ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Indonesia Jadi Pasar Utama Susu Formula

Rabu, 10 November 2010 | 07:48 WIB
TERKAIT:

JAKARTA, KOMPAS.com – Masih tingginya angka kelahiran bayi di Tanah Air  membuat Indonesia menjadi salah satu pasar utama dalam pemasaran produk susu formula. Menurut laporan, angka penjualan susu formula di dunia meningkat sebesar 37 persen pada 2008 – 2013.

Hal itu diungkapkan oleh David Clark, nutrition specialist dari Badan PBB untuk Anak-anak dan Pendidikan (UNICEF) dalam acara pembukaan ONE ASIA Breastfeeding Partner Forum 7 di Jakarta, Selasa (9/11/2010).

“Asia Pasifik merupakan pasar utama industri susu formula, khususnya Indonesia dan China,” katanya.

Angka kematian bayi di Indonesia sendiri menurut data Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI)  tahun 2003, mencapai 35 per 1.000 kelahiran hidup.  Angka itu menurun menjadi 34 pada 2007, dan ditargetkan dapat menurun lagi hingga 23 pada 2015.

Clark menambahkan, selain jumlah penduduk yang sangat besar, tidak adanya regulasi pemerintah yang mengatur pemasaran susu formula membuat pihak produsen dengan bebasnya mempromosikan produknya di Indonesia.

“Susu formula merupakan produk yang sangat menguntungkan perusahaan. Karena itu, jutaan dollar sudah dihabiskan untuk mempromosikan produknya dengan target para ibu. Mereka ingin para ibu membeli lebih banyak produk mereka, ” paparnya.

Sedemikian gencarnya promosi susu formula, sehingga jumlah bayi yang disusui menurun. Data menyusui dari Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia tahun 2007 menyebutkan, konsumsi sufor meningkat dari 15 persen tahun 2003 menjadi 30 persen tahun 2007.

Sementara itu, jumlah bayi yang disusui secara esklusif turun dari 40 persen tahu 2003 menjadi 30 persen tahun 2007. One Asia Breastfeeding Partner Forum 7 yang diadakan atas kerjasama AIMI, Kemenkes dan IBFAN Asia di Jakarta menyerukan kepada semua bangsa di dunia untuk memprioritaskan kesehatan bayi mereka dan menghentikan bentuk-bentuk promosi sufor dan makanan pengganti ASI.

Sumber : Kompas

November 10, 2010 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: