ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Flat nipple – mohon tips utk bisa memberikan ASI

From: <winy.andarini@>
To: <sehat@yahoogroups.com>
Sent: Monday, January 15, 2007 8:58 AM
Subject: [sehat] Flat nipple – mohon tips utk bisa memberikan ASI

Dear SPs,

Sebelumnya saya mau memperkenalkan diri dulu. Saya baru 2 bulan ini join
milis sehat. Nama saya Winy, usia 27 th. Saat ini saya sedang hamil anak
pertama, usia kehamilan 34 minggu. Saya sering banget baca postingan ttg
ASI di milis ini yg membuat saya benar2 terbantu & terpacu utk bisa ngasih
asi eksklusif buat anak saya nanti.

Masalahnya adalah puting payudara saya tergolong flat nipple, walaupun
kadang keluar. Dari hamil 7 bln saya sudah mulai me-massage payudara utk
persiapan ASI & juga persiapan puting (memijat aerola dari arah puting ke
arah luar kiri kanan atas bawah), tapi sampai sekarang puting saya tidak
maksimal keluarnya. Tetap saja kalo sdg tidak dipijat or tdk dlm keadaan
dingin puting saya flat banget. Malah pd saat dipijat lama2 dia jadi balik
flat lagi (awal2 keluar tapi setelah bbrp lama puting saya balik flat
lagi). Oya, puting saya ini kalaupun keluar tidak terlalu ‘mancung’ seperti
ibu2 yg lain.

Apa ada tips2 dari para ibu2 yg mungkin punya masalah yg sama seperti saya
agar bisa sukses memberikan asi eksklusif? Apa saya perlu pakai nipple
shield? Soalnya temen2 saya yg ga berhasil kasih asi rata2 problemnya krn
puting ga keluar (yg mengakibatkan anaknya ngamuk n’ ga sabaran & pd
akhirnya membuat sang ibu patah semangat utk bisa ngasih asi). Saya takut
kalo nanti saya akan mengalami hal yg sama (padahal saya bener2 ga pengen
hal itu terjadi).

Makasih banyak sebelumnya.. Maaf kalo menuh2in inbox.

Salam,
Winy

Jawab :

Saya juga termasuk memiliki jenis puting yang datar, solusi yang ditemukan adalah rajin pompa (bisa pake yg manual or electric) jd dgn pompa puting sedikit demi sedikit ditarik/mancung ke luar. Nantinya kalo dikenalkan dot jangan yg putingnya lancip ya krn bisa bikin bingung puting, jd beli yg sesuai/mirip puting kita (aku beli yg merek A—-V—NT), supaya si baby mau tetap nyusu ke ibu langsung disamping ke dot (selama ditinggal kerja spy juga bisa kasi ASI lewat dot).

Awalnya DSA saya yang kasi advis untuk tarik2 puting susu, syukurnya dg memompa2 putingku bisa agak mancung (selain untuk nyetok ASI jg spy puting bisa mancung).

Smoga sukses ya …

Rgds’
PPU

Hi Mbak Winy,

Jangan takut or kuatir dong Mbak, ntar malah gak keluar beneran lho!🙂.
Aku cerita sedikit pengalamanku ya. PD aku keduanya punya puting yang
‘mblesek’ atau masuk ke dalam, lebih parah dari flat nipple kan?! Tapi
karena keinginanku ngasih ASI ke Bian lebih besar maka problem itu bisa
diatasi. Aku sering-sering browse ke milis Sehat ttg breastfeeding (Thanks
ya milis Sehat, seneng deh bisa kenal kamu..), tanya kiri kanan dan
konsultasi ke ahlinya ttg hal ini, dan gak lupa juga berdoa. Jadi menurut
aku sih Mbak langsung datengin deh ahlinya (sambil browse dan tanya
sana-sini). Mbak bisa ke Klinik Laktasinya RS. Carolus di 3154187. Mereka
sabar-sabar banget lho Mbak ngajarin gimana harus massage PD, atau juga bisa
daftar kelas konsultasi Laktasi di RS. Medika Griya Sunter tiap Selasa jam
16.00 dengan Dr. Utami Roesli langsung (dia kan pakarnya breastfeeding
Mbak), teleponnya di 6400261.

Nah dengan seingnya tanya sana-sini dan berkonsultasi dengan yang
berpengalaman diharapkan bisa menambah percaya dirinya Mbak untuk menyusui,
sehingga kalo kita PD Insya Allah air susunya luancarrrrr banget, beneran
deh. Saya aja Ahamdulillah sampai saat ini Bian umur 14 bulan masih ASI full
susunya, walopun puting masih aja ‘gak mancung-mancung amat’. Jangan kuatir
bayinya gak suka ama flat nipplenya Mbak lho. Dan jangan lupa minta bantuan
Tuhan ya Mbak, sapa tahu Tuhan bikin bayinya Mbak nanti malah suka sama flat
nipplenya Mbak, Tuhan bisa banget lho bikin itu. Pokoknya jangan stress deh,
dans ering sharing di milis. Saya aja kalo lagi down saya pasti share ke
milis dan dapet jawaban dari SP’s lainnya, trus PD lagi deh, hehehe…
Makanya gak nyesel deh ikutan milis ini.

Pake nipple shield? Kalo saya mah gak pernah pake karena gak pernah
ngalamin. Coba dulu deh berkosultasi, mudah-mudahan dengan pencerahan yang
ada Mbak gak memerlukan lagi nipple shield. Tetap semangat ya Mbak, kita
bisa kok kalo kita niat, yakin deh!

Happy breastfeeding ya! Maaf kalo kurang membantu,

Henny

thanks buat semua yg sudah sharing
nipple shield memang tak usah
ingat kan .. breastfeeding .. bukan nipple feeding
jadi … gak ada masalah kalau nipple nya mblesek /…. bukan halangan buat menyusui kok
wati

January 15, 2007 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: