ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Pengalaman melahirkan, early latch on, Hep B dan Asi eks

From: Ullia SA
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Thursday, April 13, 2006 1:45 PM
Subject: [sehat] (Sharing) Pengalaman melahirkan, early latch on, Hep B dan Asi eks

Assalamualaikum WW
Dear Dr Wati, docs n SP's ytc, apa kabar?

Senang sekali ketemu ama all SP n docs disini setelah cuti melahirkan,
awal cuti sih aku masih bisa download email dari rumah pake dial up
jadi masih ngikuti perkembangan milis sehat,
tapi sebulan terakhir gak bisa buka lg ( maaf Mods espc mb luluk kalo ngerepotin terus🙂
pas masuk kantor kewalahan deh download sekitar 3000an email khusus milis sehat :))
rupanya members sehat tambah banyak aja ya, alhamdulillah...

Dear all,
tgl 22 januari 2006 alhamdulillah aku melahirkan anak ke-2 laki laki sehat dan ganteng dg BB dan TB lahir 3,510 kg dan 50 cm.
Menjelang kelahiran aku sempet panik juga soalnya dua minggu sebelum estimasi lahir (estimasi lahir 15 jan) dsog-ku berangkat haji tanpa pamit dan rencana kembali tgl 17 jan.
Akibatnya temen2 miliser sehat sby aku kontakin utk cari dsog alternatif yg ok
(makasih banget atas bantuan dan support mbak puji dkk di sby ya:)

Tapi ternyata sampai hari H si kecil belum keluar juga sampe dsog-ku pulang haji.
Setelah periksa kondisi ketuban dan jantung janin masih ok, dsogku kasih toleransi waktu tambah seminggu dari estimasi lahir utk tindak lanjutnya.
Akhirnya atas kesepakatan dg dsog tgl 22 jan aku ke RSMK di Sby utk induksi,
Induksi mulai pk 10.00 dan akhirnya si kecil lahir pk 13.45, alhamdulillah.
Ajaibnya dsog-ku yg kmrn haji (dan udah pulang) akhirnya tetep gak bisa bantu kelahiran anakku krn persis saat itu lagi syukuran pulang haji hehe...
rupanya estimasi dsogku aku bakalan nglairin sore jadi dia ok aja aku minta tgl 22 jan pagi.

Alhamdulillahnya lagi, aku berhasil early latch on biarpun boleh dibilang gak diisep ama si baby krn dia sibuk nangis kenceng2  di dadaku🙂
selain itu aku juga bisa dapetin imunisasi Hep B right after birth utk si baby,
cuma pas polio 0 dapetnya  kontrol pertama barengan BCG soalnya waktu aku pulang dari RS dokternya cuti n penggantinya belum dateng padahal aku keburu mau pulang.

Alhamdulillah, sd skr aku bisa kasih asi eks mudah2an bisa sampai 6 bln.
Memang sudah jadi obsesiku buat kasih asi setelah gagal kasih asi ke anak pertamaku😦
jadi dari awal aku wanti2 ke para suster di RS utk kasih mik pake sendok.
Selain itu setiap jam kasih mik pasti susternya telp ke aku utk dinenenin langsung,
itu dilakukan sejak melahirkan biarpun asiku belum keluar,
alhamdulillahnya anakku sangat kooperatif dan sabar selama asiku belum keluar tetep mau ngisep,
skr setelah lancar malah dia jadi gak sabaran hehe..

Sudah dua minggu ini aku ngantor, selama ini aku merah asi di kantor
sehari dapetnya 400-440 ml, mepet sekali soalnya anakku minumnya min 4 kali 120 ml.
Jadi kalo di rumah aku perah2 lagi biarpun dapet dikit2.
Skr BB udah sekitar 6 kg-an (waktu ke dokter pas umur 2 bln BBnya 5,650 kg) dan TB 60 cm, lumayan gempal yah.
Imunisasinya juga udah lkp dan timely ok,
(Hep B right after birth, Polio 0, BCG, DPT 1, HIB 1 dan Polio 1).
Ke DSA udah 2 kali (imunisasi tadi),
sayangnya baru umur 2,5 bln ini kok udah 2 kali kena pilek😦
sekarang pun masih grok grok, sudah treatment ala sehat cuma ingusnya susah keluar
jadi kalo tidur n nenen terganggu tapi di hidung gak ada lendirnya,
kalo ditengkurepin lama plus diuapin bisa keluar ingusnya tapi cuma dikit,
jarang muntah, paling gumoh n ngeces (kalo ditengkurepin).
Mudah2an gak lama2 deh sakitnya, untung masih kuat nenennya 🙂

Akhirnya,
Sekali lagi, terima kasih yg sebesar2nya kpd dokter wati yg buaik dan cuantik atas segala ilmu2 yg sudah diberikan, kpd mb luluk atas ilmu per-asi-annya, temen2 member sehat dan eks pesat jatim atas support dan perhatiannya, dan semua miliser sehat atas sharingnya selama ini.
Skr aku bisa ikut merasakan nikmatnya jadi ibu lengkap dg asinya, merasakan pandangan anakku dan tangannya di dadaku waktu disusuin, aduuh... sangat luar biasa.

Alhamdulillah wa syukurilah..

Maaf ya kalo sharing-nya kepanjangan

Wasalam WW
Ullia umi'e Gahthan dan Geiss yang lagi bahagia :))

Note:
Ternyata kalo punya informasi cukup dan dipraktekin ok juga ya,
nyatanya ketakutanku ttg dsog, dsa yg irud or RS yg kurang bersahabat tdk terbukti,
utk dapetin semua (early latch on, hep B, polio 0 dll) asal dibicarakan mereka ok jg.

April 13, 2006 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

