ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Manajemen Laktasi yang Baik

Sunday, 02 August 2009
MANAJEMENlaktasi merupakan segala daya upaya yang dilakukan untuk membantu ibu mencapai keberhasilan dalam menyusui bayinya.

Usaha ini dilakukan terhadap ibu dalam 3 tahap,yakni pada masa kehamilan (antenatal), sewaktu ibu dalam persalinan sampai keluar rumah sakit (perinatal), dan pada masa menyusui selanjutnya sampai anak berumur 2 tahun (postnatal). Bagaimana mengelola ketiga periode penting ini dengan baik? Berikut langkah-langkah yang dikemukakan Spesialis Kebidanan Dr Harini Susiana SpOG:

Periode Antenatal:

1. Meyakinkan diri sendiri akan keberhasilan menyusui dan bahwa ASI adalah amanah Ilahi. 2. Makan dengan teratur, penuh gizi dan seimbang. 3. Mengikutibimbinganpersiapan menyusui yang terdapat di setiap klinik laktasi di rumah sakit. 4. Melaksanakan pemeriksaan kehamilan secara teratur. 5. Menjaga kebersihan diri, kesehatan, dan cukup istirahat. 6. Mengikuti senam hamil.

Periode Perinatal:

1. Bersihkan puting susu sebelum anak lahir. 2. Susuilah bayi sesegera mungkin, jangan lebih dari 30 menit pertama setelah lahir (inisiasi dini). 3. Lakukan rawat gabung, yakni bayi selalu di samping ibu selama 24 jam penuh setiap hari. 4. Jangan berikan makanan atau minuman selain ASI. 5. Bila dalam 2 hari pertama ASI belum keluar, berikan bayi air putih masak dengan menggunakan sendok. 6. Jangan memberikan dot maupun kempengan karena bayi akan susah menyusui, di samping mengganggu pertumbuhan gigi. 7.

Susuilah bayi kapan saja dia membutuhkan, jangan dijadwal. Susuilah juga bila payudara ibu terasa penuh.Ingatlah bahwa makin sering menyusui, makin lancar produksi dan pengeluaran ASI. 8. Setiap kali menyusui,gunakanlah kedua payudara secara bergantian. Yakinkan bahwa payudara telah kosong atau bayi tidak lagi mau mengisap. 9. Mintalah petunjuk kepada petugas rawat gabung, bagaimana cara menyusui yang baik dan benar.

Periode Postnatal:

1. Berikan ASI saja sampai bayi berumur 6 bulan atau penyusuan eksklusif dan teruskan pemberian ASI sampai bayi berumur 2 tahun.

2. Berikan makanan pendamping ASI saat bayi mulai berumur 6 bulan.(inda susanti)
Sumber : SINDO

August 3, 2009 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: