ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

ASI Tangkal Pnemonia dan Meningitis Pada Anak

Tribunnews.com – Rabu, 4 Mei 2011 07:12 WIB
TRIBUNNEWS.COM – Pemberian ASI eksklusif ternyata bisa mengurangi risiko banyaknya jumlah bakteri pneumokokus penyebab penyakit pneumonia dan meningitis pada anak. Demikian disampaikan Dr Hindra Irawan Satari SpA(K), MTroPaed.

Menurut anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tersebut ASI sangat berpengaruh karena bakteri ini juga hidup pada tenggorokan anak sehat sekitar 20-50 persen. Sehingga pemberian ASi menjadi salah satu penentu risiko banyaknya kuman yang bisa bersarang.

“Ada setidaknya lima faktor risiko banyaknya jumlah kuman pneumokokus dalam tubuh anak, seperti bayi yang tidak mendapatkan ASI, adanya infeksi virus pada saluran napas, anak tersebut merupakan perokok pasif, sering dititipkan di tempat penitipan bayi, maupun musim dingin apabila anak tersebut tinggal di negara yang memiliki 4 musim” jelasnya.

Inilah yang membuat dokter yang juga aktif sebagai Satgas Imunisasi IDAI ini menyarankan ASI eksklusif enam bulanlah yang seharusnya menjadi pilihan utama pencegahannya. Sebab menurutnya hanya dengan ASI eksklusif pertahanan tubuh anak menjadi tebal.

“Anak yang memiliki sistem pertahanan tubuh yang lemah lebih mudah terserang. Sementara bila ASI dan gizinya cukup tentu paru dan organ lainnya bisa terlindung dari kuman” jelasnya.

Pneumonia, dan Meningitis adalah peradangan paru-paru dan selaput otak yang sama-sama disebabkan oleh bakteri pneumokokus. Keduanya adalah penyakit yang mengancam jiwa sehingga diklasifikasikan sebagai darurat medis.

Sumber : Tribunnews

May 4, 2011 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: