ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Menyusui dengan inverted nipples

From: Camellia Dwinanto
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, May 03, 2006 4:44 PM
Subject: [sehat] (Tanya) Menyusui dengan inverted nipples

Dear docs & rekan SPs…

Saya coba search topik ini di web tapi gak nemu…

Kakak ipar saya melahirkan putri pertamanya tgl 26 April yang lalu, alhamdulillah sehat. Masalahnya ketika mau menyusui bayinya kesulitan latch-on karena kakak saya itu putingnya inverted (masuk ke dalam). Karena waktu itu asinya belum keluar, bayinya sempat diberi formula menggunakan botol (too bad ya…), dan kakak saya juga sempat memerah asinya lalu diberikan juga menggunakan botol, si bayi sih minum keduanya tanpa masalah (asi & formulanya gak dicampur lho…. ).

Sebetulnya asi kakak saya itu cukup melimpah, selama ini dia perah menggunakan breastpump dan (lagi2) diberikan lewat botol, karena sekarang si bayi menolak / menangis hebat kalau disuruh menyusu langsung ke ibunya. Rasanya ini yang disebut nipple confusion ya? Tapi saya kuatir suplai asinya bakalan cepat habis kalau bayinya gak belajar menyusu langsung. Sekarang pun sudah ditambah formula karena bayinya agak ‘rakus’.

Sebetulnya kakak saya ingin sekali memberikan asi, tapi ya itu masalahnya, inverted nipples & nipple confusion.

Apakah ada SPs yang pernah punya pengalaman serupa dan punya trik untuk mengatasi? Saya sudah menganjurkan kakak saya untuk menghubungi sentra laktasi, tapi kalau ada SPs yang bisa sharing mungkin bisa membantu…

Terima kasih banyak.

Camellia M Dwinanto
Ampang – Selangor
Malaysia

Jawab :

MENYUSUI DENGAN INVERTED NIPPLE
Camellia …. inverted nipple bukan halangan untuk menyusui … kan menyusu bukan nipple feed …
yang penting areola nya masuk ke mulut bayi … lama kelamaan nipple akan keluar
memang butuh waktu dan butuh kesabaran kedua belah pihak … apalagi asi nya melimpah .. terus
upayakan … nanti juga bayi kakakmu tak lagi mengamuk ….
formulanya stop deh pleasee.
sementara ini kalau kakakmu mau mencoba menarik nipple nya dengan alat bertekanan negatif (spuit
misalnya … ) bisa saja … tetapi yang penting optimis dan PeDe

Love

wati

May 3, 2006 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

