ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Lambung Bayi Hanya Sebesar Kelereng

25-08-2008

Lambung Bayi Hanya Sebesar Kelereng

Jangan pernah memaksakan memberikan makanan atau minuman kepada bayi baru lahir, cukup berikan ASI yang dihasilkan oleh ibu. Namun seringkali ibu berpikir, bagaimana mungkin ASI bisa mencukupi kebutuhan bayi, terutama pada masa-masa awal, dengan tingkat produksi ASI yang masih sangat sedikit.

Kolostrum atau ASI pertama yang diproduksi ibu biasanya hanya berjumlah sekitar 3-5 sendok teh. Tak perlu khawatir, karena volume sekecil itu pun sangat cukup untuk bayi, karena, di hari pertama kelahiran, lambung bayi hanya berkapasitas 5-7 mililiter, atau kurang lebih seukuran kelereng.

Di hari ketiga, lambung bayi mulai membesar dan kapasitasnya bertambah hingga 20-30 ml, atau seukuran bola bekel. Pada hari ketujuh, kapasitas lambung semakin bertambah dan mampu menampung hingga 44-60 ml, atau kira-kira seukuran bola pingpong.

Penelitian menunjukkan bahwa kapasitas lambung bayi akan terus bertambah seiring pertumbuhan tubuhnya, secara bertahap. Sebagai orangtua, Anda tidak boleh memaksa memberikan makanan padat kepada bayi baru lahir, karena ASI adalah yang terbaik untuk bayi.

(Grupsehat/dila)

Sumber : Suaramerdeka

August 25, 2008 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: