ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

ASI & flu

From: Irma Mufida Dwi Putri
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, May 24, 2006 9:35 AM
Subject: [sehat] [Tanya] ASI & flu

Selamat pagi…

Salam kenal untuk para dokter, SPs & semua members milis sehat.

Nama saya Irma, Anak pertama saya Danish baru berumur 2,5 bulan. Saya sudah
lama mengikuti milis sehat melalui teman saya tapi baru sekarang bisa ikutan
bergabung.

Mohon pencerahannya, Saat ini saya sudah kembali bekerja dikantor &
‘terpaksa’ harus memberikan anak saya tambahan susu formula. Pagi sebelum
berangkat & malam biasanya baru saya bisa memberikannya ASI…. hiks2 sedih
juga ga bisa ngasih anak ASI eklusive, sampai2 kadang saya merasa feeling
guilty gitu deh….
Apakah pemberian ASI seperti itu akan berpengaruh banyak terhadap kuantitas
ataupun kualitas ASI saya ? Selama 3 hari pertama saya bekerja saya telah
mencoba memerah ASI di kantor  tp ternyata ASI yg didapat tidak cukup untuk
memenuhi kebutuhan anak saya selama saya tinggal bekerja lagipula kondisi
kantor saya juga agak sulit untuk memerah ASI. Belakangan ASI saya juga
kelihatan semakin sedikit. mohon bantuannya gimana ya solusinya?

tambahan, sekarang saya juga sedang flu berat & lagi meler2nya sampai
semalaman saya tidur memakai masker krn takut danish tertular.gimana ya
pencegahan atau treatment lainnya agar anak saya tersebut tidak sampai
tertular apalagi ayahnya juga ikutan sedang flu… sekalian mau tanya,
tanggal 06 May yg lalu Danish di imunisasi BCG & kata spa nya sekitar 2-3
minggu setelah diimunisasi tempat yg disuntikan imunisasi akan seperti bisul
tp sampai skrg kelihatannya bekas suntikannya cuma hitam aja, apakah gpp
seperti itu?!?

maaf, pertanyaannya banyak.

Thanks & Regards,
~ Irma Mufidah Dwi Putri ~

Jawab :

From: Purnamawati
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Monday, May 29, 2006 11:41 PM
Subject: Re: [sehat] [Tanya] ASI & flu

Dear Irma
Thanks atas email dan thanks atas kesediaannya untuk bergabung
Saya mau ikut urun rembug

1. ASI vs Ibu bekerja
Jangan putus asa dan jangan berhenti berusaha. Terus peras ASI mu di kantor,
saat week end (di antara waktu menyusu), di malam hari apabila bayimu
tertidur agak lama.
Semakin sering diperas, produksi secara bertahap akan meningkat. Yang
penting konsisten. Diniatin aja setiap 2 jam diperas ASInya gak peduli
berapa dapatnya pokoknya terus kosongkan payudaramu

Apabila memeras nya jarang (mungkin karena “sedih” melihat ASInya sedikit
setiap kali diperas?) maka otomatis secara pasti ASI pun akan berkurang

2. BCG
wah mestinya BCGnya sesegera mungkin ya … pas mau pulang dari RS waktu
usia 3 haru kan bagus banget karena mengurangi risiko paparan terhadap TBC
Memang bisa seperti bisul lalu pecah … jangka waktunya bervariasi, bisa
sampai 12 minggu. kalaupun tak pecah (hanya hitam) gak papa dan gak usah
cemas ya

3. Flu? makan baik, minum banyak, istirahat cukup.
wati

May 24, 2006 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: