ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Sharing: Lulus ASI Eksklusif 6 bulan & MPASI pertama

From: arman_ok
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Monday, April 24, 2006 9:32 AM
Subject: [sehat] Sharing: Lulus ASI Eksklusif 6 bulan & MPASI pertama

Helo semuanya…
First of all, sori kalo email saya ini menuh2in inbox members
sekalian.. saya hanya ingin sekedar sharing setelah istri saya lulus
asi eks 6 bulan!🙂

Tepatnya tgl 21 April (Jumat) kemaren, anak saya (Andrew) tepat
berusia 6 bulan. Senang juga akhirnya kita berhasil ngasih dia ASI
eksklusif selama 6 bulan.
Kenapa kok sampe senang sekali? Karena mengingat perjuangan istri
saya dalam ngasih ASI eksklusif 6 bulan yang gak bisa dibilang
gampang juga. Terutama karena kondisi yang tidak full support.
Kondisi lingkungan keluarga dan teman2 kita memang tidak ada yang
ASI eksklusif. Banyak sekali yang menyangsikan ASI. Ada yang bilang
kalo the idea of breast feeding is disgusting (oh my God!), ada yang
bilang kalo ASI eksklusif hanya untuk orang yang gak mampu beli susu
formula, ada yang bilang nanti payudaranya (maaf) bisa jadi
jelek/turun, ada yang bilang gak perlu sampe mengorbankan badan
sendiri hanya untuk ngasih ASI, dan lain lainnya (gak bisa inget
semua komen2nya…). Dan malah dari pihak keluarga sempat beberapa
kali menyangsikan apakah ASI istri saya mencukupi kebutuhan Andrew…

Sedih emang. Apalagi istri saya yang paling sering mendengar komen2
itu secara langsung (karena yang banyak komen dari pihak temen2nya).
Bahkan saya sempat termakan omongan keluarga yang takut ASI kurang,
sehingga pas bulan-bulan awal saya sempat menyarankan istri saya
agar pake formula sekali sehari aja pas mau tidur malam supaya
Andrew tidurnya nyenyak. (Istri saya memang ASI nya bukan yang sampe
berkelebihan seperti orang2 lain yang bisa sampe bisa punya stock
untuk berbulan2 di freezer.) Tapi istri saya tidak mau dan tetep
keukeuh mau ASI eksklusif sampai 6 bulan. Padahal saya udah jadi
member milis SEHAT lho saat itu!! Sampe malu banget rasanya kalo
diinget2 saat itu kok saya bisa doubt istri saya sendiri ya…
Akhirnya saya dukung dia 100% dan bantu untuk jelasin ke pihak
keluarga tentang manfaat ASI eksklusif dan juga penjelasan2 bahwa
ASI nya pasti cukup.

Halangan pun bukan hanya dari omongan2 orang saja. Tapi selama 6
bulan itu juga istri saya sempet sakit flu yang bener2 parah. Dan
ditambah lagi anak saya itu susah banget untuk disuruh minum asi
dari botol, apalagi kalo di rumah (kalo di mal baru mau hehehe).
Jadilah bener2 babak belur saat itu. Tapi istri saya tidak ada
sekalipun mengeluh apalagi menyerah.

Plus lagi, awal Maret kemaren, gigi geraham bungsu bawah istri saya
mau keluar tapi gak ada tempat, akhirnya infeksi. Sakitnya parah
banget, sampe mungkin karena istri saya selalu kesakitan banget
jadinya ASI nya keluarnya juga berkurang kali ya. Jadilah anak saya
juga ikutan rewel banget selama istri saya sakit. Total 2 minggu
seperti itu. Tapi two thumbs up lagi buat istri saya yang bener2
tabah dan pantang menyerah.

Jadi rasanya tidak mendramatisir bila saya dan istri bener2 merasa
bangga karena bisa ASI eksklusif 6 bulan. Ditambah lagi karena
perkembangan Andrew yang bagus sekali dan sangat sehat! (terbukti
istri saya 2 kali flu berat, ditambah saya juga pernah 1 kali flu
berat sampe demam… dan puji Tuhan, Andrew gak ketularan…)

Tentunya semua juga tidak terlepas dari milis SEHAT ini, karena saya
juga banyak baca sharing dari temen2 lain disini sehingga tentunya
itu bisa jadi semangat buat kami agar bisa juga lulus asi eksklusif
seperti temen2 yang lain… 🙂

Hari sabtu kemaren Andrew kita kasih MPASI nya yang pertama yaitu
bubur tepung beras merah (dicampur ASI tentunya). Dan amazingly, dia
senang sekali dan gampang banget makannya. 1 sendok makan tepung
beras dimasak pake air, dan diencerkan ama ASI, ludes des.
Hari minggu begitu juga.
Eh tapi kok hari ini jadi susah… hehehe. Cuma 3/4 yang dimakan.
Sisanya ditolak mentah2… ya gpp sih mungkin dia emang udah kenyang
kali ya…

Ya segitu aja sharing dari saya… thanks buat yang lain yang udah
pernah sharing sehingga jadi motivasi dan semangat buat kami…
Moga2 Andrew bisa gampang makan nya untuk selanjutnya dan moga2
istri saya ASI nya bisa keluar terus sampe 1 th kalo bisa…🙂

Thank you all!!

Regards,
Arman
http://babymarkandrew.multiply.com

From: Eddy Wibowo
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Monday, April 24, 2006 12:28 PM
Subject: Re: [sehat] Sharing: Lulus ASI Eksklusif 6 bulan & MPASI pertama – Amazing……

Selamat ya Pak……

What is amazing story pak……karena saya pernah ngerasain gimana kalo lingkungan gak mendukung apalagi sempat denger komentar kok kerja di oil & gas company gak mampu beli susu formula untuk anak…..trus sekarang kasih susu murahan (UHT) lagi….sedih banget hiks hiks….. Tapi saya tetap mendorong istri tetep asi sampai sekarang + UHT mudah2an bisa sampe 2 tahun bahkan lebih….amien.

Kenyataan yang saya terima….Rajwa tumbuh kembangnya luar biasa diluar perkiraan saya…..alhamdulillah sehat malah kalo ke RS cuma untuk imunisasi doang. Jadi saya sama istri tetep keukeuh…dengan pendirian kita karena kita tau itu yang terbaik buat Rajwa.

Sekali lagi…..selamat…. saya yakin Andrew pasti bangga dengan papa & mamanya…..gak lupa terimakasih dr wati dan milis sehat…..saya saksi hidup dan mungkin para SP lainnya juga merasakan manfaat yang luar bisa diperoleh dari milis pertama saya ini……

wasalam,
ewi-papinyarajwa

From: yuhana astuti
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Monday, April 24, 2006 3:19 PM
Subject: [sehat] Sharing Lulus ASI Eksklusif 6 bulan & MPASI pertama

Pak Arman,
Saya ucapkan selamat dan ikut senang Andrew bisa mendapatkan ASI eks 6 bulan. Saya bisa merasakan perjuangan istri pak Arman dan berartinya support pak Arman sebagai suami. Semoga makin banyak suami-suami yang jadi pensupport setia istri, biar aja orang berkomentar negatif, selama suami mendukung, maju terus pantang mundur…:)
Ken juga sabtu kemaren (22 April)  tepat berusia 6 bulan dan alhamdulillah sukses ASI eks.  Seperti istri bapak, ASI saya tidaklah melimpah ruah, hanya cukup untuk diminum langsung dan tidak untuk di simpan sebagai stok.  Saya tidak pernah mengukur berapa cc yang sudah Ken minum tiap harinya. ASI selalu saya berikan secara langsung jika dia haus. Umur 4 bulan ketika general check up dsa mengatakan secara umum Ken sehat cuman berat badannya walaupun normal tapi masih kurang (TB 62.1 cm; BB 6105 gr). Sedih sekali dbilang anak saya beratnya rada kurang, memang kalo dibandingkan dengan bayi-bayi Jepang sini keliatan Ken kalah gedenya. Sepanjang jalan pulang dari dsa tak henti-hentinya saya tanya suami, masa sih Ken keliatan kurang beratnya hehe kasian juga suami, dia berusaha banget membuat saya nga senewen. Saya curhat ke teman yang uda punya anak, yang satu saranin kasih jus, yang satu saranin kasih bubur, ih makin senewen deh…
Sejak itu saya lebih terpacu untuk lebih memperhatikan dan meningkatkan makanan yang saya makan agar ASI saya banyak. Urusan berat badan sendiri sudah tidak lagi jadi pikiran, diet nantilah yang penting Ken cukup ASI dulu. Walaupun udah enek ama masakan yang itu itu lagi demi ASI tetap aja ditelen. Selain karena nga terlalu jago masak, keterbatasan bumbu dan ketidaktahuan jenis sayuran lokal sini yang kadang jadi kendala, bingung-bingung kalo ada yang hijau dikit dijadikan sayuran pecel aja hehe paling diperbanyak makan buah, susu dan olahannya.
Sempat juga putus asa, jadi pengen pulang ke tanah air, habis bingung mesti gimana lagi biar ASI melimpah, karena kadang-kadang ASI saya banyak kadang-kadang seret. Benar-benar perjuangannya kerasa.  Apalagi 2 minggu terakhir kemaren, ASI saya bener-bener harus didongkrak dengan susu sapi, jadi setelah minum susu sapi baru terasa ASI banyak, tapi setelah Ken sekali minum terasa kosong lagi, pengen nangis rasanya, Ken sendiri juga jadi  rewel, tidur malamnya sering kebangun-bangun, garuk kuping kanan kiri, geleng geleng kepala, dari browsing sana sini jadi tahu teryata Ken begitu itu karena lapar. Wah makin miris hati ini, tekad untuk memberikan ASI eks hampir aja gagal tapi berkat support suami dan share yg ada dimilis SEHAT akhirnya sukses juga euy. Seneeeng banget…
Pengen bisa kasih Ken ASI sampai umur 2 tahun tapi karena ASI saya yang makin seret ini, jadi saya memperkenalkan susu formula, yang utama masih ASI tapi kalo setelah menyusui masih kurang baru dikasih formula. MPASI pertama sukses, bubur beras susu, langsung habis, nambah malah hehehe jadi semangat masakin variasi menu buat Ken apalagi papanya udah ngeprint in 2  folder resep makanan batita.
Sudah dua malam ini Ken tidurnya tenang, siang nga rewel…emak babenya jadi seneng deh🙂
Melalui sharing ini saya mengucapkan banyak terima kasih untuk milis SEHAT, walaupun saya member pasif karena cetek ilmu dalam kesehatan anak tapi aktif tiap hari mengikuti perkembangan milis. Berharap suatu saat bisa jadi smart parent seperti SPs di milis ini. Bravo milis SEHAT!

.
Best regards,
Hana

April 24, 2006 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

1 Comment »

  1. Hallo semuanya….
    Seneng ya utk para ibu yg sukses ASI eksklusif…rasanya bangga bgt…termasuk saya… hehehe Alhamdulillah saya pun sudah melewati ASI eksklusif. Tgl.16 Agustus anakku (Fathia) tepat 6bln,dan tepat hari itu jg saya mulai ksh MPASI,begitu dksh bubur susu dai langsung nolak, bsk2nya saya cb terus,tp tetep nolak smp akhirnya sk saya paksa, walau kasihan bgt sih krn pasti nangis jerit2, ga tega memang,tp saya pikir krn dia sdh wktnya mendapatkan MPASI. Berbagai cr sy cb cari variasi makanannya, bubur susu, biskuit, jus buah, tp smp skrg dia ttp ga mau….. Bingung…. Stres…. Sharing sm tmn2 yg ASI eksklusif, dr bbr org diantara mereka ada jg yg mengalami kondisi yg sama, ada yg br 8bln br akhirnya mau makan, agak sedikit tenang jg sih dengernya,tp hati ibu mana yg tega liat anaknya ga mau makan??? Maunya cm ASI….aja,air putih jg sk susah. Saya bingung bgt….ada yg bs tlg kasih masukan???

    Wassalam,
    Ria

    Comment by ria | September 26, 2008 | Reply


Leave a Reply

