".
Duh kalo saya saja merasa gak nyaman dg pilihan itu, apalagi alyssa.
Gimana saya harus menjelaskan ke alyssa kenapa di harus berhenti menyusu
pada ibunya.
Kata harus itu yg membebani saya & suami.

Hingga saat alyssa berulang tahun yg ke-2, kami masih belum memutuskan
gimana cara terbaik utk menyapih alyssa.
Sehari setelah ultah alyssa yg ke-2, kami pernah coba utk menyapih alyssa dg
mengatakan bahwa ia gak boleh menyusu lagi. Tapi spt yg aku & suami
perkirakan, alyssa gak mau dan gak mengerti kenapa dia harus berhenti sekrg.
Tergambar jelas di mukanya bahwa "Kenapa aku gak boleh , ma ?!"
Dan akhirnya kami memilih utk berhenti melakukan usaha "pemaksaan" spt itu.
Buat saya, entah kenapa kata "harus berhenti krn sudah 2 th" itu sangat
mengganggu pikiran.
Banyak pertanyaan di kepalaku "apa ya harus 2 th ?!", "apa gak ada saran
terbaik utk menyapih anak?", dsbnya.
Hmmm......ini waktunya utk mencari jawabannya.
Mulai browsing jauh ke WHO, Lalecheleague (LLL), IBCLC, dsbnya.
Dan makin hari mencari tahu, makin membukakan pikiran.
Bahwa ternyata gak ada klausul jelas bahwa 2 th anak harus disapih.
Gak pernah angka (usia) jelas kapan anak harus disapih.
Dan cara menyapih yg berulangkali aku temukan dari hasil2 bacaan itu adalah
SLOW WEANING.
Dan cara ini lah yg saya & suami sepakati utk kami jalankan.
Paling gak saya yakin betul tidak ada yg merasa sakit hati atau disakiti.

Menurut artikel dari yg di WHO & LLL, slow weaning artinya gak menolak saat
anak ingin menyusu & gak menawarkan kpd anak utk menyusu. Inilah cara
terbaik utk menyapih anak, menurut banyak para ahli laktasi.
Belum lagi banyak juga artikel dari sumber terpercaya menjelaskan bahwa
kandungan ASI > 2 th tetap kaya akan gizi.
Dan tetap memiliki manfaat ganda utk anak & ibu.
Jadilah saya, suami & alyssa bertekad bulat utk tetap memberikan manfaat
lebih dan melakukan proses penyapihan secara perlahan (slow weaning).

Dari sejak awal proses slow weaning, kami sampaikan ke alyssa, "Nak, mulai
sekrg kita sama2 belajar pelan2 ya. Ica boleh  minum mama sampai ica merasa
udah cukup".
Sejak saat itu semuanay terasa lebih mudah.
Saya & suami sangat merasa bahwa kunci utama dari keberhasilan slow weaning
adalah komunikasi.
Trust & bonding yg terbentuk selama ini akan sgt membantu proses ini.
Makin hari alyssa makin jarang menyusu.
Jikapun menyusu hanya saat malam. Itupun juga ia ingat.

Justru yg paling sulit dlm proses penyapihan adalah menghadapi pressure atau
pertanyaan2 dari keluarga & kerabat.
Jika mereka bertanya "alyssa masih nyusu gak ?", dan saya/suami/alyssa jawab
iya, seberondong pertanyaan dan pernyataan jadi amat sgt menyudutkan.
Mulai dari "duh nanti malah jadi manja", "makin gede makin susah" dsbnya.
Meski sudah berulang kali kami jelaskan, bahwa kita dalam proses penyapihan.
Tapi lagi2 krn byk yg beranggapan bahwa "gak mungkin menyapih pelan2, malah
tambah susah. Yg bener ya sekaligus atau dipaksa" dsbnya.
Hmm....krn saya pernah mengalami masa yg lebih sulit (pas memberikan asi
eksklusif ke alyssa), maka hal spt ini gak mengganggu saya.

Dua minggu lalu, menjelang ulang tahun alyssa ke-3, ia pernah bilang ke saya
& suami spt ini :
"Ica kan bentar lagi 3 th. Abis ini ica gak minum mama lagi ya, ma. Soal ica
dah gede. Minum mamanya disimpen aja buat adik bayi nanti".
Duhhhhh....ini kalimat terindah ygpernah kami dengar.
Kalimat dari mulut mungil alyssa yg demikian yakin & bangga jadi seorg kakak
(ini panggilan dia sendiri utk dirinya, meski belum punya adik/calon adik).
Antara percaya dan tidak, bahwa sampai juga masa  itu.
Saat ia memutuskan sendiri utk menyapih dirinya sendiri.
Dan ini betul2 ia wujudkan di hari ultahnya yg ke-3.
Alyssa sama sekali berhenti menyusu hingga kini.
Sesekali bapaknya masih menggoda.
Tapi alyssa sudah bersikukuh, kalau dia menyapih dirinya sendiri.
She looks so proud for her decision, because she's a big girl now !
And we're really proud for her !
Alyssa tampak begitu mandiri & percaya diri.
Sabtu lalu ada lomba 17 agt di sekolahnya, dan alyssa juara 1 utk lomba
gross & fine motoric.
Alhamdulillah.

Jadi siapa bilang menyapih itu menyedihkan atau menyakitkan anak dan ibu ?!
Siapa bialng menyapih itu pasti sulit ?!
Dan siapa bilang menyusui anak > 2 th akan membuat dia manja dan gak mandiri
?!

Semoga dapat menjadi pelajaran.
Bahwa menyapih dg cinta (weaning with love) adalah sangat mungkin dan dapat
dilakukan !

Love,
Luluk

=================================
Topik : Fakta-fakta seputar menyusui batita

(Ditulis bebas & dirangkum dari berbagai sumber oleh
Luluk Lely Soraya I)

Hingga saat ini banyak sekali anggapan miring ttg ibu yang menyusui anaknya
> 1th. Sering kita dengar kalimat "Kalo anak > 1 th kan dah jelek ASInya".
Atau tak jarang juga terdengar kalimat "Kalau disusui terus anak jadi manja
dan gak mandiri". Nah benarkah hal ini ?

Artikel berikut dirangkum dari beberapa artikel dari La Leche League dan WHO
tentang fakta-fakta seputar menyusui anak batita ( hingga umur 3 th).

Ternyata anggapan2 bahwa ASI gak bagus, nyusui anak besar bisa membuat jadi
manja dan gak mandiri tsb TIDAK BENAR.
Menyusui batita memiliki manfaat bukan hanya bagi anak, tetapi juga bagi
ibu.

Bahwa ternyata kandungan ASI > 1 th memiliki kandungan yang luar biasa
bermanfaat utk anak. Yg jelas, ASI tetap memiliki zat imun yang melindungi
bayi dari berbagai penyakit. Bahkan satu penelitian menunjukkan bahwa
beberapa zat imun meningkat jumlahnya dalam ASI di th keduam sehingga
memberikan perlindungan yg lebih besar bagi anak.  Belum lagi kandungan
gizinya. Pada tahun kedua (12-23 bulan), setiap 448 ml ASI memenuhi
kebutuhan anak :
o       29% dari kebutuhan energi-nya
o       43% dari kebutuhan protein-nya
o       36% dari kebutuhan kalsium-nya
o       75% dari kebutuhan vitamin A
o       76% dari kebutuhan folat-nya
o       94% dari kebutuhan vitamin B12
o       60% dari kebutuhan vitamin C

Nah manfaat buat ibu gimana ? Banyak para ahli medis menbuktikan bahwa
menyusui dapat memberikan ibu proteksi dari berbagai penyakit. Makin lama
ibu menyusui, makin besar proteksi yg diberikan. Ibu dapat terminimalisasi
dari resiko terkena kanker payudara, kanker ovarium (indung telur), kanker
uterine (rahim), osteroposis, dsbnya.

Benarkah jika anak disusui terus menerus akan membuat ia jadi manja dan gak
mandiri ?
Ini juga sama sekali TIDAK BENAR. Justru anak-anak yg disusui hingga ia
berhenti sendiri (menyapih dirinya sendiri) lebih mandiri.
Kenapa ? karena ia menemukan sendiri kemandiriannya. Ia merasa lebih nyaman
dalam menemukan fase tsb. Ingat loh fase psikologis usia batita itu buat
anak2 terkadang "mengerikan". Ia harus belajar utk menerima kondisi di
sektiarnya. Dengan menyusui, akan memudahkan anak menghadapi fase tsb dg
lebih mudah.
Terkadang juga kita memaksakan anak utk mandiri lebih cepat dari biasanya.
Padahal di usia ini justru ia butuh ibunya dan ayahnya utk membantunya
menemukan rasa percaya dirinya dsbnya.
Jadi menyusui di usia ini justru memenuhi kebutuhan psikologisnya.

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan : "Susuilah anak di
tahun pertamanya dan susuilah terus selama ibu dan anak saling
menginginkan.Makin lama ibu menyusui anaknya, makin memberikan keuntungan
bagi ibu dan anak dari segi kesehatannya dan perkembangannya..Tidak ada
batasan pasti kapan anak harus berhenti menyusu dari ibunya. Dan TIDAK ADA
BUKTI bahwa menyusui anak-anak > 3 th akan membuatnya terganggu secara
psikologis ataupun." (AAP 2005)

Nah kapan anak sebaiknya disapih ? Lagi-lagi ini pilihan yg sangat
subyektif. Semua bergantung kepada 3 pihak : ibu-anak-ayah. Selama semua
pihak saling menginginkan maka menyusui dapat terus dilakukan. Jika
memutuskan utk menyapih, maka lakukanlah dg perlahan dan baik. Hindari
penyapihan yg dapat menyakiti hati anak. Ingat selama masa menyusui,
terjalin ikatan batin yg kuat antara ibu-anak. Jangan sampai hal ini "rusak"
karena proses penyapihan ini.

Referensi :

-      Breastfeed a Toddler-Why on Earth? Handout #21. Toddler nursing.
January 2003 by  Jack Newman, MD, FRCPC
(http://www.kellymom.com/newman/bf_toddler_01-03.html)

-      La Leche League International, What are the benefits of breastfeeding
my toddler? (http://www.lalecheleague.org/FAQ/advantagetoddler.html)

-      Extended Breastfeeding Fact Sheet by Kelly Bonyata, BS, IBCLC
(http://www.kellymom.com/bf/bfextended/ebf-benefits.html)

-      Nursing Past Infancy and Into Toddlerhood
(http://www.breastfeed-essentials.com/nursetoddler.html)

=================================

http://www.lalecheleague.org/FAQ/bflength.html

How long should a mother breastfeed?

A mother and her baby should breastfeed for as long as they wish to
breastfeed. The American Academy of Pediatrics currently (2005) recommends:
"Pediatricians and parents should be aware that exclusive breastfeeding is
sufficient to support optimal growth and development for approximately the
first 6 months of life and provides continuing protection against diarrhea
and respiratory tract infection. Breastfeeding should be continued for at
least the first year of life and beyond for as long as mutually desired by
mother and child." * As solids are introduced, usually around the middle of
the first year, your baby will shift his primary source of nutrition from
your milk to other foods.
All the benefits of human milk--including nutritional and health--continue
for as long as your baby receives your milk. In fact, as your baby takes
less human milk, these advantages are condensed into what milk is produced.
Many of the health benefits of human milk are dose related, that is, the
longer the baby receives human milk, the greater are the benefits.
*See
http://aappolicy.aappublications.org/cgi/content/full/pediatrics;115/2/496

Resources for Additional Information
Contact a local La Leche League Leader for more information and support .
For help in finding a local Leader, check out Finding a Local LLL Group.
These items are all available from LLLI's online catalogue or through your
local Leader.
THE WOMANLY ART OF BREASTFEEDING, published by La Leche League
International, is the most complete resource available for the breastfeeding
mother. (Softcover, 465 pages)
Does Breastfeeding Take Too Much Time? Written for the breastfeeding mother
who is considering weaning or simply feels overwhelmed with the job of
taking care of a young child. (No 291-17, 75¢)
MOTHERING YOUR NURSING TODDLER, revised edition by Norma Jane Bumgarner: The
classic handbook for mothers who breastfeed their children past infancy in
an updated and expanded edition. Norma Jane Bumgarner puts the experience of
nursing an older baby or child in perspective, within the context of the
entire mother-child relationship. She cites biological, cultural, and
historical evidence in support of extended breastfeeding and shares stories
gleaned from thousands of families for whom breastfeeding and natural
weaning have been the norm. (Softcover, 30 pages. No 157-12)
HOW WEANING HAPPENS by Diane Bengson: Written by an LLL Leader, HOW WEANING
HAPPENS includes the personal experiences of mothers who have weaned in a
variety of ways. It covers the kinds of questions parents have about weaning
and reassures them that weaning is a natural process and does not have to be
a stressful event for mother or child. (Softcover, 156 pages. No 142-12)
Last updated Monday, September 19, 2005 12:28 PM by sak.

March 8, 2006 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: