ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Menyusui Paling Cepat Rampingkan Tubuh Ibu Usai Melahirkan

Kamis, 06/05/2010 09:32 WIB

Merry Wahyuningsih – detikHealth

img
Ilustrasi (Foto: topnews)

Jakarta, Ibu yang usai melahirkan biasanya direpotkan dengan masalah badan yang melebar dan perut buncit. Tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merampingkan perut pasca melahirkan seperti menyusui.

Seperti dilansir dari Buzzle, Kamis (6/5/2010), terdapat dua faktor yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh kembali normal. Faktor pertama adalah untuk mengurangi lapisan lemak perut dan faktor kedua membantu tubuh dalam proses penyembuhan.

Faktor pertama untuk mengurangi lapisan lemak adalah dengan menyusui. Karena seorang ibu menyusui bisa membakar 500-600 kalori per hari untuk memproduksi air susu ibu (ASI).

Sementara rata-rata wanita butuh 1.500-2.000 kalori per hari. Ini berarti tugas menyusui ASI pada bayi akan membakar seperempat hingga sepertiga dari kalori yang ibu makan.

Bayangkan besarnya kalori yang dibakar dengan menyusui jauh lebih banyak ketimbang olahraga lari atau jogging yang membakar 300-400 kalori.

Tapi ibu yang tidak dapat menyusui harus mempertimbangkan cara lain untuk dapat membakar kalori. Alternatif lain adalah dengan melakukan diet menurunkan berat badan untuk memangkas lemak perut setelah melahirkan.

Pilihan lain untuk mengurangi berat badan setelah melahirkan adalah dengan latihan olahraga ringan. Olahraga ringan seperti aerobik dapat mambantu pembakaran kalori. Konsultasikan dengan dokter olahraga apa yang sesuai dengan kondisi tubuh.

Faktor kedua adalah membantu tubuh dalam proses penyembuhan.

Lagi-lagi dengan menyusui. Ada indikasi bahwa menyusui efektif dalam melepaskan hormon yang disebut Oksitosin, yang dapat merangsang kontraksi rahim dan dapat membantu rahim kembali ke ukuran dan kondisi sebelum hamil.

Jadi, menyusui akan membantu ibu merampingkan perut pasca melahirkan dengan dua cara. Pertama dengan pembakaran kalori dan kedua dengan melepaskan hormon Oksitosin.

Latihan perut, seperti sit-up dan senam perut juga dapat membantu untuk mengencangkan otot perut dan membantu merampingkan perut pasca melahirkan. Tapi bagi ibu yang melahirkan secara Caesar, sebaiknya konsultasikan dengan dokter apakah kondisi Anda susah memungkinkan.

Cara lain adalah dengan menggunakan korset setelah melahirkan. Walaupun cukup kontroversial, ada indikasi bahwa penggunaan korset pasca melahirkan dapat membantu tubuh dalam proses penyembuhan.

Banyak pakaian seperti kompresi, dengan terapi standar setelah berbagai jenis operasi perut, korset postpartum dapat membantu dalam proses penyembuhan.

Bahkan, penggunaan korset setelah melahirkan, yang masih baru di Amerika Serikat, sudah menjadi tradisi dalam banyak kebudayaan di seluruh dunia dalam minggu-minggu dan bulan setelah melahirkan, untuk membantu perempuan untuk menyembuhkan perut hamil mereka.

(mer/ir

)

Sumber : detik

May 6, 2010 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: