ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

SULSEL PROVINSI PERTAMA YANG TERAPKAN PERDA ASI

Makassar, 7/11/2010 (Kominfo-Newsroom) Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memberlakukan Peraturan Daerah tentang Air Susu Ibu (ASI) Nomor 6 tahun 2010, hal ini ditempuh Pemrov Sulsel akibat makin gencarnya iklan susu formula, sekaligus menjadikan Sulsel sebagai provinsi pertama di Indonesia yang menerapkan Perda ASI.

“Perda ini dibuat karena saat ini iklan susu formula semakin gencar, pelaksanaan pemberian ASI yang belum baik dan tingkat kecukupan gizi yang masih kurang, “ kata Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan Rachmat Latief saat menerima kunjungan pers tour Kementrian Kesehatan, di Makassar, Minggu (7/11).
Dikatakan, perda ini baru diterapkan sebulan yang lalu dengan proses penerbitan Perda yang membutuhkan waktu sedikitnya dua tahun. Perda ini pun mendahului Rancangan Peraturan Pemerintah tentang ASI yang saat ini masih digodok Kementrian Kesehatan.
Saat ini akibat gencarnya iklan susu formula, banyak ibu yang enggan memberikan ASI eksklusif untuk bayinya dan beralih pada susu formula, padahal nilai kandungan gizi dalam ASI sangat baik untuk bayi, meski susu formula juga baik namun waktu pemberiannya yang selama ini tidak tepat.
“Seharusnya ibu memberikan ASI ekskulsif pada bayinya minimal selama 6 bulan pertama,” katanya.
Perda ini antara lain mengatur tentang iklan susu formula, produsen yang melanggar akan diberikan sanksi sampai pada pencabutan izin edarnya. Petugas di sarana pelayanan kesehatan juga dilarang untuk memasarkan susu formula kepada ibu melahirkan.  “Untuk ibu yang tidak menyusui bayinya karena alasan kesehatan tidak akan diberikan sanksi,” paparnya.
Dikatakan saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan layanan kesehatan. “Diharapkan perda ini dapat meningkatkan kesadaran ibu untuk mau memberikan ASI eksklusif pada bayinya,” katanya. (T. Jul/toeb)

Sumber : Kominfo

November 7, 2010 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: