ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Tangkal Diabetes dengan Memberi ASI

Sabtu, 28 Agustus 2010 | 10:47 WIB

KOMPAS DIGITAL/PRIYOMBODO

TERKAIT:

KOMPAS.com — Diabetes melitus merupakan penyakit yang menjadi “pembunuh tersembunyi” karena komplikasinya bisa menimbulkan penyakit serius, seperti jantung, ginjal, dan kebutaan, serta masih banyak lagi. Bagi kaum perempuan, salah satu cara mencegah diabetes adalah dengan menyusui bayi.

Memberikan air susu ibu (ASI) bukan hanya menjamin bayi mendapatkan nutrisi yang lengkap dan menunjang kecerdasannya, melainkan juga bermanfaat bagi si ibu. Berbagai riset telah membuktikan manfaat pemberian ASI tersebut.

Dalam riset terbaru yang meneliti 2.200 perempuan usia 40-78 diketahui 27 persen responden yang tidak memberikan ASI menderita diabetes tipe 2 dibandingkan dengan para ibu yang menyusui bayinya.

Diabetes tipe 2 terjadi ketika sel tubuh secara perlahan kehilangan sensitivitasnya pada insulin. Penyakit ini juga salah satunya disebabkan oleh faktor obesitas.

“Pengaturan pola makan dan olahraga adalah cara efektif untuk mencegah diabetes. Namun, belum banyak orang yang tahu bahwa memberikan ASI bisa mengurangi risiko seorang wanita terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari,” kata dr Eleanor Bimla Schwarz dari University of Pittsburgh.

Sumber : Kompas

August 28, 2010 - Posted by | Article

19 Comments »

  1. wah sangat bermanfaat ya artikelnya …apalagi sekarang penyakit diabetes skrg berbahaya apalagi utk anak anak

    Comment by sarah | May 27, 2011 | Reply

  2. selain memacu penyakit akibat obesitas anak anak dpt juga merasa minder juga

    Comment by susan | May 27, 2011 | Reply

  3. diabetes disebabkan terlalu banyak mengkonsumsi manis ya setelah menyusui saya akan menjaga agar tdk terlalu banyak mengkonsumsi gula negitu jg thd anak saya

    Comment by irene | May 27, 2011 | Reply

  4. Syukurlah aku menjadi salah satu yg memberikan asi pada anakku, bagus deh klo bagus buat anak dan buat ibu jg,asi emang is the best

    Comment by vgmerry | May 27, 2011 | Reply

  5. Saya jg beri anakku asi sampai dia 2 tahun. Baru tau jg nih ternyata nyusuin bisa mencegah diabetes, selama ini taunya cuma pemberian asi bisa mencegah obesitas pada anak, shg anak tidak kena diabetes.

    Comment by rennie | May 27, 2011 | Reply

  6. Wow….”pembunuh tersembunyi” serem amat….benar2 harus atur pola makan dan olahraga ni biar sehat. Uda ga boleh sering makan yg manis2 lg, hiks…demi kesehatan..

    Comment by yuanita | May 27, 2011 | Reply

  7. Wah,nambah lagi pengetahuan ttg efek baik nya ASI..obesitas n diabetes memang penyakit yg berbahaya,karna bisa menyebabkan komplikasi hingga ke jantung..makanya harus bisa membatasi asupan gula nih..

    Comment by Nuri | May 27, 2011 | Reply

  8. Kalau sudah kena obesitas,kemungkinan kena diabetes makin besar ya..selain itu,anak juga bisa minder karna badannya lebih besar daripada teman2nya..makanya lebih baik anak dibiasakan makan di rumah drpd jajan diluar..

    Comment by yuning | May 27, 2011 | Reply

  9. huhuhu..kalau baca kata diabetes aku ngeri nih
    karena di keluarga ku ada turunannya.
    Jadinya demi supaya anakku gak obesitas, maka aku selalu “ngumpetin” semua makanan manis ^^

    Comment by Liliani | May 27, 2011 | Reply

  10. iya yah…diabetes itu penyebab salah satunya obesitas yah…
    hmm…obesitas juga suka membuat anak jadi pemalu dan minder bukan yah?
    seperti anak sepupuku yang susah skali diajak kmana2, akibat malu dgn btk tubuhnya yang besar dan akibat memang malas bergerak

    Comment by ghia | May 27, 2011 | Reply

  11. setuju deh ma mba yuning…
    paling bener memang makan buatan rumah deh. jadi bisa diminimalisir gula nya.
    Walau anak kit amaish butuh gula untuk pertumbuhan..tp gak bisa terlalu banyak yah.
    nanti terkena obesitas d

    Comment by Remedial | May 27, 2011 | Reply

  12. terima kasih artikelnya yah..bagus banget loh.

    obesitas memang harus ditakuti skrg, akibat jaman semakin canggih, semua serba instan, makanan instan cepat saji pun banyak.
    Padahal ada yang jahat ngumpet dibaliknya. yaitu obesitas.
    duh, kalo anak2 yg kna, kasihan bgt d liatnya.
    disaat mestinya banyak bergerak dan main bersama teman, anak yg obesitas cuma bisa menggelesor keberatan badan..hiii

    Comment by Ajeng | May 27, 2011 | Reply

  13. diabetes itu penyakit turunan,dan biasanya turunan silang..kalau ayahnya yg diabetes,biasanya menurun ke anak perempuan..kalau ibunya yg diabetes,menurun ke anak laki2..
    diabetes bisa disebabkan terlalu banyak intake gula maupun obesitas.. sebaiknya konsumsi makanan berserat dan banyak minum air putih..

    Comment by maylinda | May 27, 2011 | Reply

  14. iya bener bu… sering2 diingetin aja kalo jajan diluar efek negatifnya banyak. jd mending kita buatin sendiri camilannya dia drpd penyakitan, apalagi terlalu gemuk, bisa bikin dia diolok2 temen2nya juga deh..

    Comment by Rara Angie | May 27, 2011 | Reply

  15. menyusui ternyata bs mencegah diabetes buat ibunya jg ya? baru tau! hehee.. oke info bagus akan saya sebarkan ke orang2 tersayang!

    Comment by Galuh | May 27, 2011 | Reply

  16. wahh nambah informasi nih, aku baru tau kalau wanita menyusui itu bisa mengurangi resiko diabetes..obesitas memang mengerikan sekali ya bun..buat ibu hamil juga hrs waspada karena bisa berdampak juga ke cabangbayi kita

    Comment by riany anche | May 27, 2011 | Reply

  17. awalnya dari obesitas lalu berlanjut menjadi diabetes dan bisa bercabang lagi menjadi penyakit yang lain..makanya ayo mulai dari sekarang kita rajin berolah raga dan mengatur pola makan yang sehat dan bergizi..

    Comment by sitti nabilla | May 27, 2011 | Reply

  18. aku baru tau kalau wanita yang menyusui itu bisa mengurangi resiko terkena diabetes dari pada wanita yang tidak menyusui..takut juga yah bun kalau sampe kita terkena diabetes apa lagi kalau sampai anak kita yg kena, aduh ga kebayang deh gimana jadinya? ayo mulai dari sekarang atur pola makan dan mulailah berolah raga karena itu bisa mengurangi resiko2 terkena obesitas dan diabetes..

    Comment by riany anche | May 27, 2011 | Reply

  19. aduh ngeri banget klo sampe anak kita yang kena diabetes gara-gara kegemukan, harus diperhatikan banget nih soal makanan yang setiap hari di konsumsi, makin harus di awasi nih klo anak jajan di luar rumah

    Comment by Tance | May 28, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: