ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

ASA Ayah Sukseskan Program ASI

Monday, 04 August 2008
PEMBERIAN Air Susu Ibu (ASI) kepada bayi selama ini merupakan domain atau wilayah bagi para ibu.Peran ibu dalam pelaksanaan pemberian ASI tak terbantahkan lagi karena ibulah yang berperan aktif sekaligus sebagai aktor utama dalam pemberian ASI.

Apalagi secara fisik ibu pulalah yang memiliki perangkat utama untuk menyukseskan pemberian ASI kepada bayi. Di samping faktor psikologis yang mendukung karena ibu telah mengandung selama sembilan bulan dan melahirkan. Makanya,buku Ayah, Beri Aku ASI karya dr Sunardi cukup menarik perhatian begitu pertama membaca judulnya.

Meskipun seorang ayah mempunyai andil dalam proses hadirnya seorang bayi ke dunia,secara fisik tak mungkin untuk memberikan air susu kepada bayi.Apalagi ASI yang kepanjangan dari Air Susu Ibu menjadi ibu sebagai sosok sentral. Apa benar ayah bisa memberikan ASI? Sudah tentu jawabnya adalah tidak.

Buku terbitan Aqwamedia ini bukan hendak menawarkan alternatif agar ayah menggantikan peran ibu dalam pemberian ASI. Namun, menawarkan sebuah solusi untuk memaksimalkan peran ayah untuk menyukseskan pemberian ASI kepada bayi. Walaupun ayah tak punya ASI, ayah memiliki ASA. ASA bukan kepanjangan dari Air Susu Ayah.Melainkan sebuah harapan yang disandarkan di bahu seorang ayah untuk mendukung ibu menyukseskan pemberian ASI.

Karena itu seorang ayah tetap bisa berperan aktif dan bersinergi dengan ibu untuk menyusui bayinya. Walaupun bukan tokoh sentral, ayah harus mampu mengambil peran pentingdalampemberian ASI.Ayahharus bisa memberikan keputusan yang bijaksana bila sang ibu enggan memberikan ASI dengan dalih alasan kesehatan, menjaga penampilan, atau karier.

Ayah pun harus mampu bersabar menghadapi bayi yang rewel dan mogok tidak mau menyusu dari ibunya. Buku ini memang bukan panduan atau pegangan untuk para ayah dalam membantu pemberian ASI kepada bayi.Namun, buku setebal 112 halaman ini layak dimiliki karena menyajikan perspektif berbeda tentang pentingnya peran ayah dalam menyusui. (wasis wibowo)

Sumber : SINDO

August 5, 2008 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: