ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

ASI untuk Infeksi Pernapasan

AIR susu ibu sudah terbukti mampu memberikan perlindungan pada tubuh bayi. Tapi, menurut riset yang dilakukan Johns Hopkins Children’s Center di Amerika Serikat, perlindungan ASI terhadap infeksi pernapasan pada bayi perempuan lebih besar jika dibandingkan dengan perlindungan ASI pada bayi laki-laki.
Penelitian itu melibatkan 119 bayi yang lahir prematur di Buenos Aires selama satu tahun. Hasilnya, ASI memberikan perlindungan yang lebih tinggi pada bayi perempuan ketimbang bayi laki-laki. Penelitian itu juga membuktikan bayi perempuan yang diberikan susu formula memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit infeksi pernapasan.
Pemberian ASI bukan berarti menghindarkan bayi dari infeksi, melainkan lebih tepatnya membantu bayi menghadapi infeksi dengan lebih kuat. Menurut spesialis penyakit infeksi Fernando Polack, seperti dilansir http://www.medicalnewstoday.com, air susu ibu tidak secara langsung mentransfer zat perlindungan terhadap infeksi paru-paru. “ASI ‘menyalakan’ mekanisme perlindungan menyeluruh yang secara alami dimiliki bayi. Pada bayi perempuan, mekanisme itu lebih mudah berjalan ketimbang pada bayi laki-laki,” katanya.
Tak lama setelah dilahirkan, bayi perempuan yang diberikan susu formula juga delapan kali lebih rentan terhadap penyakit infeksi pernapasan ketimbang bayi perempuan yang diberikan ASI. Bayi perempuan yang diberikan susu formula ini juga lebih berisiko jika dibandingkan dengan bayi laki-laki, baik yang diberikan susu formula maupun ASI.
Temuan penelitian itu dipandang penting, khususnya di negara-negara berkembang yang penduduknya kurang memiliki akses kepada obat-obat antibiotik. Di negara-negara berkembang pula, diperkirakan, seperempat bayi yang dilahirkan prematur harus dirawat di rumah sakit karena menderita infeksi pernapasan yang parah. Itu juga berarti, para ibu yang memiliki bayi harus terus didorong untuk memberikan ASI. (Wey/M-2)
sumber : http://mediaindonesia.com/index.php?ar_id=OTM0MA==

June 15, 2008 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: