ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

ASI pertama anak lahir?

Dear all..
saya termasuk memeber milis sehat, maklum karena kesibukan aku jarang sekali kirim artikel jawaban ataupun tanggapan terhadap emel rekan-rekan.

.
Tapi kali ini saya mo bertanya penting sekali..
Insyaallah bulan depan perkiraan lahir oleh DSOG istriku tanggal 28 juli lahir…
Minta doanya semua ya semoga dimudahkan dalam proses kelahiran anak kami yang pertama ini, barusan aja periksa di USG cewek kata dokter!
Tapi yang menjadi masalah rencana istri mo lahirannnya di kampung..
Kondisi di kampung mungkin sebagian dari rekan-rekan sudah tau..
Kalau ada bayi lahir sementara ASI belum keluar, pasti ma bidan ato dr nya disuruh ngasih susu formula..padahal kami ydah berniat dan istri pun sudah semangat sekali mo memberikan ASI eksklusif untuk anak kami yang pertama ini, tapi melihat kondisi diatas ada sedikit kekahwatiran juga untuk bisa ngasih ASI pada saat 2 jam setelah lahir!
Pertanyaan?
Gimana ya persiapan yang dilakukan pra melahirkan agar ASI segera keluar setelah bayi lahir?
Pernah baca juga katanya yang alami puting susu nya dioles2 pake minyak kelapa/telon untuk membersihkan kotoran2 yang menempel pada puting,bener ga ya?
Saya pernah dengar tapi belum pernah baca artikelnya katanya kalo bayi baru lahir akan kuat selama 3 hari untuk tidak diberi ASI ya bener ga?
Nah selama ASI belum keluar sampe terus dirangsang biar ASI nya keluar, bayi ga dikasih apa2 kira2 gmn ya!

Thanks all….

Ibnu malik
Jakarta

Jawab :

—– Original Message —–
From: Aisha Diva
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Thursday, June 29, 2006 2:54 PM
Subject: Re: [sehat] ASI pertama anak lahir??URGENT????

Dear Pak Ibnu,

Selamat yah mau jadi bapak, dan semoga lancar dan sehat ibu dan bayinya.

Kalau pengalaman saya sebelum melahirkan anak pertama dulu…(memang baru satu sih, anaknya :P), jauh-2 hari saya udah melakukan massage dan pembersihan putih payudara, tapi maaf pak, bukan pakai minyak telon, tapi pakai baby oil…(kalau minyak telon, takut nanti kena keminum bayi, dan akhrinya si bayi jadi trauma karena pedasnya, he…he..just kidding lho pak).

Lalu saya banyak minum (air putih / susu / jus) juga rajin kompres air hangat dipayudara sebelum tidur, kalau ini sih setelah memasuki bulan ke 7, karena sejak bulan ini, ASI saya sdh mulai keluar, dan kalau sore sudah agak sumeng (org jawa bilang) alias bengkak.
Juga jgn lupa tetap makan banyak sayuran hijau (bayam/katuk/

kangkung).

Semoga lancar ASI nya yah pak…

Salam buat calon ibu dirumah.

Bunda Aisha

—– Original Message —–
From: trinovi
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Thursday, June 29, 2006 5:53 PM
Subject: [sehat] Re: ASI pertama anak lahir??URGENT????

Pak Ibnu,

Salut dengan usaha bapak buat cari tahu tg ASI, pasti sukses deh jadi
breasfeeding father.

Sharing aja ya pak, waktu Nat (1th) lahir, payudara saya juga rasanya
kosong banget nggak ada isinya. Waku lahiran juga nggak berhasil dg
early latch-on nya, jadi Nat sama sekali nggak minum sampai 12 jam
kemudian, pas mulai rooming in, rasanya belum ada ASI yg keluar, tapi
tetep aja saya berikan payudara ke Nat untuk diisap/disedot, rasanya
tetep nggak ada yg keluar, tapi untungnya Nat rajin ngenyot. Mungkin
setelah 2 hari baru ada yg keluar🙂 Karena saya yakin Nat akan
baik2 saja tanpa asupan apa2, jadinya saya tetap rileks, mungkin ini
yg membantu produksi asi saya.

Beda dg anak pertama, waku baru lahir sudah lancar car.. mungkin krn
waku pertama dulu saya lebih rajin dg massage, dll. Mumpung masih ada
waktu, coba aja untuk massaga payudara, kalau saya sih pakai baby
oil. Di buku kecil keluaran RS C*****S ada gambar ttg cara massage yg
benar, termasuk tindakan untk melatih puting datar. Buku itu yg jadi
panduan saya.

Intinya sih, sang ibu tetap rileks, dan yakin ASi akan keluar.
Apalagi kalau di support dg si Bapak. Pasti berhasil!

Good luck ya pak….

-Ria

June 29, 2006 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

