ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Punya Masalah ASI, Konsumsilah Daun Torbangun

Jumat, 16 Juli 2010 10:58 WIB |
Punya Masalah ASI, Konsumsilah Daun Torbangun
Coleus Amboinicus lour (ANTARA/Istimewa)

Bogor (ANTARA News) – Mengonsumsi daun torbangun (coleus amboinicus lour) dapat membantu kaum ibu yang sedang hamil atau menyusui memproduksi air susu lebih banyak dan lebih berkualitas bagi bayinya.

Itulah hasil penelitian Dosen Departemen Gizi Masyarakat dan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr Rizal Damanik, yang mendapatkan penghargaan terbaik kedua dari Kementerian Pendidikan Nasional baru-baru ini.

“Alhamdulillah, saya berterima kasih atas penghargaan ini. Ini juga membuktikan bahwa tradisi mengkonsumsi daun torbangun memang bermanfaat,” kata Dr Rizal ketika dihubungi ANTARA, Jumat.

IPB dalam malam penganugerahan bagi kalangan perguruan tinggi yang digelar Kementerian Pendidikan Nasional di Jakarta, Kamis malam, mendapat enam penghargaan tingkat nasional dari tujuh kategori, termasuk diantaranya karya Rizal Damanik.

“Ini juga menjadi indikator dari kinerja di IPB pada seluruh bagian, bukan hanya pada kalangan pendidik dan mahasiswa, tapi juga bidang pendukung lainnya seperti keuangan dan administrasi,” kata Rektor IPB Prof Dr Herry Suhardiyanto.

Dr Rizal Damanik yang sudah cukup lama meneliti manfaat daun torbangun mengatakan, tumbuhan tersebut sudah terbukti secara ilmiah bermanfaat bagi ibu-ibu hamil dan menyusui untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI.

Tahun 2003 ia sudah melakukan percobaan dengan membandingkan daun torbagun dengan moloco (yang mengandung bahan kimia dari extract plasenta sapi), dan fenugreek, yakni tanaman yang biasa dimanfaatkan orang Eropa untuk meningkatkan kualitas ASI.

Ternyata ASI dari kelompok ibu yang menggunakan daun torbangun itu yang terbaik.

“Sayangnya baru masyarakat Batak yang banyak memanfaatkan daun torbangun itu,” katanya.

Tradisi ibu-ibu dari suku Batak dalam mengkonsumsi daun ini perlu dicontoh sehingga lebih banyak masyarakat yang mendapatkan manfaatnya.

Daun torbangun merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh dimana-mana, bukan hanya di wilayah Sumatera Utama.

Daun torbangun juga ditanam di India dan Thailand. Namun tujuan penggunaannya berbeda-beda. Di India daun itu digunakan untuk bumbu kari, sedangkan di Thailand untuk obat bagi orang yang digigit ular.

(ANT/S026)

COPYRIGHT © 2010

Sumber : Antara

July 16, 2010 - Posted by | Article

3 Comments »

  1. dear Mba

    mohon info dimana saya bisa mendapatkan tumbuhan ini saya tinggal di bekasi,,please japri yaa

    Comment by Melissa | July 27, 2010 | Reply

  2. mba…thanks infonya…btw ada yg tau ga dimana kita bisa dapatin daun torbangun itu,coz saya lg butuh bgt supply ASi saya lg turun neh…thanks sebelumnya

    Comment by Tuti yulianti | August 16, 2010 | Reply

  3. saya , juga butuh info…seperti apa daun ini???? dan dimana mendapatkannya.
    Coz saya berencana ASI ekslusif…skarang usia anak saya 2 bln…tetapi ASI tidak terlalu banyak…..tlg info ke dhe2ri@gmail.com….thx

    Comment by dheri | August 17, 2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: