ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

ASI Kaya Lemak Esensial

ASI esklusif tak hanya membangun hubungan emosional dengan anak, namun memberikan asupan lemak esensial agar pertumbuhan lebih optimal.
Selasa, 11/5/2010 | 15:05 WIB

KOMPAS.com — Referensi mana pun akan menunjukkan betapa ASI bermanfaat penuh untuk tumbuh-kembang bayi dan balita. ASI eksklusif selama minimum 6 bulan hingga 2 tahun memenuhi asupan lemak esensial atau pufa (lemak tak jenuh ikatan ganda).

Lemak baik ini penting untuk anak hingga usia 5 tahun agar pertumbuhannya lebih optimal, terutama untuk perkembangan otak yang memasuki masa optimal usia 0 hingga 3 tahun.

Dokter spesialis gizi klinik, dr Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK, mengutarakan bahwa ASI mengandung lemak esensial cukup, sekitar 10 persen dari total 30 persen asupan lemak setiap harinya.

“ASI itu sendiri sudah mengandung lemak esensial, namun ibunya juga harus mengonsumsi makanan yang memenuhi asupan pufa yang cukup,” jelas dr Fia, saat media workshop yang diselenggarakan oleh Alchemy beberapa waktu lalu.

Selanjutnya diterangkan dr Fia, selepas menyusui dengan ASI eksklusif, anak usia 2 tahun ke atas mulai dioptimalkan dengan makanan mengandung pufa.

“Anak usia 6 bulan hingga 2 tahun sebenarnya sudah dikenalkan makanan pendamping selain ASI. Selama ASI, asupan lemak esensial masih terpenuhi. Namun, lewat usia dua tahun, konsumsi asupan omega-3 dan omega-6 yang mengandung lemak esensial harus lebih optimal,” jelas dr Fia.

C1-10

Editor: din

Sumber : Kompas

May 11, 2010 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: