ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Tas Penyimpan ASI Solusi Ibu Bekerja

Senin, 23 Mei 2011 – 16:40 wib
(Foto: Taufik/okezone)
(Foto: Taufik/okezone)

SELAMA ini, banyak wanita yang baru melahirkan terpaksa cuti bekerja dalam waktu panjang agar dapat memberikan ASI eksklusif pada bayinya. Namun, kini mereka tak perlu khawatir, karena seorang warga di Demak, Jawa Tengah, telah menciptakan tas untuk penyimpan ASI selama bekerja.

Tas-tas kecil aneka warna ini bukanlah tas kebanyakan, namun tas ini sengaja dirancang secara khusus oleh Khotib, warga Desa Wringin Jajar Kecamatan Mranggen agar dapat menyimpan Air Susu Ibu (ASI) dalam waktu lama. Cara kerja tas penyimpan ASI ini mirip dengan sistem penyimpanan ASI yang lazim dilakukan para ibu, yakni dimasukkan dalam lemari pendingin atau kulkas.

Agar dapat menahan dingin dalam waktu lama, bagian terdalam tas menggunakan bahan aluminium foil, sedangkan sumber pendingin berasal dari ice gel yang sebelumnya telah dibekukan dalam kulkas. Botol-botol untuk menyimpan ASI dipilih dari bahan kaca, karena mempunyai daya penyimpan yang lebih baik daripada bahan plastik.

Selain itu, enam botol penyimpan ASI, masing-masing juga hanya berukuran 60 mililiter, agar proses pendinginan oleh ice gel dapat berjalan sempurna. Menurut Khotib, tas-tas buatannya ini mampu menyimpan ASI dan mempertahankan kualitasnya dengan baik hingga sekira 12 jam.

Pembuatan tas penyimpan ASI dimulai dari pemotongan bahan lapisan terluar kain cordura, spon, dakron, dan alumunium foil sesuai pola yang telah ditentukan. Baru kemudian, semua bahan dijahit hingga membentuk tas yang diinginkan.

Khotib juga menyampaikan, tas penyimpan ASI ini masih terbatas pemasarannya. Kendati demikian, sejumlah karyawan dan buruh pabrik di sekitar rumahnya telah memesan tas tersebut sebagai persiapan menjelang persalinan.

Seperti yang disampaikan Ninik Suryani, warga Desa Brumbung Kecamatan Mranggen. Ia membeli tas penyimpan ASI agar tetap bisa bekerja dan memberikan ASI eksklusif bagi bayinya yang masih berusia dua minggu.

Untuk memiliki tas penyimpan ASI, Anda tidak perlu merogih kocek terlalu dalam, karena satu paket tas beserta 6 botol dan ice gel hanya dibanderol dengan harga Rp65 ribu rupiah.

(Taufik Budi/SUN TV/ftr)

Sumber : Okezone

May 23, 2011 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: