ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Peran Suami Saat Proses Menyusui

Eya Ekasari – wolipop

Jakarta – Lancarnya proses menyusui tidak luput dari peran suami. Kehadiran suami saat mengahdiri kelas menyusui memberikan makna tersendiri untuk sang ibu dan bayi.

Sebagian besar rumah sakit menawarkan kelas menyusui untuk pasangan suami istri yang baru saja memiliki buah hati. Walau sedikit canggung, kehadiran pasangan pada kelas seperti ini bukanlah tanpa alasan, ini semua berguna untuk proses pembelajaran hal-hal dasar dan kelancaran pemberian ASI.

Seperti yang dikutip dari about.com, Jennifer White, penulis buku ibu dan anak, mengungkapkan bahwa kehadiran pasangan justru memberikan dukungan serta perhatian pada istri dan sang bayi. Selain itu, ia bisa belajar cara praktis untuk membantu ibu selama menyusui dan belajar merasakan keterikatan emosional antara sang ibu dan bayi.

Dengan mengikuti kelas menyusui bersama-sama, Anda dan pasangan sudah mengambil salah satu langkah pertama dalam urusan pengasuhan anak. Hal ini juga dapat memberikan pengaruh positif terhadap hubungan Anda dan pasangan. Saat berdiskusi dan berbagi pengalaman, hubungan Anda dan si dia menjadi lebih kuat dan stabil.

(eya/eya)

Sumber : Wolipop

November 10, 2010 - Posted by | Article

29 Comments »

  1. iya peran dan dukungan suami sangatlah penting bagi ibu yang menyusui ke depannya juga harus bisa memberikan makanan dan asupan gizi yang baik juga bagi anak anak jika sudah tidak asi lagi

    Comment by susan | May 23, 2011 | Reply

  2. setuju bgt sama artikel ini.. dukungan suami sangat penting bgt dalam kelancaran ibu menyusui.. krn emosi juga menentukan jumlah asi yg d hasilkan oleh ibu

    Comment by anjani prasetyo | May 23, 2011 | Reply

  3. saya jadi inget waktu saya nyusuin anak saya suami saya dukung bgt….dan itu juga yg buat saya semangat memberikan asi buat anak saya..dan untungnya asi saya juga berlimpah jd bs kasih asi sampe anak umur 2 thn

    Comment by alice alicia | May 23, 2011 | Reply

  4. saat sedang menyusui dulu suami saya kebetulan tugas d luar kota… saat itu saya sgt depresi apa lagi saat kehamilan anak pertama tdk d dampingi suami.. itu sgt mempengaruhi jumlah asi saya.. makanya saya setuju bgt sama artikel ini

    Comment by ochajefri | May 23, 2011 | Reply

  5. Dulu saya juga ikut laktasi, tapi sayang suami tidak bisa menemani karena bekerja…
    dan betul sekali, keadaan ibu dan lingkungan saat menyusui sangat mempengaruhi banyaknya asi

    Comment by Maria Suryani | May 23, 2011 | Reply

  6. asi sgtlah penting bagi bayi …dukungan suami sgt diperlukan ya…kadang capek disitulah suami diharapkan membantu …apalgi nanti juga membantu anak menjadi sehat dan cerdas

    Comment by sarah | May 23, 2011 | Reply

  7. iya nih.. bener banget..
    suami pasti juga berperan penting pada saat proses menyusui…🙂
    dukung ASI sampai 2 tahun deh…😀

    Comment by lizy | May 23, 2011 | Reply

  8. Seperti yang dikutip dari about.com, Jennifer White, penulis buku ibu dan anak, mengungkapkan bahwa kehadiran pasangan justru memberikan dukungan serta perhatian pada istri dan sang bayi. >> setuju banget nih…
    bukan cuman si ibu aja koq yang berperan.. tapi si ayah juga berperan penting..😀

    Comment by graycy | May 23, 2011 | Reply

  9. Peran suami emang penting banget, dl sebelum kluar RS abis melahirkan, suami sempat diajarin teknik memijat istri agar produksi asinya lancar. Dan emang terbukti pada saya, saat saya panik asi semakin sedikit, suami mempraktekkan teknik memijit, eh beneran asiku banyak…bahkan anak saya asi sampe 2 tahun.

    Comment by yuanita sheridan | May 23, 2011 | Reply

  10. Aku ingin sekali memberi asi ekslusif bunda, tapi (tidak tahu masalahnya apa) asi yang kuberikan tidak pernah cukup, sehingga anakku bisa menempel berjam-jam yang mengakibatkan aku tidak bisa melakukan kegiatan apapun.
    Dan akhirnya setelah berusaha selama 3 bulan anakku sama sekali tidak mau minum asi lagi..kenapa yah (*menyesal sekali huhuhu)

    Comment by caroline | May 23, 2011 | Reply

  11. Setelah saya melahirkan, sempat sangat bete karna mertua tidak mendukung saya memberikan asi pada anak saya, tapi saya bersikukuh memberikan asix pada anak saya, dengan dukungan suami syukurlah anak kami sehat dan jarang sakit.

    Comment by rennie stephen | May 23, 2011 | Reply

  12. Saya salah satu orang yg merasakan sangat pentingnya peran suami dalam pemberian asi pada anak. Suami saya hampir setiap malam memberikan saya pijitan yg diajarkan suster saat di RS, ini mungkin mebuat saya rilex jd asi jd lancar. Dan suami ga mau stock sufor di rumah karna takut ntar kepikiran ah klo ga cukup asinya kan bisa pake sufor….

    Comment by merry | May 23, 2011 | Reply

  13. betul tuh bunda, dulu demi memberikan asi aku sampai kursus laktasi ditemani oleh mertuaku. Beliau sering sekali memasakkan daun katuk dan memberi makanan yang bernutrisi demi kelancaran asiku

    Comment by Linda | May 23, 2011 | Reply

  14. Suamiku sangat mendukung saat aku menyusui anakku dulu. bahkan dia dengan rela menggantikan popok anakku demi aku bisa beristirahat, sehingga aku berhasil memberikan asi eksklusif selama 6 bulan untuk anakku ^^

    Comment by Dhea | May 23, 2011 | Reply

  15. membaca artikel ibu, aku jadi ingat bagaimana suamiku (dengan malu2) ikut mengantar ke tempat laktasi, disana dia ikut memperhatikan penjelasa suster yang bertugas, dan hasilnya aku menyusui anakku hingga umur 1 tahun ^^

    Comment by Jessica | May 23, 2011 | Reply

  16. Alhamdulillah suami saya sangat mendukung saat masih menyusui.. dia rela menemani bangun tengah malam demi terpenuhinya gizi sang buah hati..🙂
    sayangnya saya cuma menyusui selama 2bln saja,karna ada infeksi di payudara..
    makanya kadang iri deh liat moms yg lain yg bisa menyusui sampai 2th..
    semangat ya moms dalam memberi ASI agar buah hati nya menjadi lebih sehat..

    Comment by Ani | May 24, 2011 | Reply

  17. Aku mau sharing nih..tante aku waktu melahirkan mengalami sindrom baby blues..jadi dia bawaannya sedih n bete terus..sampai2 dia nggak mau menyusui anaknya..
    Untung suaminya nggak menyerah begitu aja,dia mencari donor asi..tapi berhubung masih belum banyak donor,masih dibantu dengan sufor juga..
    nggak kebayang deh kalau suaminya menyerah saat itu..anaknya pasti nggak ngerasain ASI sama sekali..
    Makanya para suami harus selalu mendukung istri nya yang mau memberi ASI ya..

    Comment by Lilis | May 24, 2011 | Reply

  18. aku menyusui sampe anakku umur 2thn, dan suamiku sangat mendukung, kadang kalau ditengah malam sikecil nangis dan aku sdh cape,dia mau bangun untuk menggendong dan menidurinya lagi..

    Comment by lia mauren | May 24, 2011 | Reply

  19. senangnya punya suami yang mendukung program ASI, terkadang diapun membantu memompa menggunakan breast pump, karena si kecil lebih suka menyusu menggunakan dot dari pada langsung dan kadang suka nangis kalo menyusu langsung tapi untung suamiku sabar dan bersedia membantu aku untuk memberi susu si kecil mneggunakan dotnya..

    Comment by renny dorothi | May 24, 2011 | Reply

  20. peran suami memang sangat penting..selain memberi semangat, juga harus bisa menenangkan saat istri mulai gelisah di saat pertama menyusui..yang biasanya air susu belum banyak tapi bayi sudah tidak sabaran..

    Comment by Ida | May 24, 2011 | Reply

  21. suamiku sangat mendukung program ASI, dia yang selalu mengingatkan aku utk memeras ASI dan menyimpannya di lemari pendingin..
    jadi kalau bundanya bekerja, si kecil nggak akan kekurangan ASI

    Comment by rahayu | May 24, 2011 | Reply

  22. wah kalo suamiku jg dukung banget… malah aku ga dibolehin kalo pergi lama2, karena anak harus nyusu…

    Comment by Rara | May 24, 2011 | Reply

  23. Aku jg mau nyusuin sampe usia 2th ah… Suamiku bilang biar feel antara aku dan anak jadi lebih lengket… Makanya dia paling stress kalo anakku udah ngamuk2 pengen nyusu…

    Comment by Sandra | May 24, 2011 | Reply

  24. senangnya yg bisa kasih ASi langsung ke babynya… aku bermasalah, jadinya harus pumping terus, hiks… padahal pengen banget bisa nyusuin langsung.. tp gpplah yg penting anakku anak ASI…

    Comment by Winnie | May 24, 2011 | Reply

  25. Gpp bunda winnie… Aku jg pumping sampe anakku 2th 3 bulan… Suami sih yg pasti dukung banget, malah dia yg suka gelisah kalo anaknya males nyusu… Feel bisa nyetrum juga kok lewat ASInya sendiri. jadi jangan menyerah!!

    Comment by Lila | May 24, 2011 | Reply

  26. Baru tau kalau soal menyusui suami juga perlu ditrain juga, Betul juga sih perlu dukungan suami untuk terus memberi ASI.

    Comment by renny dorothi | May 24, 2011 | Reply

  27. Kalau saya sih sering browsing untuk cari tau seputar ASI. Enak ya sekarang mau tau apa aja bisa tinggal klik.

    Comment by lia mauren | May 24, 2011 | Reply

  28. Benar gak sih kalau diberi susu formula anak jadi hiper aktif.

    Comment by renny dorothi | May 24, 2011 | Reply

  29. Coba deh kita cari informasinya, saya juga baru tau ini. jadi tertarik browisng beda susu formula dan ASI .

    Comment by lia mauren | May 24, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: