ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

ASI Pengaruhi Perilaku Anak

Jum’at, 13 Mei 2011 | 11:54 WIB
Besar Kecil Normal

TEMPO/Tony Hartawan

TEMPO Interaktif, Jakarta – Air susu ibu memberikan banyak kebaikan bagi bayi yang meminumnya. Tidak hanya mengandung faktor imun yang menyehatkan, ASI rupanya juga mempengaruhi perilaku anak pada usia lima tahunan.

Hasil penelitian ini dipublikasikan pada Archives of Disease in Childhood dua hari lalu. Hasilnya menunjukkan bahwa anak yang mendapat ASI memiliki lebih sedikit masalah perilaku dibanding mereka yang minum susu formula

Para peneliti di Inggris pada 2000-2001 menganalisa lebih dari 10 ribu pasangan ibu-anak. Sekitar sembilan ribu di antaranya menyusui jangka panjang, termasuk 500 bayi yang lahir prematur.

Terdapat bayi yang menyusu jangka panjang, 29 persen bayi yang menyusu eksklusif selama empat bulan dan 21 persen anak-anak yang menyusu kurang dalam jangka panjang. Para orang tua ini harus mengisi kuesioner untuk mengidentifikasi berbagai jenis perilaku, termasuk mencuri, berbohong, kecemasan, dan hiperaktif.

“Hasil temuan kami menunjukkan lebih lama menyusui, baik yang terus-menerus atau eksklusif, memiliki lebih sedikit masalah perilaku dalam jangka panjang,” ujar Maria Quigley dari Unit Perinatal Epidemiologi Nasional di Universitas Oxford.

Quigley menunjukkan enam persen bayi yang menyusu ASI dan 16 persen menyusu formula memiliki skor perbedaan pada kuesioner dan indikasi masalah perilaku yang potensial. Menurut peneliti, kandungan ASI bisa menjadi alasan.

“ASI mengandung sejumlah besar asam lemak tertentu, faktor pertumbuhan, hormon penting dalam pengembangan, serta fungsi otak dan sistem saraf pusat,” ujar Quegley.

Interaksi ibu dan anak yang menyusu ASI juga terbangun sehingga turut mempengaruhi perilaku anak-anak tersebut.

CONSUMERHEALTH DAY/DIAN YULIASTUTI

Sumber : Tempo

May 13, 2011 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: