ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Ayo, Berikan ASI Eksklusif Bagi Bayi Anda!

ASI makanan terbaik bagi bayi.

Rabu, 3 Desember 2008 | 19:19 WIB

JAKARTA, RABU – Kurangnya informasi mengenai pentingnya air susu ibu (ASI) pada enam bulan pertama menyebabkan banyak ibu yang menambahkan susu formula pada bayi. Padahal, hanya dengan ASI saja, kebutuhan gizi bayi sudah terpenuhi hingga 100 persen.

“Semua yang ada dalam ASI dibutuhkan bayi dengan kandungan gizi lengkap. Bayi cukup diberi ASI saja selama enam bulan,” kata Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Persatuan Perinatologi Indonesia (Perinasia), Rulina Suradi saat menjadi pembicara pada sebuah semiloka di Hotel Le Grounder Jakarta, Rabu (3/12).

Rulina menjelaskan, ada delapan alasan kenapa bayi pada enam bulan pertama cukup diberikan asi saja. Pertama, ASI muncul secara alamiah dan memang dibutuhkan bayi. Hal ini berlaku bagi semua mahluk tanpa terkecuali. Secara bertahap, ASI juga mengatur komposisi gizi yang dibutuhkan bayi dari enam bulan pertama bahkan hingga tahun kedua.

Ketiga, ASI yang terjaga dalam tubuh ibu memiliki suhu yang tepat untuk diminum. Berbeda dengan susu formula, harus dihangatkan jika dirasa terlalu dingin. Selanjutnya, adanya enzim pencernaan yang dibutuhkan bayi, sehingga zat makanan mudah dicerna.

“Lipase, amilase dan protase merupakan enzim yang mampu mengubah ASI menjadi makanan separuh cerna, sehingga memudahkan bayi dalam penyerapan gizi bagi tubuhnya,” ujar Rulina.

Zat penangkal penyakit, lanjut Rina, terdapat dalam ASI sehingga memungkinakan bayi aman dari penyakit. Keenam, pemberian ASI mampu mengurangi risiko terkena penyakit alergi saluran penapasan dan pencernaan serta eksim.

Dua yang terakhir, ASI mampu mengoptimalkan perkembangan motorik dan intelektualitas bayi. Selain itu, kegiatan memberi ASI merupakan sarana komunikasi sehingga memunculkan rasa nyaman bagi bayi dan percaya diri bagi si ibu.

“Komunikasi muncul melalui belaian dan suara sebagai sarana kontak dini bagi bayi,” tambah Ruslina.

Maka dari itu, Ruslina menegaskan, perlu penyebaran informasi mengenai pentingnya ASI baik dari sesama ibu, penyuluh kesehatan bidan hingga rumah sakit bersalin. Paling penting, ibu-ibu harus diingatkan bahwa selama enam bulan pertama ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi, sedangkan susu fomula hanya makanan pengganti.

Sumber : Kompas

December 4, 2008 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: