ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Susu Formula berdampak buruk pada bayi

Sunday, 08 May 2011 22:11

WASPADA ONLINE

BANDA ACEH – Pemberian susu formula bagi bayi yang baru lahir berdampak tidak baik terhadap perkembangan otaknya. Sebab, dalam susu formula masih mengandung bakteri yang dapat mengganggu pencernaan dan pertumbuhan otak bayi. Karena itu, ibu-ibu disarankan untuk memberikan Air Susu Ibu (ASI) sejak bayi lahir hingga usia enam bulan.

“Memberi ASI sejak lahir hingga usia 6 bulan, bisa meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak. ASI juga lebih terjamin kesehatannya dibanding susu formula,” kata Ketua Sentral Laktasi Indonesia, Utami Roesli, tadi malam.

Menurut Utami, para ibu di Indonesia tidak mau memberikan ASI pada bayinya yang baru lahir. Mereka lebih memilih memberikan susu formula, yang belum dijamin sterilisasinya. “Ada manfaat besar memberikan ASI bagi bayi yang baru lahir, salah satunya si ibu terhindar dari serangan kanker payudara,” ungkapnya.

Sementara ketua panitia, TM Thaib, menyebutkan pelatihan itu dilaksanakan dua hari, yakni 7-8 Mei 2011 dengan dihadiri 39 dokter anak seluruh Aceh. Menurut mantan Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Aceh itu, dari pelatihan tersebut, diharapkan para dokter anak itu dapat mengembangkannya sekembali ke tempatnya.

“Hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) yang dilakukan di Jakarta, hanya 15,4 persen ibu di Indonesia yang memberikan ASI eksklusif bagi bayinya yang baru lahir. Selebihnya memberikan susu formula. Alasan mencuat selama ini, bahwa para ibu yang baru melahirkan itu mengaku belum punya susu ekslusif. Sehingga menggantikan dengan susu formula,” ungkapnya.

Sulaiman menambahkan, kondisi itu juga terjadi di Aceh. Menurutnya, dari 100.000 kelahiran bayi per tahun di Aceh, hanya 13,2 persen ibu yang memberikan ASI. “Artinya, 80 persen lebih ibu langsung memberi susu formula. Padahal, bayi yang baru lahir sebaiknya dihindari dulu dari pemberian susu formula,” ujarnya.

Editor: SUWANDI
(dat04/serambi)

Sumber : Waspada

May 8, 2011 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: