ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

ASI ekslusive 1 bulan lagi, tapi sekarang kelaurnya sedikit

From: Anggraini Sukanto
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Monday, April 17, 2006 1:33 PM
Subject: [sehat] (sehat) Q: asi ekslusive 1 bulan lagi, tapi sekarang kelaurnya sedikit sekali….HELLLPPP…

Dear dr.'s & SP's..

Maaf kalo sebelumnya sering banget masalah ini dibahas. Tapi aku gak tau harus gimana lagi😦.

Anak pertamaku, laki-laki, hampir 5 bulan (Jumat besok), Alhamdulillah sampai saat ini masih ASI ekslusive. BB sekarang 8,15kg, PB 66cm. Dari aku hamil memang aku terobsesi sekali mau ngasih ASI eklusive, so segala cara aku kerjain buat ngedapetin ASI yang berlimpah, yang salah satunya adalah gak boleh stress (bener kan Dok?!)

Nah yang sekarang terjadi adalah kok produksi susuku berkurang ya? Padahal biasanya aku bisa meras di kantor sampai 450ml, tapi sekarang 200ml aja susaaaahhh banget. Padahal seharian aku tinggal kerja biasanya Bian minum 600-700ml. Aku gak diet, makan biasa aja kayak dulu. Makan sayur dan buah selalu, sayur katuk dsb tiap hari dimakan. Duh salah dimananya ya? Please help me dong. Karena aku gak rela ngasih Bianku susu formula, neverrrrrr....!!! Tapi kemampuan ASIku kurang. Gimana aku gak stress kalo gini?

Duh pleeeaassssseee...banget sharing dan ilmunya ya, aku gak tau lagi harus gimana. Aku pernah sms salah satu DSA, dan merekomendasikan obat Vometa untuk meningkatkan Prolaktin, perlu gak sih itu? Apakah boleh aku kurangin jatahnya Bian pas aku lagi di kantor (kesian amat ya?)

Tolongin aku ya, really appreciate it!

Regards,
hennyyangmintatolongdikasihtaubiarsuksesasieklusive

Jawab :

From: Olivia Firdaus
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Monday, April 17, 2006 1:39 PM
Subject: RE: [sehat] (sehat) Q: asi ekslusive 1 bulan lagi, tapi sekarang kelaurnya sedikit sekali….HELLLPPP…

Dear Mbak Henny,
Aku Cuma mau sharing aja mengenai ASI yang mulai berkurang .. emang bikin
stress Mbak .. dulu aku sering nangis kalau ASI ku kurang dan stok nya juga
makin dikit tapi disitu aku belajar bahwa semakin kita stress, ASI nya makin
ngga keluar ... heeheh .. begitu biasanya ..🙂
Jadi pasti ada saat up and down nya juga ..
Waktu itu aku sampai bela belain ngga masuk kantor (biasanya sehari saja)
supaya sehari penuh anakku bisa nyusu sama aku dan habis dia nyusu aku peras
.. biasanya kalo dia nyusu yang kanan, maka yang kiri akan kenceng, nah
payudara yang kenceng ini yang aku perah.

Dan akhirnya dengan masa up and down itu aku berhasil juga ngasih ASI anakku
sampai usia 2 tahun .. padahal ASI ku bukan termasuk yang banyak banget lho
..

Jadi tetep semangat yah Mbak !

Kalau mengenai obat  Vometa, maaf aku ngga tahu mengenai obat tersebut ..

Mohon maaf kalau ngga membantu yah ..

Cheers

Olivia

From: Melani Sari
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Monday, April 17, 2006 3:54 PM
Subject: [sehat] RE: (sehat) Q: asi ekslusive 1 bulan lagi, tapi sekarang kelaurnya sedikit sekali….HELLLPPP…

Mbak Henny,

Wah, saya membayangkan pasti Bian lucu deh, montok... hehe...

Mbak, berdasarkan pengalaman saya dan hasil sharing SPs yg sudah-sudah
di milis, yg bisa kita lakukan utk meningkatkan produksi asi / stok asi
yaitu :
1. Pikiran dan Emosi. Salah satu hormon dalam produksi asi adalah hormon
oksitosin. Dan hormon ini sangat tergantung dari pikiran dan emosi si
ibu. Oleh karena itu, sangat dianjurkan ketika memerah asi, ibu dlm
keadaan relax, pede dan tidak diburu-buru atau dikejarkan target.
2. Berkaitan dgn hormone oksitosin diatas, usahakan agar bisa terjadi
tiggling sensation, bisa dengan sambil memandang foto anak, membayangkan
Bian yg lucu, agar memicu hormon oksitosin. Atau bisa juga merangsang
payudara, dengan kompres air hangat, atau merangsang putting, atau
lainnya - krn tiap orang rangsangannya berbeda-beda, sehingga perlu
dicari agar terjadi let down refleksnya.
2. Makan-makan yg bergizi. Ini saya yakin, mbak Henny sudah
melakukannya.
3. Minum air super banyak, atau dengan minum jus, makanan berkuah, dll.
4. Rutin massage payudara, kalau bisa 2 kali sehari.
5. Utk meningkatkan stok asi, tetap perah asi di hari sabtu, minggu dan
hari libur.

Itu sih mbak yg biasa saya lakukan kalau produksi asi menurun.

Kalau menurut saya sih mbak, jangan memanfaatkan efek samping obat utk
meningkatkan hormion prolaktin, seperti vometa, tiladon, dll. Karena
efek samping itu juga belum tentu muncul di setiap orang. Sedangkan yg
pasti, obat akan memperberat dan berefek ke hati. Belum lagi efek
samping obat yg lain. Kita meminum obat kalau memang obat itu diperlukan
utk menyembuhkan suatu penyakit, dimana benefitnya lebih besar dibanding
resiko kita tidak meminum obat tsb.

Tetap semangat ya mbak..  cuma tinggal satu bulan lagi lho, gak lama...
Moga-moga membantu.

Salam,
-melani-

April 17, 2006 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

