ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Menyusui Pangkas Risiko Anak Menjadi Nakal

Selasa, 10 Mei 2011 | 11:42 WIB
Besar Kecil Normal

REUTERS/Christinne Muschi

TEMPO Interaktif, Menyusui terbukti melekatkan hubungan ibu dan anak. Anak yang mendapat air susu ibu juga lebih sehat dan punya daya tahan tubuh yang kuat. Sebuah penelitian terbaru semakin mengukuhkan manfaat menyusui dan air susu ibu bagi anak.

Menurut penelitian yang dilakukan Universitas Oxford empat bulan anak mendapatkan ASI eksklusif dengan disusui oleh ibunya lebih kecil risiko menjadi anak nakal atau berperilaku buruk. Studi ini menemukan anak yang diberi susu formula, lebih cemas, suka bohong, mencuri dan hiperaktif.
Penelitian yang melibatkan 9.500 ibu dan bayi ini dipimpin oleh Dr Maria Quigley dari Universitas Oxford. Menurut Quigley, selain menurunkan risiko anak menjadi nakal dan berperilaku buruk, menyusui membuat hubungan ibu dan anak semakin dekat. Hubungan ini terjalin berkat kontak mata sejak usia dini.
“Namun kami belum menemukan jawaban yang pasti, apakah perilaku buruk ini terjadi karena susu formula atau kurang dekatnya anak dengan ibu,” kata Quigley seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa 10 Mei 2011. Yang jelas, kata Quigley, anak yang disusui perilakunya lebih baik dibandingkan anak yang mengkonsumsi susu formula.
Ibu menyusui di Inggris jumlahnya paling rendah di antara negara-negara Eropa. Satu dari tiga ibu baru bahkan tidak pernah mencoba untuk melakukannya. Para dokter menyarankan kepada para ibu muda untuk menyusui paling tidak dalam enam bulan pertama. Menyusui juga penting karena mencegah asma, sakit perut dan berbagai alergi.
DAILY MAIL | PGR
Sumber : Tempo

May 10, 2011 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: