ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

ASI, Asupan Nutrisi Utama Bayi

2008-08-05 16:38:00
20080805163727

Air susu ibu (ASI) adalah sumber nutrisi utama bayi. Rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) tentang pemberian ASI ekslusif 6 bulan yang diterbitakan tanggal 2 April 2001.

Terutama di lingkungan negara berkembang, keunggulan potensial dari kegiatan menyusui eksklusif terkait dengan angka kematian dan angka kesakitan akibat penyakit infeksi, khususnya infeksi saluran pencernaan (diare).

Berdasarkan catatan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), sekitar 10 bayi dan anak balita meninggal setiap jam di Indonesia.

Buku kode dalam kartun (KDK) yang disusun oleh International Baby Food Action Network (IBFAN) menyebutkan, risiko meninggal akibat diare lebih rendah 25 kali pada bayi yang disusui dibanding pada bayi yang diberi susu botol. Untuk bayi yang yang disusui selama 18 bulan, risiko kematiannya 14 kali lebih rendah.

ASI mwerupakan langkah awal yang yang baik dari tiap perkembangan seorang anak. Mengutip dari buku KDK, bayi yang disusui lebih jarang mengalami alergi, penyakit kulit dan asma.

Selain itu, melalui kegiatan menyusui dapat terjalin ikatan kasih sayang yang kuat antara bayi dan ibu yang membuat keduanya merasa aman dan bahagia.

Bagi ibu menyusui, risiko kanker payudara menurun. Jenis penyakit itulebih sering terjadi pada ibu-ibu yang tidak menyusui atau menyusui dalam waktu yang singkat.

WHO merekomendasikan, semua bayi mendapatkan kolostrum yaitu ASI hari pertama dan kedua. Dalam kolostrum, terdapat antibodi yang sangat diperlukan oleh bayi agar terhindar dari penyakit infeksi, seperti infeksi saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan.

Kolostrum dan ASI menjadi modal utama bayi, karena memberikan bayi anti bodi dan zat terbaik untuk tumbuh kembang dapat sempurna. (gesundheit.de/Buku Kode Dalam Kartun IBFAN/cr-1/rin)

Foto: corbis.com

Sumber : Republika

August 5, 2008 - Posted by | Article

1 Comment »

  1. Salam kenal ..

    Saya dokter di puskesmas di kabupaten probolinggo, puskesmas kami sedang merencanakan akan membuat klinik tumbuh kembang. Pelayanan tumbuh kembang anak pada balita di kecamatan kami, dan juga pelayanan konsultasi online melalui blog kami

    http://balitakami.wordpress.com

    Mohon masukan, kritik dan saran untuk lebih berkembangnya blog ini sebagai tempat kita mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak kita.

    Terima kasih

    draguscn.

    Comment by draguscn | September 17, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: