ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

ASI dan BAB

From: sehat@yahoogroups.com [mailto:sehat@yahoogroups.com] On Behalf Of
Rahman Setiawan
Sent: Thursday, May 11, 2006 6:40 AM
To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [sehat] Tanya ASI dan BAB

Dear All,

Anak saya baru berumur 4 bln berat 6,4 kg, selama ini masih  ASI
eksklusif mudah2 an bisa sampai 6 bulan, Jika sudah umur 6 bulan nanti
rencana baru MPASI dan dibantu susu formula.Nah yang ingin saya
tanyakan:
1. Apakah perlu jika umur 6 bulan nanti  kita baru perkenalkan susu
formula?
2. Benarkah kwalitas ASI itu setelah 6 bulan makin menurun ? bagaimana
jika kita kasih full ASI sampai 1 th ? Apakah ada pengaruhnya terhadap
perkembangan bayi?
3. Minggu yang lalu anak saya divaksin DPT dan polio yang kedua dari
Anjuran dokter kemudian saya kasih obat penurun panas T…..setelah
badan agak panas dan rewel, obat saya berikan 2 kali dengan tenggang
waktu 5 jam, besoknya anak seger dan tidak panas lagi tetapi yang
menjadi masalah adalah sampai seminggu ini anak saya malah tidak pernah
bab padahal biasanya tiap hari selalu bab, anak saya selalu keluar
kentut dan aktifitas gerak dan lain-lain masih seperti biasanya, apakah
ini ada pengaruhnya pada anak dan kira-kira apakah penyebabnya.

Mohon sharingnya,…..trimakasih
Maaf ini baru anak pertama kami jadi belum pengalaman tentang semua ini.

Mama Athar dan yang email papanya.
(karena bagus milis ini biasa saya copy dan saya kasih ke istri saya)

Jawab :

From: Tasya, Amanda
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Thursday, May 11, 2006 1:46 PM
Subject: RE: [sehat] Tanya ASI dan BAB

Halo mom and dad-nya Athar,

Mudah-mudahan sukses ya ASi ekslusifnya, saya jawab dikit pertanyaan
mbak, sambil nunggu jawaban pakarnya (mbak luluk hehe)

1. Apakah perlu jika umur 6 bulan nanti  kita baru perkenalkan susu
formula?

Mbak, kalau sudah lulus asi ekslusif  bukan berarti lalu dibantu susu
formula lho.  teruskan pemberian ASI full disamping MPASI sampai anak
berusia 1 tahun.  Lebih dari 1 tahun kan anak sudah bisa diberi UHT
plain.  Soal kenapa lbh baik memilih UHT dibanding susu formula untuk
anak di atas 1 tahun sudah sering dibahas, bisa dilihat di e-mail2
terdahulu.

2. Benarkah kwalitas ASI itu setelah 6 bulan makin menurun ? bagaimana
jika kita kasih full ASI sampai 1 th ? Apakah ada pengaruhnya terhadap
perkembangan bayi?

ASI itu memang anugrah yg luar biasa dari Tuhan, komposisi dalam ASI
akan mengikuti kebutuhan gizi yg diperlukan anak sesuai dengan
perkembangan umurnya, jadi ngga ada tuh istilah ASInya udah jelek.
Hanya saja si ibu harus tetap menjaga kualitas asupan makanan dan
minumannya supaya mutu ASI tetap terjaga.  Oh iya, jangan cuma sampai 1
tahun aja mbak, usahakan memberi ASi sampai anak berumur 2 tahun.  Saya
sendiri saat ini masih memberikan ASI  buat Adisya (11 bulan) tanpa
bantuan formula, biarpun saat ini produksi ASI saya sudah tidak sebanyak
dulu, tapi alhamdulillah sampai saat ini masih mencukupi kebutuhan Adis.
Tantangannnya memang berat mbak, apalagi kalo mbak bekerja….kalau
stress dikit produksi jadi berkurang, belum lagi kita harus terus
memompa supaya produksi tetap terjaga, kalau lagi sibuk kadang kelewat
tuh acara memompa di kntr.  Tp asal kemudian kita disiplin lagi,
biasanya sih bisa kembali ke produksi semula.

3.     Untuk anak yg ASI ekslusif, adalah wajar kalau tidak BAB hingga
10 hari (CMIIW ya…10 hari apa 2 minggu ya? lupa…) karena ASI
terserap dengan baik di tubuh si anak, jadi ngga ada yg harus dibuang
dgn BAB.

Sukses ya ASI ekslusifnya
Tasya

May 11, 2006 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: