ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Ibu yang Tidak Menyusui, Beresiko dengan Kesehatan Anak

Selasa, 14 Juli 2009 | 10:06 WIB

TEMPO Interaktif ,  Air susu ibu memang tak ada bandingannya. Selain tidak ada masa kadaluwarsa, kemasannya pun menarik. Itulah mengapa pemberian susu formula tidak disarankan untuk bayi sampai usia enam bulan. Bahkan dalam peneltian terakhir, bayi yang diberi susu menggunakan botol beresiko dengan kesehatannya.

Sumber : Tempo
ngedotKonsentrasi dari susu formula yang terlalu tinggi saat menyiapkan susu ke dalam botol, akan mengubah jenis dan waktu makan si bayi. Hal ini dapat mengakibatkan pemberian makan yang berlebihan sehingga menyebabkan kegemukan. Sebaliknya bayi yang tidak menerima cukup susu formula beresiko yang kurang gizi.

Peneliti menemukan bahwa kurangnya informasi dan dukungan pemberian makanan dengan botol mempunyai kontribusi terhadap masalah ini. Dalam tinjauan studi yang melibatkan lebih dari 13.000 ibu, ditemukan banyak rasa bersalah untuk pemberian makanan dengan botol, yang diabaikan pula oleh pelayanan kesehatan.

Beberapa ibu-ibu baru berpikir mereka gagal dalam memberikan makanan dengan menggunakan botol atau tidak dapat menyusui. Para ahli menemukan ada sebagian yang lebih tertarik dalam membantu ibu menyusui daripada menggunakan botol.

Penelitian, yang diterbitkan oleh Jurnal Anak, melibatkan 23 penelitian. Ahli yang dipimpin oleh tim dari Universitas Cambridge mencari tema umum yang muncul dari penelitian.

Dalam catatan mereka, ibu tidak menerima cukup informasi tentang pemberian asupan makanan dengan menggunakan botol. Meski kenyataannya menyusui adalah jalan terbaik untuk bayi.

July 14, 2009 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: