ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Jaundice karena ASI

From: “Christina Maria”
To: “Sehat” <sehat@yahoogroups.com>
Sent: Friday, August 01, 2008 12:25 PM
Subject: [sehat] Jaundice karna ASI

Dear dokter dan smart parents,

Saat ini ponakan saya (umur 18 hari, lahir 14 Juli) ASI eksklusif, untuk kedua kalinya rawat inap karna bilirubin mencapai 15,6 dengan diagnosa breasmilk jaundice, penanganan yg diberikan terapi cahaya dan puasa ASI sementara.

Sebelumnya pernah rawat inap selama 3 hari (umur 8 hari) karna bilirubin 17.
Diagnosa awal ABO incompatibility (ibu golongan darah O, bayi golongan darah A). Tapi diagnosa ini pun diambil tanpa memeriksa lebih rinci komponen darah si Ibu (antigen yg ada di darah).

Tadi pagi waktu check up, dokter bertanya apa ada riwayat kuning di keluarga ? Adik saya pun menceritakan kejadian pada Juan, putra kedua saya. Kejadian setahun yg lalu Juan lahir, pernah 2 kali rawat inap karna kuning (bilirubin 17 ). Juga ASI eksklusif.

Diperkuat dengan cerita itu dokter menyimpulkan anaknya (Nathan namanya) breastmilk jaundice. Akan dilihat perkembangannya setelah puasa ASI, jika bilirubin msh tetap tinggi perlu dilakukan test lain.

Harusnya bagaimana, apakah tindakan dokter ini sudah tepat ?
Niat adik saya untuk ASI eksklusif sangat tinggi, dia sangat terguncang dengan kondisi ini. Saya dapat merasakan kebingungannya, sepertinya peristiwa setahun yg lalu pada Juan terulang lagi pada ponakan saya. Cuma waktu itu Juan tidak disarankan puasa ASI. Kami sempat kultur urine dan hasil Juan 100.000/ml. Hasil lab sendiri baru kami peroleh seminggu setelah Juan pulang dari rawat inap ke-2. Artinya Juan tidak kuning lagi, tapi dokter tetap menyatakan Juan kena ISK makanya kuning, sehingga tetap minum antibiotik. Perbedaannya dengan kasus ponakan saya, Juan dan saya sama-sama golongan darah O, jadi pasti bukan ABO incompatibility.

Ada yg membingungkan, berdasarkan artikel Jaundice di file sehat, kuning karna ABO incompatibility umumnya terjadi pada 24 jam pertama. Kondisi ponakan saya baru terlihat kuning di hari ke-3 ketika akan pulang dari RS.

Sedangkan kuning karna breasmilk jaundice hanya memiliki sedikit kenaikan bilirubin dan biasanya akan hilang pada usia 3 – 10 minggu. Ponakan saya saat ini bilirubin 15,7 (saya simpulkan kenaikan besar terhadap nilai normal 10).

Kondisi Nathan sebenarnya baik-baik saja, tidak malas minum (tetap aktif menghisap), warna kencing jernih, frekuensi pipis normal, tak terlihat sakit kecuali kulit dan matanya yg kuning.

Mohon bantuannya….

terima kasih,
mama David & Juan

Jawab :

From: “meeda gun”
To: <sehat@yahoogroups.com>
Sent: Friday, August 01, 2008 12:43 PM
Subject: Re: [sehat] Jaundice karna ASI

Dear mba maria..

kebetulan anakku yang ke dua raya (3bln 12 hari) juga kena breastmilk
jaundice
hilang jaundicenya umur 2bln 10 hari, sempet was2 sih mba karna liat baby
kok
kuning gini.. bilirubin tertinggi 17.8. karna ankku yang pertama kuning juga
tapi cuma 2mingguan
aku wara wiri ke rs ngikutin tes darah yang berkali2, usg untuk liat ginjal
& empedu raya
blum lagi cek urine. Alhamdullilah semuanya aman2 aja
dan aku juga keukeh ga mau stop ASI so far aman2 aja tuh mba sekarang selama
anaknya
masih aktif & berat badannya tetap bertambah saya rasa sih ga ada yang perlu
dikhawatirkan
terus kasih ASI aja mba rajin2 dikasih ASI pokoknya..

gitu aja sih mba pengalamanku
semoga membantu

ibunya sasa & raya

From: “Purnamawati”
To: <sehat@yahoogroups.com>
Sent: Monday, August 04, 2008 10:07 PM
Subject: Re: [sehat] Jaundice karna ASI

breastmilk jaundicce .. tidak perlu dirawat inap
lihat panduan jaundice di web ya)

Breastmilk jaundice .. ASI tidak usah dihentikan
wati

August 1, 2008 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

