ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Nipple sakitttt bangettt dehhh

From: “Ade Novita”
Sent: Tuesday, December 19, 2006 4:59 PM
Subject: [sehat] nipple sakitttt bangettt dehhh

dear all

mo curhat lagiii

udah hampir seminggu ini ribet bangettt

pms seperti biasanya…

ayah reva sakit, reva sakit, alhamdulillah dua-duanya dah membaik

dan yg paling berat nippleku yg kiri dan melesek itu sakittt bangettt kalau lagi disusui wira, sejak kamis lalu

mulai kamis itu payudaraku mengencang juga sihhh seperti kalau lagi haid

nahh tapi baru kali ini sakittt luarrr biasa kalau sedang disusui wira, bahkan setelah disusui masih perih dan sensitif disentuh aja wuihhh sakitnyaaaa

aku liat ga ada bengkak dan merah, asi juga keluar

dan salah satu kekurangan aku kan masih pake pompa di kantor buat produksi asi, jd ya ikutan sakit dehhh

awalnya ga sakit kalau mompa pelannn banget, tapi sejak tadi pagiii

pas wira gigit dengan gigi gigi mungilnya itu membelah lah bagian bawah nipple ku

dan jadinya sakittt banget kalau dipompa dan disusui

mohon sharingnya yaa…

barangkali ada yg bisa sedikit mengurangi rasa sakit

aku sih saat ini lagi meres pake tangan aja utk yg kiri ya sambil belajar belajar dehh tapi ya itu dikitt ga ahli soalnya tangan ini

dulu sakit ini pernah muncul juga waktu wira baru mulai belajar nyusu dari yg kiri dan waktu itu setiap dia nyusu dari yg kiri aku keluar darah haid (wira umur 40 hari baru menyuusu dari yg krii)

padahal biasanya wira nenen jungkir balik aku fine fine aja

ade
breastfeedingberjutarasanya

From: “indah ip”
Sent: Tuesday, December 19, 2006 9:46 PM
Subject: RE: [sehat] nipple sakitttt bangettt dehhh

mbak,.. soal gigit-menggigit, kira & ziya giginya udah mulai muncul yang
ke-8.
menyusui dua bidadari kembar, udah terbiasa tiap nyusu bareng-bareng kiri &
kanan, ganjel bantal, saya duduk nyender, mereka tiduran dengan posisi kaki
di samping pinggang saya dan kepalanya biasa saya usap-usap sampai mereka
ketiduran sendiri. yang seru… kalau ziya udah duluan bobo sambil nyusu dan
kira belum mau bobo, kira bisa ngoceh2 keras, nah ziya yang keganggu
langsung nangis kenceng atau jadi menggigit-gigit,..gemes dan sebel kali
dia.. kalau ziya udah ggit trus saya refleks teriak kaget, kira malah
nyengir dan ikutan gigit! dia pikir saya ngajak becanda kali…

soal puting lecet, berdarah, terkelupas, sampai kering sendiri, udah dialami
deh dan setiap giginya tumbuh kayaknya selalu terulang soal gigit
mengigitnya… asik kan? belum lagi sekarang udah lebih sering main-main,
kadang bisa cekikikan sambil nyusu-lepas-nyusu-narik-narik-main-main…
dipikirnya nyusu momen bercanda dan bermanja-manja sama mama kali..hehehehe
ya dinikmati dan disyukuri aja,..alhamdulillah…

obatnya? puting yang sakit atau luka diolesi ASI aja. dulu awal-awal banget
pernah luka sebelah, ya nggak saya susuin, tapi saya tetap peras biar ASI
tetap diproduksi sama kira & kanan. jadi semaleman itu hanya nyusuin yang
kanan, yang kiri diperas ASInya tiap yang kanan selesai disusui. tadinya
ragu,..mama saya sampia heran juga, ternyata subhanallah, ASI yang kanan
malah lancar aja meski hampir tiap jam gantian disusuin ke kira & ziya.
kalau hanya nyeri sih biasanya saya tahan aja sambil menguatkan hati bahwa
yang saya lakukan adalah buat kebaikan mereka dan yakin kalau mereka susuin
yang sakit bisa pelan-pelan jadi berkurang sakitnya karena udah terbiasa
(soalnya susah juga sekarang kalau yang satu nyusu, yang lain lihat, pasti
pingin ikut, udah lari aja dan meluk mamanya sambi nunjuk-nunjuk dan bilang
” mamaa…mimik..mimik…” jadilah ngatur posisi untuk menyusui berdua)
sekarang sih lagi nggak suka gigit-gigit, hanya gigit kalau salah satu
ngambek karena yang lain ngoceh2. tapi sakit masih sering akibat gigi
atasnya.. kalau posisi bantal mereka pas nyusu kurang tinggi, otomatis gigi
atas kena langsung ke puting susu, kalau nyedotnya heboh, waduh,..nahan
sakitnya heboh juga pake merem melek,.. tiap bentar kudu benerin posisinya
biar tepat keluar asinya dan nyaman menyusui. nah, kalau pas benerin posisi
yang satu trus yang lain tau-tau kelepas dari puting susu pas lagi asik,
bisa tambah-tambah hebohnya tuh,..  makanya kalau pas nyusuin, paling enak
suami tercinta ikut bantuin, jadi tiap yang satu merosot, suami bantu
ngangkatin lagi,.. saya bisa tetap konsentrasi nyusuin, kalau suami lihat
saya ngantuk-ngantuk sambil nyusuin, biasanya paling asik suami tau-tau
mijetin kaki dan bahu,..heheheh,.. kalau udah gitu rasanya menyusui nikmattt
banget,.. apalagi kalau pas anak-anak tau-tau lepas nyusunya karena udah
nyenyak bobo, … jadi lupa tuh sama sakit-sakitnya nyusuin…saya dan suami
bahu-membahu lagi untuk ngangkat mereka ke box masing-masing…:-)

jadi, tarik maaaaangggggg…….! lanjuuuttt….maju terus pantang mundur,
mbak..hehehe….nggak semua ibu punya momen seistimewa gigit-menggigit ini
lho…;-)
suatu saat kan kita jadi punya kenangan dan bisa ceritain ke mereka gimana
perjuangan mamanya dulu menyusui ananda tercinta..

salam,
indah ip

From: “Mama Sasha” <alyssa.azzahra@gmail.com>
Sent: Wednesday, December 20, 2006 8:51 AM
Subject: Re: [sehat] nipple sakitttt bangettt dehhh

mba ade,
persis banget pas dulu aku mulai berhenti perah pake pompa, yg akhirnya
terpaksa belajar pake tangan,
ternyata memang enaknya pake tangan yaah….nyesel aku….

naah keadaan aku persis bgt kyk mbak ade, dulu sih aku mikirnya krn klo pake
pompa yg keluar mgkn ga rata,
jd msh ada yg tersisa ato mampet ASInya sebagian ada yg ga bs keluar…..

coba mbak dikompres pake air hangat aja …..trus massage tiap pagi dan
malam pas mandi,
dan usahain perah pake tangannya sampe tetes terakhir alias tuntas sessi
perah ASI nya,
aku sih beberapa kali pas lagi kejadian itu melakukan trik itu aja, banyak
berhasilnya mbak….

maaf ga bantu banyak

love,

alida

December 19, 2006 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

