ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Menyusui Bayi yang Baik

Thursday, 30 April 2009
PERLU trik tertentu untuk menyusui bayi secara tepat. Salah posisi bisa membuat bayi tak nyaman atau ASI tak keluar.

Bagaimana cara menyusui bayi yang baik? Dr Jeanne Roos Tikoalu SpA memberikan tipsnya untuk Anda. Pegang sisi bayi melintang tubuh dan rapatkan pada Anda, tahan bayi dengan tangan Anda di sisi yang sama dengan sisi payudara untuk menyusui bayi.

Bayi sebaiknya berbaring “dada ke dada, dagu ke payudara”. Mulutnya harus mengarah ke payudara dengan tinggi yang sama dengan puting susu. Dengan tangan Anda yang bebas, bantulah bayi mendekat ke payudara. Sentuhkan bibir bawah bayi ke puting, maka secara naluriah bayi akan membuka mulutnya.

Saat mulutnya terbuka lebar, bawa ke payudara. Bayi akan mengisap puting dan sebagian daerah yang agak gelap. Begitu bayi mulai mengisap, mulutnya harus terbuka lebar dan bibir bagian bawahnya melipat ke dalam.

Alternatif posisi lain, pegang bayi pada posisi yang sama dengan sisi menyusui sebelumnya. Letakkan bayi di bawah lengan Anda sehingga Anda bisa menahan kepalanya dengan tangan dan badannya dengan lengan.

Gunakan bantal untuk membantu memegang bayi agar sama tinggi dengan payudara. Jika Anda perlu memindahkan mulut bayi dari payudara, masukkan jari kelingking Anda yang bersih ke dalam celah mulutnya untuk menghentikan menyusu, maka bayi akan berhenti menyusui dan melepaskan payudara jika telah kenyang. (inggrid)

Sumber : SINDO

May 1, 2009 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: