ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

ASI dan Pola Tidur Anak

From: Citra Trisnawati Wulandari
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Thursday, March 23, 2006 2:11 PM
Subject: [sehat] To mbak Luluk dan SP lainnya juga, tanya soal asi dan tidur anak dong..

Dear mbak Luluk dan SP lainnya yang bersedia sharing..

Mbak, saya kagum lho baca sharing mbak yang panjang soal Soft Weaning-nya
Icha..
Jadi pingin tanya2 soal asi nih, mbak kan lebih pengalaman yaa..
Anakku Raka baru kemarin 1 tahun, alhamdulillah asi aku masih banyak dan
Raka pun masih terpuaskan.
Tapi ibu mertuaku mulai ribut memintaku untuk mulai memperkenalkan susu sapi
pada Raka. Dengan alasan takut nantinya Raka tidak suka susu sapi.
Aduuhh..rasanya kok berat ya, aku dan Raka masih sangat menikmati masa2
pemberian asi ini lho mbak. Aku belum siap untuk mulai memberikan susu sapi.
Yang jadi pertanyaanku..
1. Dulu kapan sih mbak mulai mengkombinasi asi dan susu sapi pada Icha?
Mulai Icha umur berapa?
2. Terus nih mbak, Raka kan selalu nenen sebelum tidur. Kegiatan ini sangat
kami berdua nikmati. Malam pun dia masih 3-4 kali bangun untuk nyusu.
Ada sharing ibu2 yang bilang setelah anaknya setahun lewat, mulai diajarin
bobo nggak pake nenen. Tapi efeknya lama2 si anak dah nggak mau lagi nenen
ibunya.
Kalo aku berniat membiarkan Raka sampai menyapih dirinya sendiri, lantas apa
mungkin aku mengajarkan Raka sekarang2 ini untuk mulai bobo tanpa nenen aku?
Dulu pengalaman mbak gimana terhadap Icha? Apa sampai Icha 3 tahun tetap
nenen sebelum bobo terus dia bisa bobo tanpa nenen setelah dia memutuskan
sendiri nggak mau mimik mamanya?

Ayo ibu2 yang punya pengalaman.. Diceritain yaa..
Makasih sebelumnya..

Citra

Jawab :

From: Luluk Lely Soraya I
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Saturday, March 25, 2006 9:12 PM
Subject: Re: [sehat] To mbak Luluk dan SP lainnya juga, tanya soal asi dan tidur anak dong..

Mbak Citra darling,

Maaf baru bisa mereply. Bener2 ketiban ama emails dan tumpukan kerjaan
hehehe (alasan bgt yak 🙂...maaf)
Rasanya sharing dari Mbak Yuli & Mbak Ria sudah sangat komplit ya.
Saya hanya menambahkan sedikit dg berbagi cerita ttg proses penyapihan
perlahan (slow weaning) nya alyssa.

1. Kapan alyssa mulai mengkonsumsi susu sapi ?!
Hmm alyssa mulai mengkonsumsi rutin susu sapi (UHT) tentu saja ketika usia >
1th.
Meski ia juga masih menyusu.
Tapi diperkenalkan berbagai produk susu sapi (dairy product spt yoghurt,
keju dll) saat berusia > 6bl.
Soal kalo gak dikenalkan susu nanti anak gak doyan susu memang so tricky ya
to answer.
Apalagi jika yg menanyakan itu orangtua sendiri.
Yg jelas gak betul. Saya yakin Raka sudah mulai  mengkonsumsi berbagai
olahan susu kan?!
Hayo pasti kemaren2 pernah ngasih puding susu (buatan sendiri tentunya kan)
atau milkshake utk Raka kan ?!
Nah kan secara gak langsung Raka udah kenal susu sapi kan ?!
Iya nih spt ada kewajiban mutlak dan wajib kalo anak batita kita kudu harus
minum buanyak susu.
Pdahal kita sudah sama2 belajar bahwa > 1th kebutuhan susu hanya sbg
pelengkap sbg asupan kalsium.
Dan itu bisa didapat tidak dg semata2 minum susu saja.
Nah kalo anak minum milkshake, yoghurt, keju, dll secara gak langsung dapat
kalsium juga dong ?!
Belum lagi bahan makanan lain (sayuran, ikan, dsb).
Jadi nyante aja non. Kenalin juga gak masalah samsek.

2. Sering bangun malam utk menyusu ?!
Iya nih. Kendala umum ibu bekerja yg memiliki anak > 1th dan menyusui adalah
anak tiba2 kembali spt bayi hehehe.
Sering bangun malam utk menyusu.
Ini lebih krn si anak ingin memastikan si ibu ada.
Kan siangnya ibu gak ada di rumah 🙂
Selebihnya juga gak selalu terjadi, non.
Coba aja dilatih dan dibicarakan ke anak. Yup ! Anak2 sekecil apapun akan
amat sgt bisa diajak komunikasi loh.
Itu tips utama saya. Sisi lain, it's only a matter of time.
Alyssa > 1 th tiba2 kembali bolak balik bangun.
Tapi itu gak berlangsung lama.
Jadi nikmati aja non ! Percaya deh masa menyusui itu cuepet sekali.
Begitu alyssa dah menyusu lagi waksss saya kayak orang patah hati hehehe.

3.  Gimana cara menyapih yg terbaik ?! Apa dimulai dg gak menyusui di malam
hari ?!
Nah ini betul2 variatif dan psesifik.
Artinya bisa jadi apa yg saya terapkan bersama alyssa hanya cocok utk kami
(saya & alyssa).
Jadi dicoba aja non utk memilih mana yg paling pas.
Dulu pengalaman saya dg alyssa, saya mulai dg perlahan sejak dia masuk usia
2 th.
Mulai dari tertib pada diri sendiri. Artinya, gak nolak kalo alyssa minta
menyusu
dan gak pernah menawarkan utk menyusu.
Nah yg kedua ini yg bener2 menguji kesabaran ibu utk tetap konsisten.
Apalagi kalo anak lagi tantrum trus biar gak rame ibunya nyusuin anaknya.
padahal si anak gak minta.
Utk semua hal itu yg tentu saja rumus utamanya : 3K (Komunikasi, Komunikasi,
Komunikasi).
Ini yg selalu kudu harus wajib kita ingat dalam proses mengasuh anak.
Terutama saat menyapih.
Pasti Mbak Citra setuju dg saya kan kalo anak2 itu luar biasa cerdas.
Kalo mereka dapat mengerti dan menyerap apapun yg dikatakan semudah spons
menyerap air.
Jadi never underestimate pada anak kita sendiri.

Tapi juga bukan berarti kalo kita dah bicara dari hati ke hati dg anak trus
langsung akan semudah itu prosesnya.
Tetap semua butuh proses. anak butuh proses utk menyiapkan dirinya sendiri.
Ibu juga demikian. Krn weaning is about learning, caring and loving.

Terakhir, yg bisa menentukan kapan saatnya menyapih hanya 3 aktor utama,
mbak.
Yaitu ibu-anak-suami. Jangan pernah biarkan orang lain selain 3 aktor tadi
mengganggu,
apalagi mengintervensi kapan sebaiknya disapih.

Moga membantu ya.
Love,
Luluk

March 23, 2006 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: