ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Kebutuhan ASI 9-12 bln

From: sehat@yahoogroups.com
saya_mela
Sent: 19 Juni 2006 17:12
To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [sehat] Kebutuhan ASI 9-12 bln (Re: tanya: pompa asi ?)

Mbak Tasya,

Waktu sharing mbak kemarin, ttg pemberian full ASI putrinya smp 1 thn,
sebenarnya saya mo nanya. Tapi berhubung waktu itu lagi kejar2an
antara kerjaan sama merah ASI jadi kelupaan deh…

sebelumnya selamat ya, bisa ngasih ASI saja tanpa tambahan formula ke
putrinya.. Hebat..

Kalau boleh tahu, selama Mbak kerja, ninggalin berapa cc ASI utk si
kecil, saat usianya 9 – 12 bln? Itu utk berapa lama ditinggal kerja?

thx ya atas sharingnya..

salam,
-melani-

Jawab :

—– Original Message —–
From: Tasya, Amanda
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, June 21, 2006 2:44 PM
Subject: RE: [sehat] Kebutuhan ASI 9-12 bln (Re: tanya: pompa asi ?)

Halo mbak Melani,

Sebenernya kebutuhan ASI tiap anak berbeda, ngga bisa dijadiin patokan
misalnya anak saya minum 300 maka anak mbak juga harus minum 300.
Waktu asi eksl 6 bln kebutuhan asi adis sekitar 500an perhari, terakhir
nenen jam 7.00, saya berangkat ke kntr jam 8.00 pulang ke rumah jam 7
malam.
Selama 6 bulan itu saya selalu bela-belain pulang ke rumah pada waktu
lunch time, biar bisa menyusui langsung adis…
Memang sih, jadinya mahal di ongkos (naek taksi, pulang pergi bisa
sampai 50 ribu sehari), malah kata temen saya jadinya lebih mahal
dibanding kalo saya kasih susu formula ke adis hehe tapi demi investasi
masa depan adis dijabanin aja deh…
Terus, setelah MPASi kebutuhannya jadi berkurang, sekitar 300-400
per-hari, tergantung moodnya adis mau minum berapa, tapi supaya adis
tetep banyak mengkonsumsi ASI saya akalin dgn menambahkan sekitar 50 cc
asi di sarapan paginya

Soal berat badan, adis juga ngga gemuk kok, beratnya waktu terakhir
ditimbang (9 bulan) sekitar 8,3 kg…
Sampe skarang belum ditimbang lagi sih, cuma kok kayaknya ngga gemuk
gemuk ya….saya sih ngga terlalu khawatir krn adis anaknya aktif bukan
main, apalagi skarang lagi seneng2nya jalan, kemana mana jalaaaan aja,
poopnya jg lancar dan anaknya juga sehat….
Katanya sih kalo udah masuk umur 10 bulan ke atas penambahan berat badan
emang ngga drastis….

Tasya

—– Original Message —–
From: Luluk Lely Soraya I
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Thursday, June 22, 2006 11:33 AM
Subject: Re: [sehat] Kebutuhan ASI 9-12 bln (Re: tanya: pompa asi ?)

Dear Mbak Iin,

Saya coba bantu ya.
Intinya sih < 1 th nutrisi utama didapat dari ASi atau susu formula.
Sedangkan makanan sebagai pendamping saja (krni tu dibilang MPASI kan).
Jumlah berapa banyak ASI nah sebetulnya para ahli laktasi itu gak punya
kesepaktan umum berapa cc yg harus dikonsumis.
Krn ASI beda spt susu formula. Kadnugnannya juga beda2 kan.
Jadi gak usah kepikiran berapa cc yg harus disiapkan utk anak.
Spt Mbak Tasya menyediakan 300-400cc.
Krn itu memang kebutuhan si kecil.
Tapi anak2 lain belum tentu sama jumlah cc ASI yg dibutuhkannya.

Luluk

June 19, 2006 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: